geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Jumat, 05 Oktober 2012

Kamus Istilah Meteorologi


Memahami ilmu pengetahuan tentang cuaca dapat dilakukan dengan berbagai cara; salah satu diantaranya mulai dari mengenali istilah-istilah. Apa saja istilah dalam meteorologi?



A

adiabatProses termodinamik yang terjadi dalam suatu sistem dengan tidak ada bahang yang masuk ke dalam dan keluar dari sistem.
(adiabatic).

adiabat jenuh.
Sama dengan laju susut adiabat jenuh.
(saturated adiabatic).

adiabat keringSama dengan laju susut adiabat kering.
(dry adiabatic).adidingin
Keadaan dengan suhu lebih rendah dari titik beku.
(supercool).
AEROKata sandi dalam meteorologi penerbangan yang menyatakan bahwa sandi berikutnya adalah laporan cuaca yang dipilih untuk keperluan penerbangan. (sekarang sudah tidak dipakai lagi dan diganti dengan METAR ) . Lihat: METAR.
(AERO code).

aerodinamikaIlmu tentang kakas yang bekerja pada benda padat yang bergerak relative terhadap medium gas, utamanya atmosfer. Aerodinamika dipandang sebagai hal yang khusus dari hidrodinamika, meskipun biasanya digunakan memelajari kakas yang bekerja pada pesawat terbang yang dalam penerbangan.
(aerodynamics)

aerometeorografAlat perekam suhu, tekanan, dan kelembapan udara dalam satu perangkat yang dipasang di pesawat udara.
(aerometeorograph).

AIREPSingkatan dari “Aircraft Report”. Kata sandi dalam meteorologi penerbangan yang menyatakan bahwa berita yang mengikutinya adalah laporan dari penerbang selama dalam penerbangan. Berita dalam AIREP terdiri atas tiga seksi. Seksi pertama berisi laporan tentang posisi pesawat terbang, seksi kedua berisi laporan tentang operasi pesawat terbang, dan seksi ketiga berisi laporan tentang cuaca / meteorologi. Unsur yang dilaporkan meliputi : identitas pesawat terbang, posisi pesawat terbang, waktu laporan, paras terbang, posisi selanjutnya atau akhir penerbangan, perkiraan waktu tiba, keadaan bahan bakar, informasi cuaca (suhu, angin, golak-galik, peng-es-an pesawat, dll), dan informasi tambahan (lain-lain).
(AIREP).

aliran geostrofik.
Aliran udara yang timbul sewaktu kakas Corioli seimbang dengan landaian tekanan.
(geostrophic flow).

aliran golak-galik
Aliran fluida yang dicirikan oleh sifat golak-galik.
(turbulent flow).

altimeterAlat yang digunakan untuk menentukan ketinggian suatu objek terhadap paras tertentu.
(altimeter).

altimeter tekananAltimeter yang menggunakan ukuran tekanan udara sebagai dasar perhitungan.
(pressure altimeter).



altitudeJarak vertikal (z) suatu paras, titik, atau objek, yang dianggap sebagai titik diukur dari paras muka laut rata-rata. Pengukuran altitud dilakukan dengan altimeter.
(altitude).
altitud kepadatan
Altitud tekanan yang dikoreksi dengan simpangan suhu terhadap atmosfer baku.
(density altitude).

altitud kepadatan baku
Altitud yang dalam atmosfer baku berkaitan dengan kepadatan udara tertentu.
(standard density altitude).

altitud setara bandar udara
Altitud, yang dalam atmosfer baku, disetarakan dengan ketinggian suatu paras yang pada paras tersebut kepadatan udara sama dengan kepadatan atmosfer rata-rata pada paras Bandar udara dalam musim yang bersangkutan.
(equivalent altitude of aerodrome).

altitud tekanan
Altitud, yang dalam atmosfer baku ICAO, yang terukur bila altimeter tekanan disesuaikan pada penetapan altimeter 29,92 inci Hg (1013,2 hPa). Dengan demikian altitud tekanan selalu diatas permukaan tekanan tetap 1013,2 hPa.
(pressure altitude).
altitud tekanan baku
Altitud paras tekanan udara tertentu yang dihitung dengan menggunakan keadaan atmosfer seperti keadaan atmosfer baku.
(standard pressure altitude).
AltokumulusGenera awan berwarna kelabu yang berbentuk lapisan atau tumpukan awan yang bergelombang. Unsur-unsurnya tampak seperti lapisan massa berbentuk bulat, bergulung. Unsur-unsur tersebut biasanya tampak jelas, tetapi kadang-kadang samar-samar berserabut.
(altocumulus).
AltostratusGenera awan berbetuk lapisan atau lembaran, berwarna kebiruan atau keabuan, berserabut atau merata. Altostratus sering menutupi seluruh langit. Bila bentuknya berupa lapisan tipis, matahari di belakang awan terlihat seperti piring yang tidak bercahaya.
(altostratus).

AMDSingkatan dari kata “amandement”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk memberi laporan bahwa prakiraan cuaca yang telah dibuat diubah berkenaan dengan adanya perubahan cuaca yang melampaui nilai tertentu.
(AMD).

amplitudo langkisauKecepatan angin maksimum yang terdapat dalam langkisau.
(gust amplitude).

analisis isobar
Analisis sepanjang permukaan tekanan tetap. Analisis tersebut biasanya meliputi perubahan geopotensial, suhu, kelembapan, angin.
(isobaric analysis).

anemometerAlat untuk mengukur kecepatan angin.
(anemometer).

anginAliran udara. Bila tidak ada keterangan lain, umumnya diartikan sebagai aliran udara dalam arah horizontal.
(wind).

angin ageostrofik
Beda vektor ( Va )antara vector angin sebenarnya ( V ) dan vector angin geostrofik ( Vg ).
(ageostrophic wind).


angin krakataoLapisan angin timuran di atas wilayah tropik pada ketinggian 18 – 24 km. Lapisan tersebut menempati puncak dari angin baratan troposfer tengah yang tebalnya sampai 6 km dan kira-kira 2 km di atas tropopauze. Nama angin tersebut dikenali ketika membawa debu letusan gunung Krakatao (yang terletak di selat Sunda pada 6 oLS, 105 oBT) pada tahun 1883.
(krakatao wind).

angin alobar(1). Komponen angin yang secara teori dihasilkan oleh ketidak seragaman perubahan lokal dari tekanan mengikut waktu. (2). Kecepatan angin yang timbul dari adanya keseimbangan antara gaya Corioli dan percepatan angin geostrofik.
(allobaric wind).

angin anabatAngin lokal yang bertiup naik sepanjang lereng gunung yang panas karena sinar matahari. Lihat: angin lembah.
(anabatic wind).

angin baratan khatulistiwaAngin baratan yang terdapat di palung khatulistiwa, terpisahkan dari angin baratan lintang tengah oleh angin pasat timur.
(equatorial westerlies).


angin buritan
Angin yang bertiup dari arah belakang searah dengan arah gerak benda misalnya kapal laut yang sedang berlayar, pesawat terbang yang seang dalam penerbangan.
(tail wind).
angin buritan setaraLihat: angin membujur setara.
(equivalent tail wind).

angin darat
Angin lokal di daerah pantai yang bertiup dari darat ke arah laut karena perbedaan suhu ketika permukaan laut suhunya lebih tinggi dari pada suhu di atas daratan yang bersebelahan. Angin darat bertiup pada malam hari.
(land breeze).

angin geostrofikAngin mendatar yang secara teori dihasilkan dari adanya keseimbangan antara gaya Corioli dan landaian mendatar tekanan. Dalam fisika keseimbangan tersebut dinyatakan dengan rumus :

Vg = – g/f Әp/Әn

dengan g = percepatan gravitas bumi, f = faktor Corioli, p = tekanan atmosfer, dan Әp/Әn = landaian tekanan sepanjang arah garis n tegaklurus isobar. Angin geostrofikk arahnya hampir sejajar dengan arah isobar.
(geostrophic wind).

angin gunungAngin lokal di daerah pegunungan yang bertiup pada malam hari sepanjang lereng. Lihat: angin katabatik.
(mountain breeze).
angin gravitas
(1) Sering disamakan dengan angin katabat.
(2) Gerak udara dingin dari tempat yang tinggi ke arah pantai laut di dekatnya yang panas. Disebut pula “angin jatuh”
(gravity wind).angin hitam
Sama dengan angin reshabar.
(black wind).

angin isalobar
Angin yang secara teori ditimbulkan oleh perubahan lokal tekanan mengikut waktu.
(isallobaric wind).

angin katabat
Angin turun sepanjang lereng gunung yang timbul karena dalam arah horizontal kerapatan udara di sepanjang lereng lebih besar daripada kerapatan udara di sekitarnya. Perbedaan kerapatan tersebut karena pendinginan permukaan lereng mendinginkan udara di sekatnya. Lihat: angin gunung.
(katabatic wind).
angin landaian
Kecepatan angin yang tegaklurus garis kontur tekanan tetap di suatu titik pada peta ketinggian. Secara teori angin landaian (Vgr) dihasilkan dari adanya keseimbangan antara gaya Corioli dan gaya sentripetal dengan landaian mendatar tekanan, dan dinyatakan dengan rumus :

Vgr2/R + f Vgr = – g Әp/Әn,

dengan R = jejari lengkungan lintasan, f = faktor Corioli, g = percepatan gravitas bumi, Әp/Әn = landaian tekanan tegaklurus isobar.
(gradient wind).


angin langkisau
Sama dengan langkisau.
(gust wind).

angin lautAngin lokal di daerah pantai yang bertiup dari laut ke arah darat karena perbedaan suhu ketika permukaan darat lebih tinggi dari pada suhu di atas laut yang bersebelahan. Angin laut bertiup pada siang hari. Lawan dari angin darat.
(sea breeze).

angin lawanAngin yang bertiup berlawanan dengan arah gelombang lautan. Biasanya disamakan dengan angin sakal.
(opposing wind).

angin lembahAngin lokal di daerah pegunungan yang bertiup naik sepanjang lereng karena pemanasan lereng gunung. Lawan dari angin gunung.
(vally wind).

angin lokal(1) Angin yang bertiup dalam kawasan sempit yang ditimbulkan oleh keadaan setempat.
(2) Angin yang memiliki sifat khusus yang berkaitan dengan keadaan setempat. Misalnya : angin bohorok di Tapanuli Sumatra Utara, angin kumbang di daerah Cirebon Jawa Barat, angin gending di daerah Pasuruhan Jawa Timur, angin barubu di Sulawesi Selatan, angin wambraw di daerah Manokwari, yang kering dan panas. Angin tersebut umumnya terjadi dalam musim kemarau antara bulan Juli dan September.
(local wind).

angin membujurAngin yang arahnya sejajar searah atau sejajar berlawanan dengan arah gerak benda. Lihat: angin sakal, angin buritan.
(longitudinal wind).


angin membujur setara
Angin khayalan yang diwujudkan seperti angin sebenarnya dengan kecepatan seragam sebesar kecepatan rata-rata pesawat terbang terhadap bumi dan selalu sejajar dengan lintasannya.
(equivalent longitudinal wind).

angin mengananAngin berubah arah yang perubahannya searah dengan arah putaran jarum jam.
(feering wind).angin mengiriAngin berubah arah yang perubahannya berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
(backing wind).
angin pasatAngin yang bertiup dari pias tekanan tinggi subtropik yang berpusat di sekitar 30o – 40o lintang utara dan di sekitar 30o – 40o lintang selatan menuju ke arah khatulistiwa. Arah angin dari timur laut bagi angin pasat di belahan bumi utara dan dari arah tenggara bagi angin pasat di belahan bumi selatan.
(trade wind).

angin permukaanAngin yang bertiup di dekat permukaan bumi. Pengukuran angin tersebut dilakukan pada ketinggian 10 meter dari permukaan bumi di kawasan terbuka.
(surface wind).

angin pilin
Badai angin kecil dengan udara di dalamnya berputar mengelilingi pusat yang bertekanan rendah. Kadang-kadang putaran udara menjulur ke atas sampai beberapa ratus meter dan menimbulkan pilin debu bila terjadi di padang pasir.
(whirlwind).


angin puyuhPutaran kuat turus udara berbentuk juntaian yang terdapat pada awan Kumulonimbus dan hampir selalu tampak sebagai awan corong. Pusarnya bergaris tengah beberapa ratus meter. Biasanya berputar siklon dengan kecepatan sekitar 150 – 500 km/jam. Angin puyuh termasuk fenomena atmosfer skala lokal yang mempunyai potensi kekuatan sangat merusak; dikenal juga puting beliung.
(tornado).

angin ribut(1) Angin yang luar biasa kekuatannya.
(2) Tingkatan angin untuk angin yang kecepatannya lebih dari 28 knot.
(gale).

angin ribut hebatAngin ribut yang kecepatannya lebih dri 48 knot.
(whole gale).

angin ribut kuatAngin ribut yang kecepatannya 41 sampai 47 knot.
(strong gale).angin ribut lemahAngin ribut yang kecepatannya 25 sampai 33 knot.
(near gale).

angin ribut sedangAngin ribut yang kecepatannya 25 sampai 33 knot.
(fresh gale).

angin sakalAngin yang bertiup dari arah depan berlawanan dengan arah benda , misalnya kapal laut sedng berlayar, pesawat terbang yang sedang dalam penerbangan.
(headwind).


angin sakal setaraLihat : angin membujur setara.
(equivalent head wind).

angin semuAngin yang arah dan kecepatannya diukur dari benda yang bergerak. Besar arah dan kecepatannya sama dengan beda vektor antara angin sebenarnya dan kecepatan benda yang bergerak.
(apparent wind).

angin silang(1) Angin yang mempunyai komponen berarah tegaklurus terhadap arah gerakan benda.
(2) Angin yang arahnya dari samping benda yang bergerak, misalnya kapal laut yang sedang berlayar, pesawat terbang yang sedang dalam penerbangan.
(cross wind).

angin teduhAngin yang kecepatannya kurang dari 1 knot.
(calm).

angin timuran
Angin yang mempunyai kompnen arah dari timur. Lihat: timuran.
(easterly wind).
angin turutanSama dengan angin buritan.
(following wind).

angka sandiAngka dalam berita meteorologi yang ditulis sebagai sandi yang mempunyai arti tertentu. Lihat: sandi meteorologi.
(code figure).

antara lapisan
Bahasa dalam meteorologi penerbangan untuk menyatakan posisi pesawat terbang yang terbang di antara lapisan-lapisan awan atau di dalam fenomena yang menghalangi penglihatan. Lihat: BTL
(between layers).

antipasatArus udara dengan komponen barat yang bertiup di atas angin pasat.
(antitrade).

antisiklonSebaran tekanan atmosfer yang pusatnya bertekanan lebih tinggi daripada sekitarnya. Dalam peta sinop dicirikan dengan sistem isobar tertutup berbentuk hampir bulat atau bulat telor mengelilingi pusat tekanan tinggi.
(anticyclone).
APCH.Singkatan dari “approach”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan daerah ancangan pendaratan atau daerah menuju ke landasan pacu.
(APCH)
arah anginArah yang menunjukkan dari mana datangnya angin. Arah angin dinyatakan dengan derajat arah. 90o arah angin dari timur, 180 o arah angin dari selatan, 270 o arah angin dari barat, 360 o arah angin dari utara.
(wind direction).

arakan awanBarisan panjang awan Kumulus yang arahnya sejajar dengan arah angin di tempat awan. Arakan awan sering terlihat bila langit berawan sedikit.
(cloud street).

