geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Jumat, 23 Desember 2011

TREKKING


Hal Penting dalam Trekking Memang tidak semua item pasti kita pergunakan. Akan tetapi ada baiknya dalam suatu perjalanan kita sedia payung sebelum hujan. Kita telah menyiapkan perlengkapan yang kita butuhkan sebelum kita tertimpa musibah yang tidak kita harapkan dalam perjalanan.

PAKAIAN EKSTRA.
Meliputi kaos kaki luar dan dalam, sepatu boot, pakaian dalam, Celana dan baju untuk jalan, sweather, atau jaket fleece, topi, sarung tangan atau Jas hujan atau rain coat. Pertimbangkan juga pakaian dalam baju yang berlengan panjang, balaclava, headaband yang berfungsi sebagai penutup kuping. Cuaca adalah kendala utama yang menyebabkan kita harus berpikir matang-matang dalam me-manage pakaian yang harus dibawa. Meskipun merupakan tambahan terhadap berat akan tetapi sebanding dengan faktor kehangatannya.

KOMPAS
Kompas merupakan peralatan yang penting untuk bernavigasi dan route finding, setiap anggota kelompok pendakian seharusnya memilikinya dan mengetahui cara pakainya.

FIRE STARTER ( PEMBUAT API)
Pembuat api pada umum meliputi lilin, bahan panas kimia, panas kalengan, magnesium, atau yang untuk digunakan di gunung yang tinggi dan kompor cadangan.

PERSEDIAAN P3K
Pendakian gunung merupakan salah satu oleh raga yang beresiko, maka adalah suatu kewajiban kita membawa P3K, mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Minimal terdapat gauze pad dalam berbagai ukuran, roller gauze, perban, pembalut kupu-kupu, pembalut segitiga, pembalut Carlisle, sabun, latex gloves, dan alat tulis.

MAKANAN EKSTRA
Pada hampir semua pendakian, persediaan makanan darurat utuk satu hari adalah merupakan persediaan yang layak. Pilihan makanan darurat hendaknya yang tidak memerlukan proses memasak dan mempunyai energi yang tinggi berbanding kepada bobot beratnya serta tahan lama. Buah kering, GORP, granola, makanan tempur tentara, power bar serta power gel. Jika pengunaan kompor masih memungkinkan, bahan makanan yang dibekukan, Oatmeal, sup instant, dan mie adalah pilihan yang baik. Jadikan logistik sebagai prioritas tertinggi dalam perjalanan.

HEADLAMP ATAU SENTER
Tidak perduli kapanpun rencana pendakian yang akan dilakukan siang atau malam, bawalah selalu headlamp atau lampu senter dengan baterei dan bohlam ekstranya. Banyak orang mengatakan headlamp lebih praktis dan menyenangkan sebab kedua tangan kita bebas untuk melakukan kegiatan yang lebih penting. Ingatlah cahaya adalah hal yang penting, jadi belilah peralatan yang berkualitas. Untuk senter yang tahan air sudah pasti akan mempunyai harga yang lebih mahal. Akan tetapi kita akan puas saat menggunakannya digunung yang basah dan lembab.

PISAU
Pisau berguna untuk mempersiapkan makanan, P3K, reparasi, dan di kasus-kasus tertentu digunakan untuk memanjat. Pisau harus mempunyai dua lipatan mata pisau ( jika salah satunya rusak), obeng kembang dan obeng minus, jarum tusuk, dan gunting lipat. Item lain yang bermanfaat meliputi pembuka kaleng dan pembuka botol, serta penjepit. Juga selalu membantu pasangkan tali sebagai pengaman agar tidak terjatuh tanpa kita ketahui. PETA Tiap-Tiap anggota regu atau individu harus membawa peta topografis yang detail daerah yang dikunjungi. Dan harus membawanya dalam wadah plastik yang tahan air.

KOREK API
Pendaki perlu selalu membawa persediaan korek api sebagai persediaan darurat yang disimpan dalam wadah tahan air. Ini adalah sebagai tambahan terhadap persedian lighter atau korek api yang biasa kita bawa.Bagaimanapun juga, persediaan cadangan untuk emergency harus selalu korek api (yang tidak mempunyai kegagalan teknis) Jenis apapun korek api yang kita gunakan, harus selalu di tes kemampuan kerjanya, hindari membawa korek api yang sudah lembab.

SUNGLASS DAN SUNSCREEN
Langit yang bersih dan cermelang di pegunungan membuat krim perlindungan matahari menjadi perlu ada pada setiap perjalanan. Seperti yang kita ketahui sukar untuk menghindari matahari ketika berada di atas pegunungan yang terbuka. Sinar ultralviolet di atas ketinggian pegunungan adalah 50% lebih kuat dari pada di permungkaan laut.

Sumber : www.Wikipedia.co.id

0 comments:

Poskan Komentar