geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Senin, 26 Desember 2011

World Ocean Day 8 Juni 2011

Hari Kelautan Sedunia (World Oceans Day) telah ditetapkan sejak tahun 1992 pada Konferensi PBB tentang lingkungan (Earth Summit) di Rio De Janeiro, Brazil. The Ocean Project bekerja sama dengan World Ocean Network untuk membangun kesadaran pada seluruh masyarakat akan pentingnya peranan laut dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Peringatan Hari Kelautan Sedunia (World Oceans Day) tahun ini, tepatnya tanggal 8 Juni 2011 mengambil Tema “Our Oceans: Greening Our Future”.
Seperti kita ketahui, dunia kita terdiri dari ¾ % air dan ¼ % tanah/ daratan. Planet kita memiliki lima samudera dan berbagai lautan di dunia ini, yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan.

Mengapa Hari Kelautan Sedunia (World Ocean Day perlu diperingati ?
·      Hari Kelautan Sedunia dirayakan untuk membuat semua orang merasakan keterkaitan hubungan dari makhluk hidup dengan samudra.
·      Dengan memperingati Hari Kelautan Sedunia kita akan menyadari betapa penting arti laut di mana selama ini manusia telah banyak diuntungkan dari mengeksploitasi hasil laut, seperti penangkapan ikan untuk konsumsi, budidaya rumput laut sebagai bahan produk kosmetik, pengambilan ikan hias, pengambilan terumbu karang, dll.  
·      Peringatan Hari Kelautan Sedunia akan menyadarkan kita untuk bersama-sama memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan laut, tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam mengeksploitasi (seperti bom ikan, racun ikan,  dan strum tenaga listrik), serta berupaya menciptakan kondisi stabil bagi pertumbuhan organisme laut seperti terumbu karang.
·      Kesadaran akan arti penting laut dapat diaplikasikan sehari-hari dalam upaya memelihara lingkungan laut yang sehat, seperti gerakan membersihkan sampah di pantai, mencegah pembuangan limbah polutan berbahaya ke laut, dan menjaga kebersihan habitat laut dari polusi tumpahan minyak.

Mengapa Diperlukan Perlindungan Samudera?
·      Laut memberikan peranan penting bagi manusia, selain menstabilkan kondisi cuaca di permukaan bumi, laut juga mampu menghasilkan komoditas yang sangat menunjang kelangsungan hidup manusia.
·      Produk hasil laut juga memberikan keuntungan besar dalam perdagangan internasional (perikanan, bahan kosmetik, pariwisata), termasuk juga sebagai areal penambangan minyak bumi.
·       jumlah maksimum oksigen yang kita konsumsi untuk bernafas dihasilkan dari laut.
·       Samudera membersihkan air yang kita gunakan untuk minum.
·       Menyediakan bahan obat-obatan penting

Penyebab  rusak/ punahnya kelangsungan hidup laut ?
·      Karena konsumsi yang berlebihan produk laut serta semakin tingginya pencemaran dilaut, sehingga ketersediaan akan semakin langka dan habis.
·      Spesies Hewan Laut semakin kurang dalam jumlah besar, kehidupan reproduksi mereka terganggu oleh manusia untuk tujuan eksploitasi besar-besaran, seperti keberadaan hiu, dan penyu.
·      Manusia menggunakan laut sebagai tempat deposal nya sampah. 
Proyek Inovatif terkait dengan peringatan Hari Kelautan Sedunia
Kegiatan merayakan setiap tahun dapat dilakukan dengan mengkoordinasi berbagai acara dan kegiatan diantaranya :
·       Pembersihan Pantai
·       Program Seminar dan Workshop kelautan
·       Kontes seni budaya bertemakan bahari
·       Festifal Film bertemakan perlindungan ekosistem laut
·       Perlindungan dan penangkaran spesies-spesies laut yang hampir punah
·       Penerbitan Undang-Undang perlindungan terhadap ekspoitasi hewan laut
·       Pemetaan kawasan yang di lindungi sebagai cagar laut, spt terumbu karang.
Pemahaman Kelautan perlu disosialisasikan secara berkesinambungan untuk semakin menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya laut dalam hidup kita. Dengan diperingatinya hari laut sedunia ( world ocean day) diharapkan dapat mengubah perspektif manusia tentang laut. Betapa banyak kontribusi yang telah diberikan laut pada kehidupan, sehingga sudah selayaknya manusia menjaga dan senantiasa melestarikan.

0 comments:

Poskan Komentar