ARFOR
(1) Singkatan dari “area forecast”,
(2) Kata sandi dalam meteorologi penerbangan yang menunjukkan bahwa berita yang tertulis berikutnya adalah tentang prakiraan cuaca daerah penerbangan sekitar bandar udara.
(ARFOR).

arus golakan
Arus udara naik yang berkaitan dengan golakan, misalnya arus naik dalam awan Kumulus.
(convection current).
arus jatuh
(1) Arus udara berskala kecil yang turun secara menegak, misalnya dalam badaiguntur. (2) Aliran udara berskala kecil yang ditandai dengan gerakan vertikal ke bawah.
(downdraft).

arus jetKelompok arus udara berbentuk tabung pipih agak mendatar yang sumbunya terletak sepanjang garis tempat angin dengan kecepatan maksimum. Umumnya terdapat di dekat tropopauze. Ditandai dengan kecepatan tinggi dan landaian kecepatan yang besar.
(jet stream).
asap arktik .
Lihat: kabut uap.
(arctic smoke).
asap ibun(1) Kabut yang terdiri atas partikel-partikel es sehingga termasuk jenis kabut es.
(2). Sama dengan kabut kukus.
(frost smoke).

asap laut
Sama dengan kabut kukus.
(sea smoke).
atmosfer
Seluruh gas yang menyelimuti bumi akibat gaya tarik bumi, dan berputar bersama bumi. Dalam model molekul atmosfer dipandang sebagai kumpulan berbagai macam molekul gas. (atmosphere)
atmosfer adiabat
Model atmosfer yang dicirikan dengan laju susut suhu ke arah vertical sama dengan laju susut adiabat kering. Tekanan di dalam atmosfer adiabat berkurang mengikut ketinggian dengan rumus :

p = po (1 – To gz/cpd)cpdRd

dengan po dan To masing-masing tekanan dan suhu permukaan laut, g = percepatan gravitas bumi, z = tinggi dari permukaan laut, cpd = kapasitas bahang udara kering pada tekanan tetap, dan Rd = konstanta gas udara kering.
(adiabatic atmosphere).

atmosfer baku(1) Sebaran menegak hipotetik dari suhu, tekanan, dan kerapatan atmosfer yang dengan kesepakatan internasional ditetapkan sebagai keadaan atmosfer yang digunakan untuk kalibrasi altimeter tekanan, perhitungan kinerja pesawat terbang, rancangan pesawat terbang, peluru kendali, dan lain sebagainya. Selain itu udara dianggap memenuhi : sifat gas ideal, dalam keadaan hidrostatik, tidak mengandung uap air, dan gravitasi tidak berubah mengikut ketinggian. (2). Satuan baku ukuran tekanan atmosfer, yakni 760 cm air raksa (Hg) pada percepatan gravitas 980,665 cm/dt2, pada suhu 0 oC, dan pada lintang geografi 45 derajat. Pada tempat dan keadaan tersebut 1 atmosfer = 760 cm Hg = 29, 9213 inc Hg = 1013,250 milibar (mb) = 1013,250 hektopascal (hPa).
(standard atmosphere).

atmosfer baku internasionalSama dengan atmosfer baku. Disebut pula atmosfer ICAO.
(international standard atmosphere).

atmosfer baroklin
Model atmosfer dengan anggapan bahwa bidang-bidang isobar tidak sejajar dengan bidang rapat massa tetap (isosterik), berbeda dengan atmosfer barotrop. Lihat: atmosfer barotrop.
(baroclinic atmosphere)
atmosfer barotrop
Model atmosfer dengan anggapan bahwa bidang-bidang isobar sejajar dengan bidang rapat massa tetap (isosterik). Dengan model tersebut rapat massa udara hanya sebagai fungsi tekanan; tidak ada geser angin vertikal, tidak ada gerak vertikal; tidak ada beraian mendatar; dan berlaku kekekalan kepusaran mutlak. Persamaan barotrop : r = r(p).
(barotrpic atmosphere)
atmosfer bebas
Bagian atmosfer bumi yang bebas dari pengaruh gesekan permukaan. Udara di dalamnya dianggap sebagai gas ideal. Bagian dasar atmosfer bebas biasanya dianggap sebagai paras angin geostrofik.
(free atmosphere).
atmosfer golakanSama dengan atmosfer adiabat.
(convective atmosphere).

atmosfer ICAOAtmosfer baku yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional sebagai acuan. Lihat: atmosfer baku internasional.
(ICAO atmosphere).

atmosfer isothermal
Model atmosfer dengan menganggap bahwa suhu tidak berubah mengikut ketinggian, dan tekanan turun mengikut ketinggian secara eksponensial. Tebal diantara dua lapisan atmosfer isothermal dinyatakan dalam rumus :

(zB – zA = ( Rd Tv/g ) ln (PA / PB )

dengan Rd = konstanta gas udara kering, Tv = suhu maya, g = percepatan gravitas bumi, PA dan PB masing-masing tekanan pada ketinggian zA dan zB.
(isothermal atmosphere)

atmosfer otobarotrop
Sama dengan atmosfer adiabat.
(autobarotropic atmosphere)

awan
Kelompok butir air, buir es, kristal es, atau campurannya, yang terdapat jauh dari permukaan bumi. Ukuran garis tengan butir air dari awan ditetapkan sebesar <>
(cloud).

awan akustik
Awan yang karena landaian suhu dan kelembapan pada batas awan dan atmosfer cukup besar sehingga gelombang suara yang melewatinya terpantulkan.
(acoustic cloud).

awan campurAwan yang mengandung tetes air dan kristal es. Altostratus, Nimbostratus, Kumulonimbus dapat bersifat sebagai awan campur.
(mixed cloud).

awan cerobong
Awan jenis kumulus di daerah tropik yang ukuran menegaknya jauh lebih besar daripada ukuran mendatarnya. Awan tersebut sering mempunyai bentuk panjang seperti leher yang menjulur keluar dari puncak gumpalan di bawahnya. Di dalam leher tersebut terdapat arus golakan kuat sehingga dapat menembus lapisan sungsangan yang ada di atas awan. .
(chimney cloud).
awan corong
Sama dengan tornado.
(funnel cloud).

awan dinginAwan yang suhunya lebih rendah dari 0 oC.
(cold cloud).
awan es
Awan yang seluruhnya atau hampir seluruhnya terdiri atas kristal es. Sirus termasuk awan es.
(ice cloud).


awan gebosAwan yang kadang-kadang terbentuk di bawah bagian depan awan badaiguntur bagian depan berupa pilin pendek.
(squall cloud).


awan golakanAwan yang ditimbulkan dari golakan udara. Bentuk awan bergumpal menjulang ke atas. Kmulus adalah salah satu contoh awn golakan.
(convection cloud).

awan hujanAwn yang dapat menimbulkan hujan. Biasanya digunakan untuk awan jenis Nimbustratus.
(rain cloud).

awan jambulAwan tegak yang terbentuk di sepanjang punggung gunung dan menempel atau sedikit di atas puncak gunung. Disebut pula awan puncak. Awan jambul termasuk jenis awan orografik.
(crest cloud).
awan kebakaranAsap bergupal menyerupai awan hasil dari kebakaran.
(cloud from fire).

awan kebakaran hutan
Sama dengan awan kebakaran.
(cloud from forest fire).
awan landasan tempa
Awan yang puncaknya menyerupai landasan tempa. Sering terdapat pada Kumulonimbus.
(envil cloud).

awan lapis, awan lembaran
Awan yang bentuknya melebar dan pertumbuhan menegaknya tidak jelas.
(layer cloud).



awan letusan gunung apiAwan yang terdapat di atas puncak gunung sewaktu terjadi letusan gunung api.
(cloud due to volcanic eruption).

awan orografikAwan yang bentuk dan pertumbuhannya ditentukan oleh adanya bentuk orografik yang merintangi aliran udara yang melintasinya. Karena awan tersebut terkait dengan bentuk permukaan rintangan maka geraknya lambat meskipun angin pada paras tempat awan tersebut kecepatannya tinggi.
(orographic cloud).
awan panas
Awan yang suhunya lebih tinggi dari 0 oC, dan hanya mengandung butir atau tetes air. Awan tersebut biasanya terbentuk oleh pengembunan udara yang terangkat ke atas.
(warm cloud).

awan panjiAwan yang tampak menempel dan menjulur ke bawah mengikuti arah angin pada puncak gunung, sehingga terkesan seperti bendera.
(banner cloud).
awan puncak
Sama dengan awan jambul.
(top cloud).
awan rendahAwan yang letaknya pada paras rendah kurang dari 2 km. Stratus, Stratokumulus termasuk awan rendah.
(low cloud).

awan rotorAwan berbentuk gulungan yang tampak di bagian atas olak diam yang berputar di sekitar sumbu mendatar di lindungan angin atau di sekeliling gunung.
(rotor cloud).

awan sungsangan
Awan yang terbentuk di dalam lapisan sungsangan.
(inversion cloud).

awan tengah
Awan yang letaknya pada paras antara 2 dan 8 km; tetapi tidak sama di setiap wilayah. Di kawasan tropik terletak pada ketinggian antara 2 dan 8 km, di kawasan subtropik antara 2 sampai 7 km, dan di kawasan kutub antara 2 dan 4 km. Altostratus, Altokumulus termasuk awan tengah.
(medium cloud).
awan tinggiAwan yang letaknya pada ketinggian lebih dari 3 km; tetapi tidak sama di setiap wilayah. Di kawasan tropik diatas 6 km, di kawasan subtropik antara 5 sampai 13 km, dan di kawasan kutub antara 3 dan 8 km. Sirus, Sirustratus, dan Sirokumulus termasuk awan tinggi.
(high cloud).

awan tudungAwan yang hampir tidak bergerak atau tetap di atas atau terbentang di puncak gunung menyerupai topi.
(cap cloud).


B
badai debuCuaca buruk luar biasa yang disertai angin kuat dan udara berdebu, dalam daerah yang luas. Badai debu biasanya timbul mendadak, berbentuk seperti tembok debu yang meluas beberapa kilometer dan tingginya beberapa ribu meter.
(dust storm).

badai elektrik
(1) Badai guntur.
(2) Keadaan medan listrik atmosfer bagian bawah yang terganggu karena bertiupnya angin kencang yang membawa banyak debu dalam udara, tetapi tidak berkaitan dengan badaiguntur.
(electrical storm).
badai es
Badai yang disertai hujan es.
(ice storm).

badai ganasTingkatan untuk angin yang kecepatannya antara 56 dan 63 knot atau skala 11 dalam skala Beaufort.
(violent storm).
badai gunturBadai setempat yang ditimbulkan oleh Kumulonimbus yang disertai kilat dan guntur; selain itu biasanya disertai langkisau, hujan lebat, dan kadang-kadang disertai hujan batu. Umumnya berlangsung dalam waktu singkat, dan jarang lebih dari dua jam untuk satu badai.
(thunderstorm).

badaiguntur perenggan
Badaiguntur yang berkaitan dengan golakan yang ditimbulkan oleh perenggan.
(frontal thunderstorm).

badai guntur massa udara
Lihat: Hujan curah massa udara.
(air mass thunderstorm).

badai magnet
Gangguan medan magnet bumi berskala dunia. Ditandai dengan perubahan medan magnet yang jelas selama kurang dari satu jam, kemudian secara berangsur dalam beberapa hari menjadi normal.
(magnetic storm).

badai pasir
Angin kuat yang membawa pasir dalam udara. Partikel pasir antara 0,08 dan 1 mm. Berbeda dengan badai debu partikel pasir hanya terangkat sampai kurang dari tiga meter dari permukaan tanah.
(sand storm).

badai salju
Badai yang disertai hujan salju.
(snow storm).

badai tropik(1) Badaiguntur yang terpaut dengan putaran angin siklon dengan kecepatan 35 – 64 knot di kawasan tropik.
(2) Siklontropik yang kekuatan anginnya 8 sampai 9 skala Beaufort atau kecepatan angin 34 – 47 knot.
(tropical storm).
balon meteorologiBalon yang digunakan dalam pengamatan cuaca udara atas, misalnya balon pagu, balon pilot, balon radiosonde.
(meteorological balloon).


