geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Senin, 26 Desember 2011

Danau ( Lake )

Danau adalah ceruk atau cekungan pada permukaan bumi yang berisi air. Danau yang luas kadang kala dinamakan laut: misalnya Laut Kaspia dan Laut Aral. Ada banyak sekali tipe danau, dan umumnya dikelompokkan menurut asal usulnya. Sejumlah besar danau di dunia terbentuk oleh gletser dan lembaran es. Beberapa danau terbentuk oleh angin atau air hujan, sedang lainnya aleh gerakan bumi atau kegiatan vulkanik. Danau sangat berbeda-beda ukuran dan dalamnya, tergantung pada cara terbentuknya.
Danau yang disebabkan oleh kegiatan vulkanik
·       Danau kaldera terbentuk bila di dalam kaldera atau bagian tengah gunung berapi yang runtuh terkumpul air. Danau ini umumnya bulat dan dalam. Danau Toba di Sumatera adalah suatu danau kaldera.
·       Danau kawah terbentuk bila dalam kawah, atau lubang bulat mirip corong di puncak gunung berapi terkumpul air. Contohnya ialah danau kawah di Oregon ( Amerika Serikat ).
·       Danau bendungan lava terbentuk bila aliran lava gunung berapi menyumbat lembah sungai dan menyebabkan terbentuknya danau. Contohnya adalah Laut Galilea di Timur Tengah.

Danau yang disebabkan oleh pengikisan
·       Danau gletser terbentuk bila gletser dan lembaran es mengeruk permukaan bumi dan membentuk ceruk. Kemudian ceruk ini terisi air dan membentuk danau. Contohnya ialah Danau Leman (Swiss dan Perancis).
·       Danau Lekukan gurun terbentuk di daerah kering tempat angin menghasilkan lekukan. Bila dasar lekuk tersebut mencapai muka air tanah, maka terbentuklah sebuah danau. Contohnya ialah oase gurun di seluruh dunia.

Danau yang dihasilkan oleh sungai dan laut
·       Danau tapal kuda dihasilkan bila sungai yang berkelok-kelok melintasi daratan mengambil jalan pintas dan meninggalkan potongan-potongan yang akhirnya membentuk danau tapal kuda.
·       Danau delta terbentuk di sepanjang pantai yang arus pantainya mengendapkan pasir dan membentuk gosong pasir. Akhirnya, gosong pasir itu sama sekali memisahkan sebagian kecil laut, dan dengan demikian membentuk laguna. Delta-delta terbesar di dunia mempunyai danau delta atau laguna.

Danau yang dihasilkan oleh gerakan bumi
·       Danau sesar terjadi jika persesaran di kerak bumi, maka terbentuklah lekukan atau lembah retak yang kemudian dapat menjadi danau. Contonya ialah Danau Malawi di Lembah Retakan Afrika Timur.

Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro, rekreasi (berenang, selancar angin, dll), persediaan air, dll.

Namun ada juga beberapa danau di dunia ini yang dianggap berbahaya untuk dijadikan tempat rekreasi, bahkan disebut-sebut  juga sebagai danau yang mematikan.
1.     Lake Nyos, Cameroon
Danau Nyos adalah salah satu dari tiga danau di bumi dimana gas CO2 terdapat  di dalam air dan mengubahnya menjadi asam karbonat  yang merupakan sebuah senyawa kimia yang mematikan.
Pada tahun 1986, danau ini meledak karena senyawa kimia yang terkandung di dalam air tersebut  bereaksi karena sudah terkumpul dengan padat .
Pada saat  itu ribuan penduduk desa kehilangan nyawa mereka serta ribuan hewan ternak mati.

2.     Yellowstone Lake, USA
Pada tahun 2003, para Ahli telah memetakan Danau Yellowstone merupakan sebuah wilayah gunung berapi yang sangat aktif .
Di sana ditemukan sebuah kubah seluas 100 kaki di Mary's Bay, perlu diwaspadai adanya bahaya nyata dari apa yang dikenal sebagai ledakan hidrotermal.
Sejauh ini, bukti dari 25 ledakan telah terjadi pada 25.000 tahun terakhir, tetapi bila terjadi lagi maka 100.000 galon air mendidih akan meledak dan menyebabkan gelombang pasang yang berpotensi mematikan.

