geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Senin, 12 Desember 2011

Geospasial Untuk Negeri (GUN)

Tampilan maps.ina-sdi.or.id
Ya beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 17 Oktober bertepatan dengan ulang tahun Bakosurtanal. Dilakukan soft launching "Geospasial Untuk Negeri (GUN)" bertempat di Hotel Grand Sahid Jakarta.
Acara GUN itu sendiri meliputi 3 rangkaian utama yaitu:
  1. Peluncuran Geoportal Nasional (Indonesian GeoSpasial Portal: Ina GeoPortal);
  2. Peta Ekoregion;
  3. Atlas Tactile.


Dimana Aplikasi Ina-SDI geoportal itu sendiri merupaka sebuah aplikasi kolaborasi pemetaan yang digagas oleh Bakosurtanal sejak lama, diawali dengan program IDSN (Infrastruktur Data Spasial Nasional). 
Aplikasi Indonesia geoportal yang beralamat di maps.ina-sdi.or.id merupakan harapan agar industri pemetaan nasional memilik referensi geografi tunggal (single geo reference) sehingga dari pihak mana pun dapat membuat peta dengan ketelitian dan kesamaan output. Tidak ada lagi batas wilayah yang berbeda, sumberdaya alam yang tidak ter-spasial-kan, ataupun wilayah negara yg "hilang" dari Indonesia.
Dengan aplikasi Indonesia geoportal maps.ina-sdi.or.id, semua organisasi dan juga individu dapat membuat peta dengan peta dasar yg akurat dari Bakosurtanal yang akan selalu diupdate setiap saatnya. Dan dengan teknologi wms (web map service) & wfs (web feature service) kita dapat melakukan overlay peta-peta yang telah mengadopsi standar ISO 19128 dari standar OGC (Open Geospatial Consoritum).
Mudahnya kita dapat menarik service dari kementrian PU, Kehutanan, Perhubungan, dan lain sebagainya kemudian di overlay kan dengan peta dasar dari bakosurtanal. Kemudian kita juga bisa menambahkan data-data statistik dari BPS, BMKG, Departemen Agama, BKKBN dan lain2 sehingga peta kita tampil lebih intuitif dan informatif. Selain daripada kemampuan tersebut maps.ina-sdi.or.id juga kedepannya akan diberikan kemampuan analisis spasial, sehingga peta tematik yang dihasilkan dapat lebih terasa manfaatnya secara langsung bagi masyarakat secara luas.
Harapannya dengan diperkenalkannya maps.ina-sdi.or.id sebagai jendela geoportal nasional, kita bangsa Indonesia makin bisa memperkokoh kedaulatan kita sehingga pengawasan dan pemanfaatan wilayah yang sangat besar ini dapat maksimal demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.
Kedepannya saya akan coba berikan bagaimana menggunakan maps.ina-sdi.or.id secara lebih teknis. Jangan lupa buat akun dan daftarkan diri anda dalam maps.ina-sdi.or.id.

0 comments:

Poskan Komentar