balon paguBalon kecil yang digunakan untuk menentukan ketinggian dasar awan. Ketinggian tersebut dihitung dari kecepatan naik balon dan waktu yang diperlukan untuk mencapai dasar awan.
(ceiling balloon).
balon pilotBalon kecil yang dinaikkan ke udara dan diikuti dengan menggunakan teodolit untuk memperoleh data arah dan kecepatan angin di udara atas. Umumnya berat balon 48 gram.
(pilot balloon).
balon radiosonde
Balon yang digunakan untuk membawa radiosonde ke atas. Balon tersebut lebih besar dari pada balon pilot. Beratnya ada yang 500 gram, 1300 gram.
(radiosonde balloon).
banglas
Jarak terjauh sesuatu benda yang mempunyai ciri tertentu dapat dilihat atau dikenali dengan mata telanjang. Pada malam hari penentuan banglas dengan menyamakan jarak pada malam hari seperti jarak pada siang hari. Karena adanya litometeor di dalam udara, udara menjadi kabur dan jarak pandang berkurang. Bagi masyarakat penerbangan udara kabur dirasa sangat mengganggu karena jarak pandang menjadi pendek sehingga menyulitkan penerbang untuk melandas atau tinggal landas.
(visibility).

banglas ancangan
Jarak, dari arah penerbang pada ancangan pendaratan instrument, sejauh itu penerbang dapat melihat alat bantu pendaratan di ujung landasan pacu.
(approach visibility).


banglas condong
Banglas sepanjang garis pandang yang miring terhadap bidang mendatar.
(oblique visibility).
banglas horizontalBanglas ke arah mendatar.
(horizontal visibility).

banglas vertikalBanglas ke arah menegak.
(vertical visibility).
bar
Satuan ukuran untuk tekanan atmosfer. 1 bar = 1000 milibar (mb) = 106 dyne/cm2. = 1000 hPa.
(bar)

baratanDaerah angin dari barat yang terletak di kawasan lintang tengah antara lintang 35o dan 65o.
(westerlies).
barometer
Alat untuk mengukur tekanan atmosfer.
(barometer).
barubu
Lihat : angin lokal.
(barubu).
batas cuaca operasi
Batasan minimum sebagai minimum keselamatan pendaratan dan tinggal landas pesawat terbang yang ditetapkan berdasarkan cuaca. Unsur cuaca yang digunakan sebagai pertimbangan adalah : pagu awan, angin, kebanglasan dan/atau jarak pandang landasan pacu tertentu.
(operational weather limit).

BECMGKata singkatan untuk “becoming” . Digunakan dalam bahasa laporan cuaca untuk menyatakan perubahan dari suatu keadaan menjadi keadaan lain. BCMG digunakan untuk perubahan yang teratur dari suatu keadaan selama beberapa waktu
(BECMG).
belalai air
Fenomena yang tampak seperti turus awan atau corong awan yang menjulur dari dasar Kumulonimbus dan berisi tetesan air yang naik dari permukaan laut dibawahnya.
(water spout).

beraian
Pemencaran medan vektor. Biasanya digunakan untuk angin. Dalam matematika dinyatakan dengan rumus :

div.V = ӘVx/Әx + ӘVy/Әy + ӘVz/Әz,

dengan V = vektor angin; Vx, Vy, Vz = masing-masing komponen kecepatan angin dalam arah sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z dalam sistem koordinat siku-siku. Dalam meteorologi, karena angin yang digunakan adalah arah horizontal, beraian diartikan hanya ӘVx/Әx + ӘVy/Әy
(divergence).

berita meteorologi
Berita yang berisi laporan tentang data, analisis dan/atau prakiraan meteorologi.
(meteorological message).
berkas prakiraan penerbangan
Kumpulan dokumen prakiraan cuaca penerbangan yang diberikan kepada penerbang sebelum terbang.
(flight forecast folder).


beting awan
Gerombongan awan padat atau lajur awan panjang tak terputus yang muncul di ufuk semasa datangnya siklon tropik yang kuat.
(cloud bar).


bilangan Reynolds
Bilangan tak berdimensi sebagai nisbah antara kakas dalam dengan kakas kekentalan dalam fluida yang bergerak.
Re = LU/u

dengan L = panjang karakteritik, U = kecepatan karakteristik, dan u = kekentalan kinematik. Bilangan Reynolds sangat penting dalam kaitannya dengan kemantapan hidrodinamik dan terjadinya golak-galik.
(Reynolds number).

BKN
Singkatan dari “broken”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan keadaan langit berawan dengan liputan awan yang terputus-putus atau liputan awan sebanyak 5 – 7 okta.
(BKN).

BL
Singkatan dari “blowing” . Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya tiupan debu (DU), pasir (SA), atau salju (SN), yang terangkat karena angin sampai pada ketinggian 2 meter atau lebih dari permukaan tanah. Dalam hal tiupan salju, tiupan yang dimaksud termasuk salju yang berasal dari awan dan bercampur dengan salju yang terangkat dari permukaan tanah.
(BL).

BLWSingkatan dari “below”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan banglas kurang dari batas minimum, misalnya batas minimum 1500 meter, lapoprannya ditulis “BLW1500M”.
(BLW).

bohorok
Lihat : angin lokal.
(bohorok).
BR
Singkatan atau sandi dalam laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya kabus.
(BR).
BTN
Singkatan dari ”between”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca untuk menyatakan bahwa pesawat terbang yang dalam paras penerbangan yang disebutkan ada di antara lapisan-lapisan awan.
(BTN).

butir hujanTetes air yang garis tengahnya lebih besar dari 0,5 mm yang jatuh dari awn dan yang sampai di bumi. Hujan yang butir hujannya kurang dari 0,5 mm disebut gerimis.
(raindrop).




C
CATSingkatan dari “Clear Air Turbulence”. Lihat: golak-galik udara cerah.
(CAT).

CAVOK
Kata sandi dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan bahwa laporan rinci tidak diperlukan karena cuaca baik. Laporan CAVOK dibuat apabila nilai unsur cuaca berikut ini terjadi secara simultan, yakni :
§ Banglas sebesar atau lebih dari 10 km,
§ Tidak ada awan dibawah 1500 m (500 kaki), atau dibawah ketinggian paling tinggi dari ketinggian bagian bandar udara (bila ada),
§ Tidak ada Kumulonimbus,
§ Tidak ada hujan,
§ Tidak ada badaiguntur,
§ Tidak ada badaipasir,
§ Tidak ada badaidebu,
§ Tidak ada kabut rendah atau debu layang,
§ Tidak ada pasir atau salju.
(CAVOK).

Cb
Singkatan dari “Cumulonimbus”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya Kumulonimbus.
(Cb).
cerah suaianRata-rata terangnya benda dan permukaan di sekitar pengamat yang memberikan kiraan jarak pandang.
(adaptation brightness).

Cu

Singkatan yang digunakan dalam bahasa laporan untuk menyatakan adanya Kumulus.
(Cu).
cuaca
Keadaan udara atau atmosfer di suatu tempat pada suatu saat atau waktu (jam, hari, minggu, bulan, ... dan seterusnya). Dengan definisi tersebut kita dapat mengatakan, misalnya cuaca saat ini, cuaca jam 12, cuaca hari Minggu, cuaca tanggal 17 Agustus, cuaca minggu ini, cuaca bulan September, dst.).
(weather).

cuaca baik
Cuaca yang menyenangkan, umumnya ditandai dengan antara lain : tidak ada hujan, awan rendah yang menutupi langit kurang dari 3 okta, tidak ada fenomena ekstrem misalnya banglas rendah, angin kencang.
(fair weather).

cuaca instrumentCuaca sepanjang jalur penerbangan atau di Bandar udara yang banglasnya cukup rendah sehingga penerbangan perlu menggunakan aturan yang ditetapkan bagi penerbangan yang menggunakan instrumen pemandu penerbangan.
(instrument weather).

cuaca signifikanCuaca atau perubahan kondisi unsur cuaca dan/atau fenomena cuaca yang dipandang berarti bagi keselamatan penerbangan, misalnya badaiguntur aktif, badai salju, badai pasir, gebos kuat, geser angin, banglas sangat rendah kurang dari 300 meter, yang terjadi baik di Bandar udara maupun di jalur penerbangan.
(significant weather).

cuaca terang
Cuaca yang memenuhi bagi penerbangan visual, yaitu penerbangan yang tidak menggunakan instrument pemandu penerbangan.
(contact weather).

curahanAir atau salju yang berasal dari awan dan jatuh mencapai bumi.
(precipitation).
curahan massa udara
Curahan yang hanya dapat dikenali dengan sebaran suhu dan kelembapan udara dalam massa udara. Lihat : hujan curah massa udara.

(air mass precipitation).

curahan setempat
Sama dengan curahan lokal.
(local rain ).

curahan lokal
Curahan yang jatuh pada daerah terbatas kurang dari beberapa km2.
(local precipitation).


D


daerah prakiraanDaerah tertentu yang dimaksudkan dalam prakiraan cuaca.

(forecast area).

dasar awan
Bagian paling bawah dari awan yang tingkat kesuramannya jelas baik dalam keadaan atmosfer cerah maupun kabur, dan jelas baik bagi awan dalam keadaan mengandung butir air maupun mengandung kristal es di dalamnya.
(cloud base).

debu berlian
Jenis curahan berupa kristal es yang sangat kecil, jatuh perlahan-lahan, dan sering terlihat seolah-olah terapung dan gemerlapan di udara. Hanya tampak jelas dalam sinar matahari langsung atau dalam berkas cahaya buatan, dan tidak mengurangi banglas.
(diamond dust).

debu hanyutan
Debu atau pasir yang karena tertiup angin, terangkat sedikit dari permukaan tanah. Dengan adanya debu hanyutan banglas pada paras mata tidak terlalu berkurang.
(drifting dust).
debu layang
Debu atau pasir yang karena tertiup angin, terangkat agak tinggi dari permukaan tanah. Dengan adanya debu layang banglas pada paras mata sangat berkurang.
(blowing dust).
debu vulkanik
Debu atau partikel yang disemburkan oleh gunung api yang meletus. Debu atau partikel tersebut dapat tetap berada di atmosfer dalam jangka waktu lama dan dapat dibawa angin jauh ke tempat lain. Dengan demikian debu letusan gunung dapat menimbulkan dampak luas bagi penerbangan.
(volcanic dust).

DEGN
Singkatan dari “Degree Negative”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa derajat suhu yang dilaporkan adalah negatip atau di bawah nol derajat.
(DEGN).

deklinasi magnet
Sudut antara meridian geografi dan meridian magnet atau sudut antara arah utara sebenarnya dan arah utara magnet. Disebut juga: sudut deklinasi.
(magnetic declination).
diagram aerologi
Diagram termodinamik yang digunakan untuk analisis aerologi dan sinoptik. Diagram tersebut memuat garis-garis lengkung yang digunakan untuk acuan penggambaran hasil untingan. Garis-garis acuan tersebut antara lain isotherm, garis adiabat kering, garis adiabat jenuh, garis kelembapan jenuh.

(aerological diagram)

DIFSingkatan dari “diffuse”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya dasar awan baur dan tidak rata sehingga sulit ditentukan ketinggiannya.
(DIF).


DMOSingkatan dari “Dependent Meteorological Office”. Lihat: kantor meteorologi pembantu.
(DMO).
dokumen penerbanganDokumen dalam bentuk tulisan atau cetakan, termasuk peta atau formulir, yang berisi informasi meteorologi untuk penerbangan.
(flight document).

downwind
Arah yang searah arah angin.
(hilir angin).

DP
Singkatan dari “Dew Point”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah suhu titik embun.
(DP).

DR
Singkatan dari “drifting” . Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah hanyutan rendah dari debu, pasir, atau salju karena angin. Laporan dibuat apabila debu, pasir, atau salju hanyutan tersebut melayang pada ketinggian kurang dari 2 meter dari permukaan tanah.
(DR).
DSSingkatan dari “duststorm”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya badai debu.
(DS).
DUSingkatan dari “dust”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya debu. Laporan dibuat apabila debu mengakibatkan banglas kurang dari 3000 meter.
(DU).
duplikatusVarietas awan berupa susunan lapisan-lapisan yang bertindih, lembaran, atau kelompok, pada berbagai paras yang berdekatan, atau kadang-kadang menyatu.
(duplicatus).
DZSingkatan dari “drizle”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya gerimis.
(DZ).



E

elektrometeorFenomena elektrik yang terjadinya berkaitan dengan kadar muatan listrik udara, misalnya kilat, badai guntur, aurora. Terjadinya kilat dan badaiguntur berkaitan dengan Kumulonimbus; oleh karena itu badaiguntur termasuk fenomena campuran antara fenomena hidrometeor dan fenomena elektrometeor.
(electrometeor).

elevasiKetinggian suatu titik pada permukaan bumi di atas bidang acuan, misalnya diatas paras rata-rata muka laut.
(elevation).

elevasi bandar udaraElevasi titik tertinggi pada daerah pendaratan di Bandar udara.
(aerodrome elevation).
.
emagram
Singkatan dari “energy per unit mass diagram”. Diagram termodinamik yang dirancang oleh A. Refsdal dengan suhu sebagai absis dan logaritma tekanan sebagai ordinat. Garis-garis adiabat kering, adiabat jenuh dan kelembapan berbentuk garis lengkung. Dengan diagram tersebut besarnya energi dari suatu proses dapat dihitung dengan rumus:
E = R § T/p dp,

dengan T = suhu, p = tekanan, R = konstanta gas universal.
(emagram).