3.     Horseshoe Lake, California, USA
Danau Horseshoe, dekat  kota Mammoth Lakes, California, adalah silent  killer. Danau ini sangat indah tetapi juga sangat mematikan.
Hal ini dikarenakan kandungan CO2 yang terkandung di dalam air danau mencapai 95% lebih besar daripada kandungan lingkungan sekitar, sehingga jika ada api di sekitar tepian danau maka akan terjadi ledakan yang cukup dashyat .
Pada tahun 2006, ada 3 orang yang membuat  api unggun di tepian danau menjadi korban karena ledakan yang terjadi akibat pemicu api tersebut .

4.     Lake Mono, California, USA
Danau Mono adalah sebuah danau yang menakjubkan, sebuah danau yang sehat  hingga tahun 1940-an di Los Angeles, karena perubahan sistem pengairan maka kondisi danau berubah.
Salah satu danau tertua di Amerika Utara itu, dalam waktu sangat  singkat menjadi sebuah danau alkali beracun yang mengandung klorida, karbonat  dan sulfat .
Selama kurun waktu 20 tahun, danau tersebut  tidak dapat  untuk digunakan karena dalam tahap netraliasasi.

5.     Mount Rainier Crater Lake, Washington, USA
Di puncak gunung terdapat sebuah kawah besar yang selalu tertutup es dan salju. Danau hanya dapat  dicapai melalui gua-gua bawah tanah.
Gas vulkanik yang terdapat  di danau tersebut merupakan ancaman bagi 100.000 orang.
Karena air di danau itu menciptakan asam sulfat,  sehingga jika dikombinasi dengan gas vulkanik yang ada disekitar puncak gunung akan sangat berbahaya.

6.     Lake Kivu, Rwanda
Danau Kivu adalah danau yang dapat meledak seperti Danau Nyos, dimana danau Kivu memiliki luas 2000 kilometer persegi lebih besar dari Nyos dan sangat  dekat dengan gunung api aktif .
Gas kimia di danau ini merupakan campuran metana dan karbon dioksida. Menurut  Wikimedia,  Ilmuwan berhipotesis bahwa apabila terjadi interaksi antara vulkanik dengan air di dasar danau yang memiliki konsentrasi gas yang tinggi, maka akan memanaskan air di permukaannya.
Gaya metana keluar dari air  membentuk percikan ledakan metan, ketika terjadi maka semua isi dari danau akan terlontar keluar akibat daya ledakan besar yang terjadi.

7.     Lake Moboun, Cameroon
Danau Moboun juga memiliki tiga unsur penting yang dibutuhkan untuk mengumpulkan CO2 dalam jumlah mematikan.
Untuk melakukannya, pertama danau ini harus minimal memiliki kedalaman 160 meter. Kedua, harus berada di garis khatulistiwa sehingga gas tidak akan hilang secara alami di musim dingin. Ketiga, harus terletak di wilayah gunung berapi.
Danau Moboun hanya 60 mil jauhnya dari Danau Nyos. Dua tahun sebelum bencana yang lebih besar di Nyos pada tahun 1986, di danau ini 37 orang tewas akibat  ledakan CO2.

8.     Boiling Lake, Dominica
Boiling Lake di Dominika diisi dengan gelembung air super panas yang diselimuti awan yang panas antara 180 dan 197 derajat  Fahrenheit  di tepian danau.
Danau ini merupakan kolam penampung air hujan yang telah berlangsung dari sejak jaman dahulu, sehingga terkumpul dalam volume besar dan selalu mendapatkan pemanasan sehingga menjadi sebuah danau yang sangat  panas.
9.     Lake Rakshastal, Tibet
Danau Rakshasta dan Danau Manasarovarl di Tibet, adalah sebuah danau air asin. 
       Karena kadar garam yang sangat tinggi tidak ada tanaman atau ikan yang mampu bertahan hidup dalam air, penduduk setempat menganggapnya sebagai danau beracun.
10.   Lake Karachay
Danau Karachay dikenal sebagai tempat paling tercemar di bumi, keindahan yang menakjubkan menyembunyikan fakta bahwa tempat  ini seringkali dijadikan tempat  pembuangan fasilitas limbah nuklir di Rusia.
Air yang terdapat di permukaannya memiliki radiasi yang cukup kuat untuk membunuh seorang manusia hanya dalam hitungan waktu satu jam.
Pada tahun 1968, pada saat  mengalami kekeringan, debu dari danau dan sekitarnya yang mengandung radiasi pernah menginfeksi satu juta orang, serta 7.000 warga yang  masih selamat dan tinggal di daerah itu harus direlokasi.


Sumber  : kaskus.us & http://blog.unikom.ac.id

1 comments:

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

 

Poskan Komentar