geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Selasa, 27 Desember 2011

5 Jenis hutan yang ada di Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hutan yang luas di dunia. Luas hutan tersebut dulu mencapai 113 juta hektar dan terus berkurang drastis akibat kebodohan oknum pemerintah dan penjahat yang selalu haus uang dengan membabat dan menggunduli hutan demi mendapat keuntungan yang besar tanpa melihat dampak bagi lingkungan global. Brikut di bawah ini adalah pembagian macam-macam / jenis-jenis hutan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia disertai arti definisi dan pengertian :

Quote:
1. Hutan Bakau / Mangrove Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di daerah pantai . Contoh : pantai timur kalimantan, pantai selatan cilacap, dll. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.
Spoiler for bakau
Nampak Hutan Bakau yang alami. Hutan ini tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.
Spoiler for bakau
 Hutan bakau merupakan tempat yang fantastis untuk kehidupan berbagai macam fauna. Untuk bersembunyi para ikan dan untuk bersarang berbagai macam burung.
Spoiler for bakau
Keanekaragaman(Diversity) hutan bakau di indonesia adalah yang paling tinggi dan menakjubkan di dunia.
Spoiler for bakau
Quote:
2. Hutan Sabana Hutan sabana yakni padang rumput yg luas dengan jumlah pohon yg sedikit dengan curah hujan yg rendah. Contoh : Nusa tenggara. Berdasarkan jenis tumbuhan yg menyusunnya, sabana dibedakan menjadi dua, yaitu sabana murni & campuran.
Spoiler for sabana
 Hutan ini dtumbuhi oleh semak belukar & diselingi oleh padang rumput
Spoiler for sabana
Curah hujan di hutan ini mencapai 1.000 mm sehingga tumbuhan melakukan adaptasi dg membentuk duri-duri.
Spoiler for sabana
Tampak sabana yang ditumbuhi rumput-rumput yg menguning
Quote:
3. Hutan Rawa Hutan rawa adalah hutan yang berada di daerah berawa. Hutan rawa terdapat di hampir semua pulau, terutama Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Spesies pohon rawa misalnya nyatoh (Palaquium leiocarpum), kempas (Koompassia spp), dan ramin (Gonystylus spp). Contoh : Papua selatan, Kalimantan, dsb.
Spoiler for rawa
Nampak sebuah hutan dengan dikelilingi rawa-rawa.
Spoiler for rawa
 Hutan seperti ini adalah hutan yang disebut sebagai Hutan Rawa Air
Spoiler for rawa
 Terlihat banyak burung yang berterbangan di hutan rawa gambut.
Quote:
4. Hutan Hujan Tropis Hutan hujan tropis adalah hutan lebat / hutan rimba belantara yg tumbuh di sekitar garis khatulistiwa / ukuator yg memiliki curah turun hujan yg sangat tinggi. Hutan jenis yg satu ini memiliki tingkat kelembapan yg tinggi, bertanah subur, humus tinggi & basah serta sulit untuk dimasuki oleh manusia. Hutan ini sangat disukai pembalak hutan liar & juga pembalak legal jahat yg senang merusak hutan & merugikan negara trilyunan rupiah. Contoh : hutan kalimantan, hutan sumatera, dsb.
Spoiler for tropis
 Hutan ini berwarna hijau dan merupakan Hutan yg paling banyak di jumpai di Indonesia
Spoiler for tropis
 Hutan Hujan Tropis merupakan surga bagi flora & fauna. Hutan hujan tropis juga dijuluki sebagai "farmasi terbesar dunia" karena hampir 1/4 obat modern berasal dr tumbuhan di hutan hujan ini
Quote:
5. Hutan Musim Hutan musim adalah hutan dg curah hujan tinggi namun punya periode musim kemarau yang panjang yg menggugurkan daun di kala kemarau menyelimuti hutan.
Spoiler for musim
Pohon-pohonnya tahan dr kekeringan & termasuk tumbuhan tropofit, artinya mampu beradaptasi trhadap kering & keadaan
Quote:
Di samping itu hutan terbagi / dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu : 1. Hutan Wisata 2. Hutan Cadangan 3. Hutan Lindung 4. Hutan Produksi / Hutan Industri
PETA HUTAN 

0 comments:

Posting Komentar