EMBDSingkatan dari “embeded”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya Kumulonimbus yang menancap pada awan lain.
(EMBD).

energi golak-galik
Energi kinetic yang berkaitan dengan komponen gerak golak-galik, yang bila dituliskan dalam rumus sebagai :
E = ρ(V’)2/2,
dengan ρ = rapat massa, dan V’ = kecepatan olak.
(turbulence energy).
es hitam
Lapisan es tipis dan baru, pada air tawar atau air asin, yang tampak gelap karena sifat tembus cahaya. Sering terdapat di permukaan jalan aspal atau air yang suhunya dibawah 0 oC.
(black ice).

ETA
1) Singkatan dari “Estimate Time of Arrival.” Digunakan untuk menyatakan perkiraan tibanya pesawat terbang di suatu Bandar udara.
2) Waktu tiba kiraan.
(ETA).

F


FBLSingkatan yang digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan intensitas ringan dari suatu fenomena yang dilaporkan.
(FBL).
FCSingkatan dari “funnel cloud”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya awan corong.
(FC).

fenomena cuaca
Berbagai keadaan yang terdapat dalam atmosfer yang timbulnya berkaitan dengan keadaan udara. Ada empat jenis fenomena cuaca yakni : hidrometeor, litometeor, fotometeor, dan elektrometeor.
(weather fenomena).
fenomena ekstremFenomena cuaca yang sangat kuat dan berpotensi mengganggu atau merusak.
(extreme fenomena).
FGSingkatan dari “fog”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya kabut.
(FG).
fibratusSpesies awan yang dicirikan oleh susunan seperti serabut halus atau bergurat, ujungnya tipis. Fibratus terdapat utamanya pada Sirus dan Sirostratus.
(fibratus).


FIFOR(1) Kata singkatan dari “Flight Forecast”.
(2) Prakiraan Cuaca Penerbangan.
(FIFOR).
flokusSpesies awan yang unsur-unsurnya berjumbai kecil, tampak berbentuk kemawang atau bundar; bagian bawahnya seperti bergerigi dan sering disertai virga. Spesies tersebut terdapat pada Sirus, Sirokumulus, Altokumulus, dan kadang-kadang pada Stratokumulus.

(flocus).
FLUC
Singkatan dari “fluctuate”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya dasar awan berubah-ubah sehingga tidak rata dan sulit ditentukan ketinggiannya.
(FLUC).

fohn
Angin kering dan panas di sisi lindung angin barisan gunung. Terjadi karena angin yang membawa udara mantap melintasi gunung. Lhat: kemantapan.
(fohn).
fotometeor
Fenomena optik yang berkaitan dengan pembiasan (refraksi), pemantulan (refleksi), penguraian (difraksi), dan interferensi cahaya matahari atau cahaya bulan selama melewati atmosfer. Fotometeor ditimbulkan oleh adanya perbedaan suhu dan kerapatan lapisan-lapisan udara, atau karena adanya partikel atau butir-butir air, butir atau kristal es di dalam udara. Fotometeor dapat timbul pada waktu udara cerah atau panas (misalnya fatamorgana, mirats, benda-benda yang terlihat bergoyang). Selain itu dapat timbul pada awan atau di dalam awan, atau di dalam hidrometeor atau litometeor (misalnya halo, pelangi. busur kabut, cincin Bishop). Karena udara berlapis-lapis maka peristiwa pembiasan, pemantulan, penguraian, dan interferensi di dalam udara terjadi berkali-kali sehingga benda yang kita lihat tidak tampak seperti atau pada tempat yang sebenarnya. Makin jauh letaknya kesalahan tersebut makin besar.
(photometeor).

fraktus
Spesies awan yang unsurnya tidak beraturan, berukuran kecil, bergerigi, dan terurai seperti tersobek-sobek. Bentuk-bentuk tersebut cepat berubah. Fraktus dapat terjadi pada Stratus, Kumulus.
(fractus).
frekuensi langkisauBanyaknya langkisau yang terjadi selama suatu selang waktu.
(gust frequency).
FRQ
Singkatan dari “frequent”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya Kumulonimbus yang bersambungan atau sedikit terpisah.
(FRQ).

FU
Singkatan yang digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya asap yang mengakibatkan banglas kurang dari 3000 meter.
(FU).

FZSingkatan dari “freezing”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya semua jenis pembekuan, baik yang berupa pembekuan kabut, gerimis, maupun hujan.
(FZ).



G
gangguan; usikan
(1) Tekanan rendah atau siklon yang ukuran dan pengaruhnya kecil.
(2) Cuaca (suhu, tekanan, angin, dll,) di suatu daerah yang menunjukkan tanda-tanda berkembangnya peredaran siklon, misalnya pada siklon tropik, pusaran.
(3) Penyimpangan aliran atau tekanan yang berkaitan dengan kejadian terganggunya cuaca, misalnya keawanan dan endapan.
(4) Sistem peredaran tersendiri yang terdapat dalam peredaran atmosfer utama.
(disturbance).

gangguan tropikGangguan di kawasan tropik.
(tropical disturbance).
garis anginGaris-garis lengkung pada suatu peta yang setiap titik pada garis tersebut adalah titik singgung vektor angin pada tempat itu.
(streamline).

garis gebosDeretan fenomena golakan ganas sepanjang garis atau pias tetapi tidak bersifat seperti perenggan.
(squall line).
garis kabur
Permukaan batas di atmosfer antara lapisan kabur dan bagian terang di atasnya. Batas tersebut merupakan puncak dari lapisan kabur.
(haze line).

gawar
Berita meteorologi yang berisi peringatan untuk berhati-hati atau mengambil langkah-langkah tertentu berkaitan dengan prakiraan akan adanya cuaca signifikan atau fenomena ekstrem.
(warning).

gawar angin ribut
Gawar akan terjadinya angin ribut.
(gale warning).

gawar badai
Gawar akan terjadinya badai.
(storm warning).

gawar meteorologiSama dengan gawar.
(meteorological warning).
gawar topan
Gawar akan terjadinya topan.
(hurricane warning).
gebosFenomena atmosfer yang dicirikan dengan perubahan kecepatan angin yang sangat besar disertai hujan curah dari badaiguntur. Gebos berawal dengan mendadak, lamanya beberapa menit, dan kecepatannya juga berkurang secara mendadak.
(squall).
gebos garisGebos yang terjadi sepanjang garis gebos.

(line squall).

gebos guntur
Gabungan badaiguntur dan gebos.
(thundersquall).


gebos lengkung
Gebos di kawasan tropik yang bentuk awannya berupa lengkungan atau gulungan tebal. Gebos lengkung termsuk badai yang ganas.
(arch squall).

gebos putih
Gebos mendadak di kawasan perairan tropik atau subtropik yang tidak tampak awan gebosnya melainkan hanya tanda mendekatnya berupa garis patahan atau tudung air yang berwarna keputih-putihan.
(white squall).

gelombang topan
Kenaikan tiba-tiba paras muka laut yang berkaitan dengan topan; biasanya terjadi di sekitar pulau dan sepanjang pesisir. Di daerah lintang rendah, gelombang topan biasanya terjadi di dekat pusat badai. Bila topan bergerak ke daerah lintang yang lebih tinggi gelombang terbesar hanya tampak terpusat di bagian setengah lingkaran bahaya.
(hurricane wave).
gending
Lihat : angin lokal.
(gending).
genera awanKlasifikasi awan berdasarkan bentuk dan ciri-ciri utama. Ada sepuluh genera yakni: Sirus (Ci), Sirokumulus (Cc), Sirostratus (Cs), Altokumulus (Ac), Altostratus (AS), Stratus, (St), Stratokumulus (Sc), Kumulus (Cu), Kumulonimbus (Cb), dan Nimbostratus (Ns).
(cloud genera).
geopotensialPotensial yang berkaitan dengan percepatan gravitas bumi. Nilainya setara dengan kerja yang harus dilakukan melawan gravitas bumi untuk menaikkan massa satu satuan massa dari permukaan laut ke suatu tempat yang dimaksud. Dalam fisika dinyatakan dengan rumus :

Ф = ∫ gdz,

dengan g = percepatan gravitas bumi, dan z menyatakan tinggi dari permukaan bumi.
(geopotential).

gerimisCurahan berupa tetes-tetes air halus yang garis tengahnya kurang dari 0,5 mm, tersusun seragam dan rapat.
(drizzle).
gerimis bekuGerimis yang butir-butir airnya membeku ketika sampai di tanah, atau ketika membentur permukaan benda di permukaan bumi, atau ketika membentur pesawat terbang yang sedang dalam penerbangan.
(freezing drizzle).

gerombongan awan
Awan atau sistem awan tertentu yang bersambungan atau hampir bersambungan pada paras yang sama. Biasanya ukuran mendatarnya panjang, tetapi hanya menutupi sebagian kecil langit.
(cloud bank).

gerombongan kabutKabut, atau sistem kabut pada daerah sempit dengan lebar beberapa ratus meter. Umumnya timbul karena pengaruh keadaan setempat.
(fog bank).
geser anginKadar perubahan vektor angin dalam suatu arah.

(wind shear).


geser angin horizontal
Geser angin dalam arah mendatar. Bila (V) vektor angin, geser angin horizontal dinyatakan dengan ӘV/Әn.
(horizontal wind shear).

geser angin vertikal
Geser angin dalam arah menegak. Bila (V) vektor angin, dalam sistem koordinat tekanan, geser angin menegak dinyatakan dengan ӘV/Әp; dan dalam sistem koordinat ketinggian dinyatakan dengan ӘV/Әz .
(vertical wind shear).

GMT
LIhat: Waktu rata-rata Greenwich.
(GMT).

golakan
Gerak terorganisasi dalam udara yang memandu pengangkutan bahang, momentum, dlsb. dalam arah menegak.
(convection).
golak-galikGoncangan akibat bertumpuknya gerak rata-rata udara yang tidak teratur dan dalam keadaan terus berubah.
(turbulence).

golak-galik udara cerah(1) Golak-galik yang tidak berkaitan dengan awan.
(2) Golak-galik yang dirasa oleh pesawat terbang yang sedang terbang dalam udara yang tidak berawan. Sebab utama timbulnya golak-galik udara cerah adalah pemanasan dan geser angin. Penemuan terakhir menunjukkan posisi arus jet di udara atas juga penyebab timbulnya golak-galik udara cerah.
(clear air turbulence).

GRSingkatan yang digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya salju hujan batu dan/atau gentel salju. Digunakan apabila garis tengah butirn yang diamati sebesar 5 mm atau lebih.
(GR).

GS
Singkatan yang digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya hujan salju dan/atau gentel salju. Digunakan apabila apabila garis tengah butir gentel salju yang ada sebesar 5 mm atau lebih.

(GS).

H

habub
Angin kencang dan badai pasir atau badaidebu yang sering terjadi di Sudan bagian utara dan bagian tengah, utamanya sekitar Khartun. Hab dapat terjadi di sembarang bulan kecuali Nopember; yang sering dalam bulan Mei sampai September, dan yang paling sering dalam bulan Juni. Dapat datang dari arah mana saja, tetapi umumnya dari utara pada waktu musim dingin, dan dari tenggara atau timur pada waktu musim panas. Kecepatan angin lebih dari 50 km/jam dan pernah mencapai 100 km/jam. Kata “habb” berasal dari bahasa Arab yang artinya “angin”.
(haboob).
halo
Salah satu dari macam fenomena fotometeor atau fenomena optik atmosfer; bentuknya berupa busur lingkaran berwarna keputih-putihan yang terdapat di sekeliling bulan atau matahari. Fenomena tersebut terjadi karena sinar matahari atau sinar bulan dibiaskan oleh kristal-kristal es dalam Sirus atau di balik udara yang banyak mengandung kristal es yang saat itu menutupi bulan atau matahari.
(halo).

harNama setempat bagi kabut laut atau gerimis sangat halus yang datang dari laut di daerah pantai timur Scotlandia dan di timur laut Inggris. Har sering terjadi dalam musim panas di daerah tersebut.

(har).

hari aerologi
Hari-hari yang khusus dilakukannya pengamatan udara atas selama Tahun Kutub Internasional (tahun dilakukannya .kegiatan pengamatan fenomena geofisika di kutub arktik dalam tahun 1882 – 1932)
(aerological days).
harmatanAngin kering dan membawa debu yang terdapat di Afrika Barat, bertiup dari timur laut atau timur. Harmatan umumnya terjadi dalam bulan Nopember sampai Maret.
(harmatan).
hidrometeor
Fenomena, kecuali awan, yang timbulnya berkaitan dengan air; misalnya embun, kabut, hujan, salju.

(hydrometeor).

HIFOR(1) Singkatan dari “High Level Forecast”.
(2) Prakiraan keadaan udara pada paras atas.
(HIFOR).
hPa
(1) Singkatan dari “hectopascal”.
(2) Satuan ukuran tekanan atmosfer. 1 hPa = 1 milibar (mb). Lihat: bar.
(hPa).
hujanCurahan berupa air, salju, atau butir-butir es yang jatuh sampai di permukaan bumi. Bila berupa air, garis tengah butir-butir airnya lebih dari 0,8 milimeter. Selain kelebatannya dapat mengurangi banglas dan jarak pandang landasan pacu, genangan air hujan di landasan pacu dapat mengganggu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang. Parameter yang penting dari hujan bagi penerbangan adalah intensitasnya. Intensitas hujan adalah banyaknya curah hujan selama waktu hujan. Bila selama hujan banyaknya curah hujan = r dan hujan berlangsung selama t menit, maka intensitas rata-rata I = r/t mm/menit.
(rain).


hujan badaiBadai dengan hujan yang sangat deras dan berlangsung dalam waktu agak pendek.
(cloud burst).

hujan batu, hujan es
Hujan berupa butir-butir es yang terpisah-pisah atau bergabung menjadi gumpalan. Garis tengah butir antara 5 dan 50 mm, kadang-kadang dapat lebih. Di Indonesia hujan es umumnya berasal dari Kumulonimbus atau Kumulus yang tinggi.
(hail).
hujan bekuHujan yang tetesannya membeku pada saat mengenai tanah atau benda-benda di permukaan bumi, atau pada pesawat yang sedang terbang.
(freezing rain).
hujan buatanHujan yang dihasilkan dari rekayasa manusia terhadap awan.
(artificial precipitation).
hujan curahHujan deras, dalam waktu singkat, yang berasal dari awan golakan. Butir-butir tetes airnya berukuran lebih besar daripada butir tetes dari hujan jenis lain. Umumnya hujan curah dapat dikenali dari keadaan langit yang berubah cepat menjadi cerah setelah hujan.
(shower).

hujan curah massa udaraHujan curah yang biasanya terjadi karena golakan lokal dalam massa udara takmantap. Hujan curah tersebut selalu berkaitan dengan perenggan. Bila disertai kilat dan guntur, badaiguntur yang menyertai disebut badai guntur massa udara.
(air mass shower).


hujan golakan.Sama dengan hujan curah.
(convective rain)

hujan lebat
Hujan yang laju akumulasinya atau intensitasnya lebih dari 7,6 mm/menit.
(heavy rain).
hujan lumpur
Hujan yang berisi partikel-partikel pasir atau debu.
(mud rain).
hujan merahHujan berwarna merah karena mengandung debu atau bahan lain yang meninggalkan warna merah di permukaan bumi.
(blood rain).

hujan orografi
Hujan yang berasal dari awan orografik.
(orographic rain).
hujan ringanHujan yang laju akumulasinya atau intensitasnya kurang dari 0,5 mm/menit.
(light rain).
hujan salju
Curahan berupa salju.
(rain snow).

hujan salju campur
Curahan berupa campuran dari air dan salju.
(sleet).

hujan siklonHujan diatas daerah golakan skala besar yang berkaitan dengan daerah tekanan rendah atau perenggan.
(cyclonic rain).
humilis
Spesies awan pada Kumulus yang dicirikan dengan bentuk menegak tetapi kecil, ceper, atau kerdil. Humilis hanya terdapat pada Kumulus, dan terjadi apabila di atas awan terdapat lapisan sungsangan suhu yang kuat sehingga awan tidak dapat menembusnya. Dengan spesies tersebut dikenal Kumulus humilis.
(humilis).
huruf sandi
Huruf atau kelompok huruf dalam berita meteorologi yang mempunyai arti tertentu.
(code letter).
HVY
Singkatan dari “heavy”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan intensitas kuat dari suatu fenomena, misalnya intensitas dari fenomena : debu , hujan curah, pasir, salju, badai pasir, badai salju, awan corong.
(HVY).
HZ
Singkatan dari “haze”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya udara kabur. Lazimnya digunakan untuk laporan kabur yang mengakibatkan banglas kurang dari 3000 meter.
(HZ).

I

ibun
Butir-butir air beku di permukaan benda atau bumi yang terjadi ketika suhu permukaan bumi turun smpai dibawah 0 oC. Ibun dapat terlihat dalam berbagai bentuk, misalnya ibun basah atau putih, ibun kering atau ibun hitam.
(frost).

ibun kristalTumpukan es berupa kristal, biasanya berbentuk sisik, jarum, bulu atau kipas, yang terjadinya serupa dengan embun, tetapi pada suhu dibawah 0 oC.
(hoarfrost).

IC
Singkatan dari “ice crystal”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya debu mutiara berupa kristal es. Lazimnya digunakan apabila adanya debu mutiara tersebut bersamaan dengan banglas sejauh 3000 meter atau kurang.
(IC).
ICAO
Singkatan dari “International Civil Aviation Organization”. LIhat: Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.
(ICAO).
IFR
Singkatan dari “Instrument Flight Rules”. Digunakandalam penerbangan yang menggambarkan keadaan banglas yang berkurang sehingga penerbang harus menggunakan peraturan terbang instrument.
(IFR).

ikhtisar klimatologi bandar udaraIkhtisar nilai statistik unsur meteorologi tertentu pada suatu Bandar udara.
(aerodrome climatological summary).

indeks pengesanBilangan yang menunjukkan kemungkinan intensitas pengesan dalam keadaan meteorologi dan keadaan penerbangan tertentu.
(icing index).

inkusBentuk awan tambahan yang terdapat pada bagian atas Kumulonimbus. Merentang luas sehingga puncak landasan tempa terlihat halus dan berserabut atau bergaris-garis.
(incus).

intensitas pengesanNisbah massa es yang terbentuk pada satu satuan luas permukaan objek dan waktu berlangsungnya pengesan.
(icing intensity).
intortus
Salah satu varietas awan berbentuk melengkung tak tentu arah dan berbelok-belok. Terdapat pada Sirus.
(intortus).

INTSF
Singkatan dari “intensifying”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya fenomena yang berkembang makin kuat; biasanya digunakan untuk penguatan perenggan.
(INTSF).
ionosferLapisan atmosfer yang ditandai dengan kepadatan ion tinggi. Letaknya pada ketinggian antara 70 - 80 km dan sampai tak hingga. Ion-ion tersebut terbentuk oleh adanya reaksi foto kimia dari sinar ultraviolet. Ketinggian dan tebalnya ionosfer berbeda-beda. Lapisan ionosfer yang terletak di ketinggian sekitar 70 km dikenal dengan nama lapisan D. Lebih atas dari lapisan D juga terdapat banyak ion. Ion-ion tersebut letaknya tersebar; tetapi ada daerah-daerah yang kadar ionnya tinggi yang juga sering dicirikan sebagai lapisan. Dari ketinggian dan macam ionnya, lapisan-lapisan tersebut dibedakan dan diberi nama lapisan E, F1 dan F2. Lapisan E terdapat pada ketinggian antara 90 km dan 120 km; Ion di dalamnya terbentuk utamanya dari sinar X.. Lapisan F terdapat pada ketinggian antara 150 km dan 300 km; ion-ion di lapisan ini utamanya dihasilkan dari sinar ultraviolet. Lapisan F1 mengandung banyak atom oksigen, sedangkan lapisan F2 banyak mengandung ion nitrogen. Lapisan-lapisan ion dalam termosfer tersebut sangat penting dalam kaitannya dengan telekomunikasi karena berfungsi sebagai pemantul gelombang radio sehingga memungkinkan hubungan radio di seluruh tempat dapat dilakukan. Pada masa matahari sangat aktif, kadar ion tersebut bertambah dan banyak meredam gelombang radio sehingga telekomunikasi radio mudah terganggu.
(ionosphere).
isalobarGaris pada peta sebaran tekanan yang menghubungan tempat-tempat yang mempunyai perubahan tekanan sama selama selang waktu tertentu. Isalobar kadang-kadang digambar pada peta sinop, digunakan sebagai pembantu untuk membuat prakiraan gerak pola sebaran tekanan. (isallobar).
isobarGaris pada peta sebaran tekanan yang menghubungan tempat-tempat yang tekanannya sama.
(isobar).

isogonGaris pada peta sebaran angin yang menghubungan tempat-tempat yang arah anginnya sama.
(isogone).

ISOLSingkatan dari “isolated”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya Kumulonimbus yang terpencil.
(ISOL).
isonephGaris pada peta sebaran awan yang menghubungan tempat-tempat yang banyak awannya sama.
(isoneph).
isopletGaris pada peta sebaran unsur cuaca yang menghubungan tempat-tempat yang nilai unsurnya sama.
(isopleth).
isotak
Garis pada peta sebaran angin yang menghubungan tempat-tempat yang kecepatan anginnya sama.
(isotach).
isovel
Sama dengan isotak.
(isovel).



J
jam sinop
Waktu, dinyatakan dalam UTC (dahulu menggunakan GMT), yang disepakati secara internasional, saat dilakukannya pengamatan cuaca secara serempak di seluruh dunia.
(synoptic hour).
jam sinop antaraJam sinop 03, 09, 15, dan 21 UTC.
(intermediate synoptic hour).
jam sinop utamaJam sinop 00, 06, 12, dan 18 UTC.
(main synoptic hour).
jarak pandangSama dengan banglas.
(visual range).
jarak pandang condong
Sama dengan banglas condong.
(oblique visual range).
jarak pandang landasan pacuJarak, apabila penerbang di pesawat terbang yang berada di garis tengah landasan pacu dapat melihat marka permukaan landasan atau lampu-lampu di sepanjang landasan atau pengenal garis tengah landasan pacu tersebut.
(runway visual range).

jarak pandang mendatar
Sama dengan banglas mendatar.
(horizontal visual range).
jebun
Jejak pengembunan. Garis-garis putih yang terbentuk di belakang mesin pesawat terbang. Jejak pengembunan terjadi karena pengembunan uap air yang dilewati gas buang mesin pesawat terbang. Jejak pengembunan timbul dari sedikit kemudian membesar dan cepat menghilang. Bila udara cukup lembap dapat bertahan lebih lama.
(constrail).

jejak aerodinamik
Jejak pengembunan yang terbentuk utamanya di olakan dekat ujung sayap pesawat dan ujung baling-baling karena udara memuai dengan cepat pada saat dilalui pesawat terbang.
(aerodynamic trail).

jejak buangan
Jejak pengembunan yang terbentuk apabila uap air dari gas buangan pesawat terbang tercampur dan menjenuhkan udara di belakang pesawat terbang.
(exhaust trail).

jejak lesap
Daerah terang berbentuk garis tak berawan di belakang pesawat terbang yang terbang di dalam lapisan awan tipis. Lawan dari jejak pengembunan.
(dissipitation trail).

jejak pengembunan
Sama dengan jebun.
(condensation trail).

jejaring meteorologiKelompok stasiun meteorologi yang tersebar di suatu daerah tertentu yang saling berhubungan.
(meteorolocgical network).

jumlah awan(1) Banyaknya awan yang menutupi langit.
(2) Luas langit yang tertutup awan. Lihat: okta.
(cloud amount).
K

kabur(1) Jenis litometeor berupa butir-butir debu atau garam yang tersebar di dalam sebagian atmosfer. Butir-butir tersebut demikian kecil sehingga tak dapat dirasa dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi mengurangi jarak pandang mendatar dan membuat atmosfer pudar.
(2) Kesuraman atmosfer ditimbulkan oleh adanya litometeor berupa butir-butir debu atau garam yang tersebar di dalamnya.
(haze).

kabur garam
Kabur yang ditimbulkan oleh pecahan-pecahan halus dari partikel garam laut. Partikel-partikel garam tersebut biasanya terbawa oleh uap dari penguapan air laut.
(salt haze).

kabus
Kesuraman atmosfer yang ditimbulkan oleh adanya butir-butir mikroskopik menempel pada butir-butir bahan higroskopik.
(mist).

kabut(1) Kesuraman pada lapisan atmosfer dekat permukaan bumi yang ditimbulkan oleh adanya butir-butir air, atau kristal es, dengan atau tanpa partikel asap, dan yang didefinisikan secara internasional dapat menimbulkan banglas kurang dari 1 km.
(2) Kelompok butir-butir air sangat kecil dengan garis tengah lebih kecil dari 10 mikrometer yang melayan-layang di dekat permukaan bumi.
(fog).
kabut campurKabut, tipis dan umurnya hanya berlangsung dalam waktu singkat, yang dihasilkan oleh percampuran dua massa udara lengas yang tidak jenuh dan berbeda suhunya.
(mixing fog).

kabut esKabut yang terdiri atas ampaian kristal es halus.
(ice fog).

kabut kukus, kabut uapKabut yang terbentuk apabila uap air masuk ke dalam udara yang suhunya jauh lebih rendah daripada suhu sumber uap air.
(steam fog)

kabut laluan perenggan.
Kabut perenggan yang dihasilkan dari percampuran massa udara panas dan massa udara dingin dalam daerah perenggan atau yang dihasilkan dari pendinginan mendadak udara di atas tanah yang lengas.
(frontal passage fog)
kabut lataan
Kabut yang terbentuk dari udara yang suhunya turun sampai dibawah titik embun sewaktu udara tersebut mengalir di atas permukaan yang dingin.
(advection fog).
kabut lautKabut yang terbentuk ketika udara yang ada di atas permukaan air laut yang panas bergerak di atas permukaan air laut yang lebih dingin. Lihat: kabut kukus, kabut uap.
(sea fog).

kabut monsunKabut tipis di kawasan pantai selama masa monsun, yang terbentuk karena udara lengas panas terangkat di atas permukaan yang lebih dingin.
(monsoon fog).
kabut perenggan
Kabut yang berkaitan dengan daerah perenggan dan laluan perenggan.
(frontal fog ).

kabut perenggan dinginKabut perenggan di belakang perenggan dingin yang terjadi karena hujan yang jatuh ke udara dingin yang mantap dan naiknya suhu titik embun.
(cold front fog).

kabut perenggan panas
Kabut perenggan di depan perenggan panas yang terjadi karena hujan yang jatuh ke udara dingin yang mantap dan naiknya suhu titik embun.
(warm front fog).

kabut sinaranKabut yang biasanya terbentuk di atas daratan pada malam hari apabila sinaran yang keluar dari permukaan tanah menurunkan suhu udara dekat permukaan tanah sampai dibawah titik embun. Setelah ada sinar matahari kabut sinaran terangkat dan kemudian menghilang.
(radiation fog).

kabut sungsangan tinggi
Kabut yang timbul karena berkembangnya lapisan Stratus di bawah lapisan sungsangan ke arah bumi.
(high inversion cloud).
kabut tanah
Kabut yang menutupi kurang dari 0,6 bagian langit dan ketinggiannya tidak mencapai dasar awan yang ada di atasnya. Lihat: kabut sinaran.
(ground fog).

kabut udara tropikKabut lataan yang terbentuk di atas lautan tropik.
(tropical air fog).
kakas aerodinamikKakas yang diberikan oleh fluida yang bergerak kepada benda yang seleuruhnya ada di dalam fluida tersebut. Besarnya sebanding dengan : ρm2 L2 (Re)n
dengan ρ = rapat massa fluida, m = kecepatan arus yang tidak terganggu relative terhadap benda, L = dimensi linear karakteristik benda, dan (Re)n bilangan Reynolds pangkat n. Hubungan tersebut dikenal sebagai rumus Rayleigh.
(aerodynamic force).

kakas angkat bebas
Kekuatan naik sebenarnya dari balon yang diisi gas; biasanya dinyatakan dalam gram.
(free lift).

kakas angkat totalKakas angkat yang besarnya sama dengan kakas angkat bebas ditambah dengan berat balon dan perlengkapan yang digantungkan.
(total free lift).

kakas apungLihat : keapungan.
(buoyancy force).

kakas apung Archimedes
Lihat: keapungan.
(Archimedes buoyancy force).
kantong anginAlat berbentuk kerucut yang dibuat dari kain yang diikatkan pada suatu tiang dan dapat berputar serta berkibar menurut arah dan kecepatan angin. Kantong angin biasanya dipasang di dekat landasan pacu atau di tempat-tempat pendaratan pesawat terbang untuk memberi petunjuk adanya angin.
(wind shock).

kantor jaga meteorologiStasiun Meteorologi yang diberi tugas setiap waktu melakukan pengamatan dan memberikan informasi cuaca wilayah penerbangan yang ditetapkan.
(meteorological watch office).

kantor meteorologi bandar udaraStasiun Meteorologi di Bandar udara yang bertugas memberi pelayanan informasi meteorologi untuk penerbangan.
(aerodrome meteorological office).
kantor meteorologi pelengkap; stasiun meteorologi pelengkap
Stasiun Meteorologi yang menurut ketentuan Organissasi Penerbangan Sipil Internasional diberi wewenang memberi informasi meteorologi kepada petugas penerbangan mengenai : (a) informasi meteorologi sesuai yang diterima dari kantor meteorologi utama atau kantor meteorologi pembantu, (b) laporan meteorologi setempat.
(supplementary meteorological office).
kantor meteorologi pembantu; stasiun meteorologi pembantuStasiun Meteorologi yang menurut ketentuan Organissasi Penerbangan Sipil Internasional diberi wewenang untuk : (a) menyiapkan prakiraan cuaca atas bimbingan kantor meteorologi utama, (b) memberi informasi meteorologi dan melakukan taklimat kepada petugas penerbangan, (c) memberi informasi meteorologi yang diperlukan kantor meteorologi tambahan di lingkungannya yang ditentukan.
(dependent meteorological office).


kantor meteorologi utama; stasiun meteorologi utamaKantor Meteorologi yang menurut ketentuan Organissasi Penerbangan Sipil Internasional diberi wewenang untuk : (a) menyiapkan prakiraan cuaca, (b) memberi informasi meteorologi dan melakukan taklimat kepada petugas penerbangan, (c) memberi informasi meteorologi yang diperlukan Kantor Meteorologi Pembantu di lingkungannya yang ditentukan.
(main meteorological office).

kapilatusSpesies awan berbentuk landasan tempa atau cerobong, atau jembangan, yang berserabut seperti rambut terurai yang terdapat pada Kumulonimbus. Kumulonimbus kapilatus biasanya dapat menimbulkan hujan curah dan badaiguntur, sering dengan gebos, dan kadang-kadang disertai hujan batu. Selain itu di bagian bawah awan sering terjadi virga.
(capilatus).

kastelanusDahulunya disebut kastelatus. Spesies awan berbentuk jambul dan tinggi seperti menara sehingga membuat awan tampak megah yang terdapat pada Kumulus. Ukuran tinggi menara lebih besar dibandingkan dengan ukuran lebarnya. Dasar awan tampak bersambungan dan teratur dalam garis-garis. Ciri kastelanus lebih jelas bila dilihat dari samping. Kastelanus juga dapat timbul pada Sirus, Sirokumulus, Altokumulus, dan Stratokumulus.
(castellanus).

keapungan(1) Sifat objek yang mengapung pada permukaan benda cair, atau naiknya dari suatu permukaan melayang dalam fluida (misalnya atmosfer). Secara kuantitatif dinyatakan sebagai perbandingan antara berat spesifik fluida dan berat spesifik objek; atau berat fluida yang terpindahkan oleh berat objek.
(2) Disebut pula kakas apung atau kakas apung Archimides, yang dalam fisika dituliskan dalam rumus : F = g(ρo – ρ)/ρ, dengan g = percepatan gravitas bumi, ρo = rapat masa fluida, dn ρ = rapat massa objek yang mengapung. Dalam atmosfer keapungan gugus udar berkaitan dengan suhu atmosfer dan suhu gugus udara, yang dinytaka dengan rumus :
F = g(T – To)/ To, dengan T dan To masing-masing adalah suhu gugus udara dan suhu udara di luarnya. (T – To)/ To sering disebut “faktor keapungan”
(buoyancy).
kecepatan angin
Laju angin, dinyatakan dengan knot ( 1 knot = 1,8 mil/jam), kilometer per jam (km/j), atau meter per detik (m/dt).
(wind velocity/speed).

kecepatan bumiKecepatan benda yang bergerak dalam udara (atmosfer), misalnya pesawat terbang, yang diukur terhadap permukaan bumi.
(ground speed)
kecepatan puncak langkisauKecepatan angin seketika pada saat amplitudo langkisau tercapai.
(gust peak speed).

kecepatan udaraKecepatan benda dalam udara relative terhadap atmosfer. Lihat: kecepatan bumi.
(airspeed).

kedalaman salju
Jarak menegak dari permukaan salju ke permukaan tanah di bawahnya dengan anggapan bahwa permukaan salju berbentuk rata sejajar permukaan tanah.
(depth snow).
kekeruhan
Pengurangan keterawangan atmosfer yang terjadi karena adanya penyerapan dan hamburan sinaran matahari yang dilakukan oleh partikel-partikel padat atau cair di dalam atmosfer.
(turbidity).

kelembapan mutlakKelembapan mutlak atau nisbah campur adalah perbandingan antara massa uap air dan massa udara kering dalam tiap satuan volume udara. Misalkan dalam 1m3 udara terdapat mv uap air dan md udara kering, maka kelembapan mutlak atau nisbah campurnya sebesar :
r = mv / md
(absolute humidity).

kelembapan nisbiNilai perbandingan antara tekanan uap air yang ada pada saat pengukuran dan besarnya tekanan uap air maksimum yang dapat dicapai pada suhu dan tekanan udara pada saat itu. Apabila tekanan uap air pada saat itu sebesar e milibar, dan tekanan uap maksimum em milibar maka kelembapan nisbi : H = e/em x 100 % ; dengan e = tekanan uap, dan em tekanan uap maksimum pada suhu saat pengukuran. Udara yang suhunya tinggi mempunyai kemampuan menyimpan uap air lebih banyak dibandingkan dengan udara yang suhunya lebih rendah. Oleh karena itu apabila ke dalam udara yang suhu dan tekanannya tetap dimasukkan uap air sebanyak-banyaknya, pada suatu saat uap air yang ada dalam udara tidak lagi bertambah karena sebagian ada yang mengembun kembali menjadi air. Dalam keadaan seperti itu udara disebut “jenuh” dengan uap air. Tekanan uap air pada saat jenuh tersebut mencapai maksimum. Jadi makin tinggi suhunya makin tinggi tekanan uap air maksimum yang dapat dicapai.
(relative humidity).
kelembapan spesifikNilai perbandingan antara massa uap air dan massa udara dalam tiap satuan volume udara. Misalkan dalam 1m3 udara mengandung mv gram uap air dan md gram udara kering maka berat udara sebesar (mv + md ) gram, dan kelembapan spesifik sebesar :
q = mv / (mv + md )
(specific humidity).

kelistrikan atmosfer(1) Fenomena kelistrikan yang terdapat dalam atmosfer, misalnya kilat, .
(2) Studi tentang proses-proses elektri yang terdapat di dalam atmosfer.
(atmospheric electricity).

kelompok sandi
Kelompok angka atau huruf, biasanya terdiri atas lima angka atau lima huruf, bagian dari bentuk sandi yang digunakan dalam laporan meteorologi.
(code group).

kemantapan atmosfer
Sifat atmosfer yang dicirikan dengan laju susut suhu udara dalam kolom atmosfer lebih kecil daripada laju susut suhu adiabat kering. Lihat: metode gugus.
(atmospheric stability ).

kepusaran
Ukuran vektor komponen memutar aliran udara.
Nilai kepusaran berorde 10-5 /detik. Makin besar nilai kepusaran menunjukkan kecenderungan udara bergerak keatas makin besar.
(vorticity).

kesuraman
Keadaan langit suram yang ditimbulkan oleh fenomena yang dapat mengurangi banglas.
(obscuration).

ketakmantapan aerodinamik
Ketakmantapan getaran dari suatu bangunan berkaitan dengan adanya tiupan angin yang terus-menerus.
(aerodynamic instability).

ketakmantapan atmosferSifat atmosfer yang dicirikan dengan laju susut suhu udara dalam kolom atmosfer lebih besar daripada laju susut suhu adiabat kering. Gugus udara yang dipindahkan ke atas dengan proses adiabat akan menjadi lebih ringan daripada udara sekitarnya dan cenderung naik ke paras di atasnya.

(atmospheric unstability)
ketakmantapan golakan
Keadaan lapisan atau kolom udara lengas dalam atmosfer yang suhu potensial setaranya berkurang mengikut ketinggian.
(convective instability).
ketebalan gepotentialTebal lapisan atmosfer di antara dua permukaan isobar, dinyatakan dalam ketinggian geopotensial.

(geopotential thickness).
ketinggian awan
Ketinggian dasar awan diukur dari permukaan bumi di bawahnya.
(cloud height).

ketinggian geopotensial
Ketinggian suatu titik di atmosfer yang dinyatakan dalam satuan yang sebanding dengan geopotensial pada ketinggian tersebut. Ketinggian geopotensial dinyatakan dalam meter geopotensial. 1 meter geopotensial (gpm) = 9,8 /g meter geometri.
(geopotential height).
ketinggian mayaKetinggian lapisan dalam ionosfer yang ditentukan dengan menggunakan hitungan waktu yang diperlukan oleh pulsa gelombang radio yang menjalar ulang alik dengan kecepatan cahaya ke lapisan tersebut.
(virtual height).

khatulistiwa geomagnetLingkaran besar yang dibuat pada permukaan bumi yang setiap titik pada lingkaran tersebut sama jaraknya dari kutub magnet bumi.

(geomanetic equator).

kilat
Kilapan cahaya yang disertai luahan elektrik mendadak yang terjadi dari awan atau di dalam awn. Sangat jarang tetapi dapat terjadi dari bangunan tinggi atau dari puncak gunung. Dari strukturnya dibedakan bermacam-macam kilat, yalah : kilat garis, kilat garpu, kilat lembaran, kilat batang, kilat api, kilat bola, kilat roket. Kilat juga berbahaya bagi pesawat terbang yang sedang dalam penerbangan di dalam atau di sekitar awan.
(lightning).

kilat api
Kilat yang tampak seperti ccahaya terang sekilas dari langit atau dari awn di ufuk. Disebut juga kilat bahang; kilat panas.
(heat lightning).

kilat batang
Kilat yang berbentuk batang terputus-putus menyerupai manik bercahaya yang hanya tampak beberapa saat.
(beaded lightning).


kilat bola
Kilat yang tampak seperti bola cahaya kemerah-merahan, berpenampang sekitar satu kaki, bergerak cepat sepanjang objek padat atau mengapung di udara dengan jarak tertentu.
(ball lightning).

kilat garis
kilatyangberbentukcahayaputih,tidakmelengkungatautidkbecabang, dan biasanya tipis dengan pinggiran yang jelas.
(streak lightning).

kilat garpuBentuk kilat yang loncatan listriknya dari awan kearah bumi berupa cabang-cabang yang mengarah ke bawah dari saluran kilat utama.
(forked lightning).


kilat lembaranKilat yang baur, kadang-kadang berupa cahaya terang bersamaan dengan luah awan atau luah dari awan ke awan.
(sheet lightning).
kilat roket
Kilat yang terjadi di langit dengan kecepatan tinggi seperti roket.
(rocket lightning).
kilau suaianRata-rata terangnya benda dan permukaan di sekitar pengamat yang memberi kiraan jarak pandang.
(adaptation illuminance).
klasifikasi awanMetode pembedaan atau pengelompokan awan berdasarkan salah satu kriteria berikut: (a) dari ketampakannya, (b) dari proses pembentukannya, (c) dari ketinggian rata-ratanya, (d) dari susunan partikelnya.
(cloud classification).

klasifikasi pagu
Keterangan atau penjelasan tentang cara penentuan ketinggian pagu yang digunakan dalam pengamatan cuaca penerbangan, misalnya balon pagu. Lihat: pagu.
(ceiling classification).
klimatologi deskriptif penerbanganGambaran tentang ciri klimatologi utama yang berkaitan dengan penerbangan untuk suatu kawasan penerbangan atau jalur udara tertentu.
(aeronautical descriptive climatology).

KMHSingkatan dari “kilometer per hour”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan ukuran kecepatan angin.
(KMH).
knot
Satuan ukuran kecepatan angin. 1 knot = 1 mil per jam = 1,8 km per jam.
(knot).

komponen langkisauanNisbah antara nilai rata-rata komponen fluktuasi angin sepanjang sumbu koordinat tiga dimensi dan nilai rata-rata angin. Bila u’, v’, w’ masing-masing komponen fluktuasi dalam arah sumbu X, Y, Z, dan U = kecepatan rata-rata, maka masing-masing komponen langkisau dalam arah sumbu X, Y, Z adalah : gx = u’/U; gy = v’/U; dan gz = w’/U.
(gustiness component).
kondusiPerpindahan energi atau bahang dalam konduktor oleh molekul-molekul di dalamnya tanpa disertai dengan gerak molekul yang bersangkutan.Berbeda dengan golakan.
(conduction).

konduksi olakPerpindahan bahang karena olak di dalam aliran golak-galik, serupa dengan konduksi molekul.
(eddy conduction)

kongestusSpesies awan berbentuk jambul dan menjulang tinggi; bagian atasnya menyerupai kol bunga. Terdapat pada Kumulus dan dinamai Kumulus kongstus.
(congestus).


koreksi altimeter
Koreksi pada pembacaan altimeter pesawat terbang untuk menghilangkan penyimpangan terhadap kondisi (tekanan pada nol dan didistribusi suhu vertikal dari atmosfer standar) yang diperoleh dari kalibrasi altimeter.
(altimeter correction).

KTS
Singkatan dari “knot”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan kecepatan angin. Lihat: knot.
(KTS).

kumbangLihat : angin lokal.
(koembang).

kumulonimbus
Genera awan yang terlihat tebal dan padat, menjulang tinggi seperti gunung atau menara yang sangat besar. Paling sedikit sebagian dari bagian atas kelihatan halus atau berserabut dan hampir selalu rata . Bagian atas tersebut sering meluas dan berbentuk seperti landasan tempa atau jambul yang besar.
(cumulonimbus).

kumulusGenera awan yang terlihat padat dengan garis pinggir yang jelas, tumbuhnya keatas, berbentuk onggokan menyerupai stupa atau menara yang puncaknya seperti kol bunga, dasar awan hampir mendatar. Bagian yang kena sinar matahari tampak berkilauan, dan dasarnya berwarna lebih gelap dibandingkan bagian lain.
(cumulus).

kumulus cuaca cerahSpesies awan Kumulus yang dicirikan dengan pertumbuhan ke atasnya lambat dan bagian atasnya agak rata. Lambatnya pertumbuhan keatas tersebut karena hambatan dari lapisan sungsangan di atasnya. Bila golakan di dalam awan kuat sehingga dapat menembus lapisan sungsangan, awan terlihat seperti berleher.
(fair weather cumulus).

kumulus humilis
Sama dengan Kumulus cuaca cerah.
(Cumulus humilis).
Kumulus kongestus
Lihat: kongestus.
(Cumulus congestus).

kumulus tinggi
Kumulus kongestus yang puncaknya sangat tinggi.
(towering cumulus).




L
laju susut adiabatSama dengan laju susut adiabat kering.
(adiabatic lapse rate).

laju susut adiabat jenuhProses perubahan yang dicirikan dengan perubahan suhu mengikut ketinggian dari gugus udara jenuh yang naik di dalam atmosfer yang dalam keadaan setimbang hidrostatik dengan proses adiabat. Karena udara jenuh mengalami pengembunan dan energi yang dikeluarkan digunakan kembali untuk pemanasan udara dalam gugus, maka laju susut suhunya lebih kecil dibandingkan dengan laju susut suhu adiabat kering. Besarnya laju susut suhu adiabat jenuh sekitar 6 oC/km.
(saturation-adiabatic lapse rate).

laju susut adiabat keringProses perubahan yang dicirikan dengan perubahan suhu mengikut ketinggian dari gugus udara kering yang naik di dalam atmosfer yang dalam keadaan setimbang hidrostatik dengan proses adiabat. Besarnya perubahan suhu tersebut : dT/dz = – g/cpd, atau kira-kira sebesar – 9,8 oC/km, dengan g = percepatan gravitas bumi; cpd = kapasitas bahang spesifik udara kering pada tekanan tetap. Selanjutnya, Gd = – dT/dz = g/cpd disebut laju susut suhu adiabat kering.
(dry adiabatic lapse rate).
laju susut suhu
Pengurangan suhu atmosfer dalam arah vertikal. Lazimnya laju susut suhu ditulis dengan lambang “g”. Besarnya laju susut suhu g = – dT/dz.
(temperature lapserate).

laju susut suhu adiabat jenuh
Lihat : laju susut adiabat jenuh.
(saturation-adiabatic temperature lapse rate).
laju susut suhu adiabat kering
Lihat : laju susut adiabat kering.
(dry adiabatic temperature lapse rate).

lakunosusSpesies awan berbentuk potongan, lembaran, atau lapisan; biasanya agak tipis dan bercelah-celah bundar yang jelas dan tersebar teratur terlihat seperti jejaring, serta tepinya berjumbai. Lakunosus terdapat pada Altokumulus. Juga dapat terdapat pada Stratokumulus meskipun sangat jarang.
(lacunosus).

lambang meteorologi(1) Kata, huruf, atau kelompok huruf yang ditetapkan berdasarkan konvensi internasional sebagai pengganti angka atau bilangan di dalam sandi meteorologi.
(2) Tanda atau lambang yang digunakan dalam dokumen meteorologi berdasarkan konvensi internasional.
(meteorological symbol).

lampu sorot awanLampu sorot atau proyektor yang digunakan untuk mengukur ketinggian dasar awan pada malam hari.
(cloud searchlight).
langit berawan
Langit yang tertutup awan sebanyak 3 – 5 okta.
(cloudy sky).
langit cerahLangit yang tertutup awan kurang dari 1 okta.
(clear sky).

langit hijauWarna kehijau-hijauan pada langit. Oleh para pelaut digunakan sebagai isyarat adanya angin atau hujan atau dalam hal tertentu sebagai pertanda adanya siklon tropik.
(green sky).

langit mendung
Langit yang hampir keseluruhannya (lebih dari 95%) tertutup awan.
(overcast sky).


langit tanah
Warna gelap bagian bawah awan apabila awan tersebut berada dekat sekali pada permukaan tanah yang tidak bersalju.
(land sky).
langit tengiri
Langit yang diliputi banyak awan Sirokumulus atau Alokumulus kecil-kecil yang terkesan seperti sisik ikan tengiri.
(mackerel sky).
langkisauAngin kencang bertiup mendadak dalam waktu singkat dan kemudian diikuti dengan keadaan lengang atau kecepatan angin sangat lemah. Lama pancutan atau perubahannya kurang dari 20 detik.
(gust).
langkisauanLihat: komponen langkisauan.
(gustiness).
lapisan batas
Sama dengan lapisan batas planetan.
(boundary layer).

lapisan batas planetanLapisan atmosfer paling bawah dekat permukaan bumi; ketebalannya 600 – 800 meter. Dalam lapisan tersebut gerak udara sangat dipengaruhi oleh gesekan permukaan.
(planetary boundary layer).
lapisan batas golak-galikLapisan yang di dalamnya nilai tegangan Reynolds jauh lebih besar dibandingkan dengan tegangan kekentalan. Apabila bilangan Reynolds cukup tinggi lapisan golak-galik berbatasan dengan lapisan batas laminar.
(turbulent boundary layer).

lapisan gesekanSama dengan lapisan batas planetan.
(friction layer).

lapisan kaburLapisan dalam atmosfer yang kabur yang bagian atasnya dibatasi oleh sungsangan suhu; sering meluas ke bawah sampai ke permukaan bumi. Lihat: garis kabur.
(haze layer).
lapisan sungsanganLapisan atmosfer yang di dalamnya perubahan unsur meteorologi mengikut ketinggian berkebalikan dengan kebiasaannya. Lihat: sungsangan.
(inversion layer).

lapisan sungsangan suhuLapisan atmosfer yang sebaran suhunya bertambah mengikut ketinggian.
(temperature inversion layer).

laporan gawatLaporan perubahan tiba-tiba yang berkenaan dengan cuaca yang makin memburuk.
(deterioration report).
laporan membaik
Laporan perubahan tiba-tiba yang berkenaan dengan cuaca yang makin membaik.
(improvement report)
laporan meteorologi
Pemberitaan keadaan meteorologi yang diamati di suatu tempat dan waktu tertentu.
(meteorological report).
laporan perubahan mendadak
Laporan meteorologi khusus yang dibuat oleh Stasiun Meteorologi untuk memberitahukan makin buruknya atau makin baiknya cuaca yang signifikan bagi sesuatu kegiatan.
(sudden change report).

laporan pesawat udaraLaporan penerbangan, termasuk laporan meteorologi, yang dibuat oleh awak penerbang selama dalam penerbangan, Lihat: AIREP.
(aircraft report).
lembang(1) Daerah dengan tekanan udara yang rendah, atau tekanan rendah, atau palung.
(2) Lazimnya digunakan untuk tingkat tertentu dari siklon tropik, tingkat tertentu dari perpindahan tekanan rendah atau palung, dan untuk tekanan rendah di paras atas dan palung yang berkembang lemah.
(depression).

lembang tropik(1) lembang di kawasan tropik.
(2) Gangguan tropik yang kecepatan anginnya maksimum kurang dari 34 knot.
(tropical depression).
lengang angin.
Berkurangnya kecepatan angin untuk sementara waktu. Lihat: langkisau.
(lull)
lentikularis
Spesies awan yang bentuknya seperti lensa atau buah badam. Sering sangat panjang dan tepinya sangat jelas, kadang-kadang terlihat seperti sayatan. Sering terjadi di tempat awan orografik. Lentikularis terdapat pada Sirokumulus, Altostratus, dan Stratokumulus.
(leticularis).

lesapan kabutPerubahan keadaan meteorologi, secara alami atau rekayasa, yang memicu hilangnya kabut di suatu tempat.
(fog dispersal).

leste
Angin selatan yang kering, panas, dan berdebu yang sering bertiup di Madeira dan Afrika utara di depan lembang yang bergerak dari Atlantik ke arah Madeira dan Pulau Canary.
(leste).

levece
Angin selatan yang kering, panas, dan berdebu yang bertiup dari arah antara barat laut dan barat daya di sebelah tenggara pantai Spanyol di depan suatu lembang yang bergerak.
(leveche)


leventer
Angin timuran yang lembap di selat Gibraltar. Angin tersebut bertiup dari timur atau timur laut dengan tekanan tinggi di Eropa tengah dan lembang di atas Mediteran tenggara. Sering terjadi dan paling kuat dalam bulan Oktober sampai Desember.
(leventer).

lintang geomagnetKoordinat yang digunakan dalam kemagnetan bumi yang hubungannya dengan khatulistiwa geomagnet sama seperti hubungan antara lintang geografi dengan khatulistiwa geografi.
(geomagnetic latitude).
liputan awanSama dengan jumlah awan.
(cloud cover).

liputan langit
Bagian langit yang tertutup atau terhalang oleh awan atau fenomena penyuraman, atau oleh keduanya.
(sky cover).
liputan langit suramLiputan langit ketika langit sama sekali terhalang oleh permukaan dasar fenomena penyuraman. (obscure sky cover).
litometeor
Fenomena yang timbulnya berkaitan dengan butir-butir kecil dari benda yang tidak mengandung air, misalnya debu, asap. Karena adanya litometeor di dalam udara, udara menjadi kabur dan jarak pandang berkurang.
(lithometeor).

LSQ
Singkatan dari “line squall”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya gebos garis..
(LSQ).

luah awanKilat yang timbul karena loncatan muatan listrik dari pusat muatan positip ke pusat muatan negatip yang keduanya terletak di dalam satu awan yang sama.
(cloud discharge).
luah awan ke awanKilat yang timbul dari pusat muatan listrik positip dalam suatu bagian awn ke pusat muatan listrik negatip di dalam awn yang berbeda.
(cloud to cloud discharge).
luah awan ke bumiKilat yang timbul dari pusat muatan listrik di dalam awan dan pusat muatan listrik yang berlawanan di bumi.
(cloud to ground discharge).



M

makrometeorologiCabang meteorologi yang membicarakan tentang meteorologi dalam skala besar. Biasanya berkaitan dengan kawasan geografi yang luas, misalnya benua atau keseluruhan bumi.
(macrometeorology).
masa laku
Jangka waktu tertentu yang selama itu keadaan yang dinayatakan dalam prakiraan cuaca masih berlaku.
(period of validity).
mata badaiDaerah tenang di pusat siklon tropik, bentuknya hampir bundar tetapi tidak tetap, jejarinya sekitar 7 sampai 18 km, yang disertai dengan kecepatan angin kurang dari 10 knot dan cuaca cerah bahkan sering terlihat langit biru,.
(eye of the storm).

matahari hijau
Gejala yang dihasilkan oleh adanya sejumlah besar partikel zat di dalam atmosfer yang secara selektif lebih banyak menghilangkan sinaran surya pada panjang gelombang biru dan merah daripada sinaran pada panjang gelombang hijau sehingga matahari tampak berwarna hijau.
(green sun).

mawar anginDiagram yang dirancang untuk menunjukkan keseringan arah dan kecepatan angin yang terjadi pada suatu tempat selama kurun waktu tertentu. Diagram terdiri atas lingkaran-lingkaran yang membagi garis-garis arah mata angin dan garis mata angin. Lingkaran menyatakan nilai keseringan dalam perseratus. Keseringan angin tenang ditulis di pusat lingkaran. Mawar angin biasanya menunjukkan keseringan kecepatan angin dari setiap arah, tetapi dapat pula digunakan untuk keperluan lain misalnya keseringan angin dalam setiap kondisi cuaca.
(windrose).

MAXSingkatan dari “maximum”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan nilai maksimum dari unsur yang dilaporkan, misalnya untuk kecepatan angin, suhu. (MAX).

mengananPerubahan arah angin ke arah seperti arah putaran jarum jam.
(veering).

mengiri
Perubahan arah angin ke arah seperti kebalikan arah putaran jarum jam.
(backing).

meridian magnet
Garis mendatar yang searah dengan arah komponen mendatar dari medan magnet umi di suatu titik pada pemukaan bumi yang melalui garis tersebut.
(magnetic meridian).

mesometeorologi
Cabang meteorologi yang membicarakan tentang meteorologi dalam skala sedang. Biasanya berkaitan dengan daerah dengan ukuran luas beberapa kilometer persegi.
(mesometeorology).
mesopauze
Puncak dari mesosfer. Pucak tersebut berkaitan dengan suhu paling rendah pada ketinggian antara 70 dan 80 km.
(mesopauze).

mesosferLapisan atmosfer diatas stratopauze sampai sekitar 70 – 80 km. Di dalam mesosfer hampir tidak ada molekul gas.Suhu di dalam mesosfer tidak menentu dan berkisar dari -60 oC sampai sekitar -90 oC. Pada ketinggian sekitar 70 km terdapat banyak ion. Ion-ion tersebut berkelompok-kelompok dan terkesan sebagai lapisan; oleh karena itu kemudian disebut lapisan ionosfer. Lihat: mesopauze.
(mesosphere).
MET REPORTSingkatan dari “meteorological report”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan bahwa laporan yang dibuat adalah laporan rutin dari hasil pengamatan cuaca.
(MET REPORT).
METAR
Kata sandi yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sandi atau keterangan yang mengikutinya adalah informasi cuaca yang sedang berlangsung di Bandar udara. METAR dibuat secara rutin, biasanya dibuat secara berkala setiap 30 menit sekali, untuk dikirim ke atau dipertukarkan dengan Stasiun Meteorologi Penerbangan lainnya, dan/atau dikirim ke Pusat-Pusat Data dan Analisis yang ditentukan.
(METAR).

meteorologi
Ilmu tentang cuaca.
(meteorology).meteorologi aeronautikCabang meteorologi, termasuk dalam bidang meteorologi terapan, yang membahas tentang penggunaan meteorologi dalam aeronautika.
(aeronautical meteorology).
meter geopotensialSatuan ukuran ketinggian geopotensial. 1 meter geopotensial (gpm) = 9,8 /g meter geometri.
(geopotential meter).
metode gugusMetode penilaian kemantapan atmosfer didasarkan atas anggapan bahwa bila gugus udara naik dalam atmosfer sifatnya berubah sedangkan sifat udara lingkungan tetap. Lazimnya sifat yang digunakan adalah perubahan suhu. Bila gugus udara kering bergerak naik dengan proses adiabat suhunya akan berkurang mengikut laju susut suhu adiabat kering (Gd). Bila gugus udara jenuh bergerak naik dengan proses adiabat suhunya akan berkurang mengikut laju susut suhu adiabat jenuh (Gm). Kemantapan atmosfer dinilai dengan membandingkan laju susut suhu udara (g) pada saat pengukuran dengan besarnya laju susut suhu adiabat kering dan laju susut suhu udara jenuh.


MI
Singkatan yang digunakan dalam laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya hanyutan dangkal. Digunakan untuk melaporkan adanya debu, pasir atau salju, yang ketinggiannya kurang dari 2 meter dari permukaan tanah.
(Ml).
mikrometeorologi
Cabang meteorologi yang membicarakan tentang meteorologi dalam skala kecil. Biasanya berkaitan dengan pengukuran cermat di dekat permukaan bumi dalam waktu pendek.
(micrometeorlogy).
mil nautika; mil lautSatuan jarak dalam sistem nautika yang didefinisikan sebagai panjang satu menit dari busur lintang geografi pada permukaan bumi. Secara internasional pada tahun 1852 ditetapkan bahwa 1 mil nautika = 6076,103 kaki (kira-kira 1,8 km).
(nautical mile).
mistral
Angin utara yang bertiup turun ke lembah Rhone sebelah selatan Valensia, Perancis, selanjutnya masuk ke teluk Lione, dan menjadi angin barat laut atau utara di lepas pantai utara Mediteran dari Ebro ke Genua. Angin tersebut berkecepatan tinggi, dingin, dan kering.
(mistral).
mizel
Campuran dari kabus atau kabut tebal dan gerimis lebat yang terdapat di semenanjung Devon-Cornwell, Inggris.
(mizzle).
MMO
Singkatan dari Main Meteorological Office. Lihat: kantor meteorologi utama.
(MMO).

MNM
Singkatan dari “minimum” . Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya nilai minimum dari kecepatan angin yang selalu berubah-ubah secara jelas. Untuk kecepatan yang berubah-ubah tersebut dituliskan berapa maksium dan berapa minimumnya, misalnya “MAX 30 MNM 18 KT” .
(MNM).

MODSingkatan dari “moderate” . Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya fenomena yang intensitasnya dinilai sedang (moderate).
(MOD).

monsun
Kata monsun berasal dari bahasa Arab “mousim” ialah nama angin musiman di Arab yang dalam selang waktu enam bulan bertiup dari timurlaut dan enam bulan berikutnya dari arah baratdaya. Sebab utama terjadinya monsun adalah perbedaan variasi tahunan suhu daratan luas (benua) dan lautan sekitarnya. Perbedaan suhu tersebut kemudian diikuti dengan perbedaan tekanan dengan lebih tinggi di atas daratan pada musim dingin dan sangat rendah di musim panas. Daerah yang mempunyai sistem monsun umumnya di kawasan tropik antara lain di Australia Utara, Afrika, Spanyol, Texas dan pantai barat Amerika serikat, Chili. Monsun yang paling nyata adalah yang terdapat di Asia Selatan dan Timur. Di India monsun yang terkenal adalah monsun barat daya; dan di Indonesia dikenal monsun barat dan monsun timur meskipun tidak untuk semua daerah di Indonesia. Tetapi kemudian istilah monsun digunakan di daerah lain, bahkan di Eropa juga menggunakan untuk angin barat dengan istilah “European monsoon” . (monsoon).
MS
Singkatan dari “minus”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa suhu yang dilaporkan adalah minus (dibawah 0 oC).
(MS).



N
NC
Singkatan dari “no change” . Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa intensitas fenomena yang dilaporkan tidak ada perubahan.
(NC).

nebulosusSpesies awan yang menyerupai cadar atau lapisan yang rinciannya tidak jelas. Terdapat pada Sirostratus, Stratus.
(nebulosus).

nefoskop
Alat untuk mengukur arah gerakan awan.
(nephoscope).
nefoskop cermin
Nefoskop yang menggunakan cermin untuk mengukur jumlah dan gerak awan. Pada cermin diberi lignkaran untuk menunjukkan batas luasan langit, dan garis-garis yang melalui titik pusat lingkaran yang menunjukkan arah. Dengan menghadapkan cermin tersebut ke atas maka terlihat daerah tyang diliputi awn dan dengan menandai tempat awan setiap saat dapat diketahui arah geraknya.
(mirror nephoscope).
neraca aerodinamikneraca yang digunakan untuk mengukur kakas yang mengenai permukaan alat yang diletakkan dalam aliran udara.
(aerodynamic balance)
nimbostratusLapisan awan berwarna abu-abu yang biasanya gelap dan tampak baur karena turunnya hujan atau salju terus-menerus. Awan tersebut cukup tebal sehingga dapat menghalangi matahari. Sering timbul awan-awan bergerigi dan bercampur di bawah lapisan tersebut.
(nimbostratus).

nimbusNama bagi awan yang menghasilkan hujan. Nama tersebut di kemukakan oleh Luke Howard, tetapi kini istilah tersebut tidak digunakan lagi.
(nimbus).
nisbah campur.
Sama dengan kelembapan mutlak.
(mixing ratio).
nomor indeks stasiun
Angka yang digunakan untuk menunjukkan tempat asal laporan meteorologi, misalnya stasiun meteorologi Biak : 97560.
(station index number).

nomor indeks internasional
Sama dengan nomor indeks stasiun.

(international index number).


NOTAM
Singkatan dari “Notice to Air Man”. Sarana penyebaran informasi aeronautik untuk perhatian bagi petugas udara. NOTAM berisi informasi tentang kondisi fasilitas, pelayanan, prosedur, adanya sebaran debu letusan gunung api, dll. yang dapat membahayakan operasi penerbangan, dan yang harus cepat dan tepat waktu untuk diketahui oleh penerbang dan petugas-petugas lain yang terkait dengan penerbangan. Informasi dalam NOTAM bersifat dinamis dan sementara.
(NOTAM).

NSW
Singkatan dari “nil (no) significant weather”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan bahwa tidak ada cuaca signifikan.
(NSW).


O
OBSC
Singkatan dari “obscured“. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan cuaca suram. Kesuraman dapat ditimbulkan oleh adanya litometeor atau hidromenteor.
(OBSC).
OCNL
Singkatan dari “occasionally”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya Kumulonimbus yang terpisah-pisah. Biasanya digunakan dalam laporan prakiraan cuaca wilayah atau prakiraan cuaca jalur penerbangan.
(OCNL).

oktaSatuan ukuran untuk menyatakan banyaknya awan atau liputaan awan atau luas langit yang tertutup awan. 1 okta = 1/8 bagian luas langit.
(octa).
olak
Golakan yang terdapat dalam aliran fluida (termasuk aliran udara); dapat berukuran kecil sampai ratusan kilometer. Olak dalam atmosfer dapat menimbulkan proses percampuran atau transport berbagai sifat atmosfer, misalnya bahang, momentum, uap air.
(eddy).

OMD
Singkatan dari Organisasi Meteorologi Dunia.
(WMO).
opakusVarietas awan yang berbentuk tumpukan yang luas, serpihan, atau lapisan lembaran, dan buram sehingga matahari atau bulan menjadi gelap apabila terttutup awan tersebut. Terdapat pada Altokumulus, Altostratus, Stratokumulus, dan Stratus.
(opacus).
optika atmosfer
Studi tentang sifat-sifat optik dari atmosfer dan fenomena optik yang dihasilkan oleh adanya bahan-bahan kering dan hidrometeor dalam atmosfer.
(atmospheric optics).

Organisasi Meteorologi Dunia (OMD)Badan internasional dalam Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menangani bidang meteorologi.
(World Meteorological Organization = WMO).

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional
Badan internasional dalam Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menangani bidang penerbangan sipil.
(International Civil Aviation Organization = ICAO).
OVC
Singkatan dari “overcast”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan langit seluruhnya tertutup awan, atau banyaknya liputan awan 8 okta.
(OVC).

ozonosferDaerah dalam atmosfer yang banyak mengandung ozon. Letaknya pada ketinggian sekitar 20 – 50 km. Lihat : stratosfer.
(ozonosfer).

P
paguKetinggian dasar awan terendah dari sejumlah awan yang melebihi jumlah tertentu, diukur dari permukaan bumi di atas suatu titik tertentu.
(ceiling).
palungGaris yang menghubungkan daerah bertekanan rendah yang terletak diantara dua daerah tekanan tinggi.
(trough).
palung khatulistiwa(1) Palung tekanan rendah yang dangkal, terletak di kawasan khatulistiwa yang menandai daerah pumpunan udara yang bergerak kearah khatulistiwa dari antisiklonal subtropik salah satu belahan bumi. Palung khatulistiwa di atas lautan terletak di daerah tekanan rendah khatulistiwa dan mempunyai gerakan ke utara atau ke selatan mengikuti gerak matahari dengan waktu susul satu sampai dua bulan.
(2) Pias yang tidak selalu bersambungan di kawasan khatulistiwa yang terletak diantara tekanan tinggi subtropik belahan bumi selatan dan belahan bumi utara. Letak pias tersebut tidak tetap melainkan bergeser ke utara dan ke selatan mengikut musim. Di atas Atlantik timur, pergeserannya kecil, sedangkan untuk palung khatulistiwa di Lautan India dan Asia Selatan pergeserannya sangat besar. Lihat: Pias Pumpunn Antartropik.
(equatorial trough)..
panah angin
Garis lurus pendek pada rajahan cuaca sinop di lingkaran tempat stasiun pengamatan pada peta sinop untuk menunjukan arah angin di stasiun tersebut. Kecepatan angin dirajah dalam bentuk garis lurus pendek diujung panah angin sehingga terlihat seperti sirip.
(wind arrow).

panus
Bentuk tambahan pada awan berbentuk potongan-potongan atau lapisan di bawah atau kadang-kadang menempel di bawah awan utama. Bentuk tambahan tersebut dapat terjadi pada Altostratus, Nimbostratus, Kumulus, dan Kumulonimbus.
(pannus).

paras angin geostrofik
Paras terrendah tempat angin mulai bersifat geostrofik. Menurut teori Ekman, ketinggian paras angin geostrofik sebanding dengan Ö (n/sin f), dengan n = kekentalan olak kinetic, f = lintang geografi. Dalam praktek ketinggian paras angin geostrofik antara 1,2 dan 1,6 km. Paras angin geostrofik dipandang pula sebagai batas pengaruh gesekan dari permukaan bumi.
(geostrophic wind level).
paras angin landaian
Sama dengan paras angin geostrofik.
(gradient wind level).

paras bakuParas tekanan tetap dalam atmosfer yang ditetapkan dan pada paras tersebut perhitungan dan analsis data udara atas dilakukan. Paras baku meliputi 1000 hPa, 850 hPa, 700 hPa, 500 hPa, 400 hPa, 300 hPa, 200 hPa, dan 50 hPa.
(mandatory level).
paras bekuParas dalam atmosfer yang suhunya 0 oC.
(freezing level).

paras kabur
Sama dengan garis kabur.
(haze level).

paras muka laut
Paras rata-rata pemukaan laut. Ketinggian paras muka laut digunakan sebagai paras nol sebagai awal pengukuran ketinggian titik dalam atmosfer.
(sea level).
paras penerbanganParas yang dipertahankan oleh pesawat terbang selama penerbangan.
(cruising level).

paras pengembunanParas tempat terjadinya pengembunan uap air di atmosfer. Untuk mengetahui tingginya paras pengembunan umumnya digunakan diagram aerologi.
(condensation level).

paras pengembunan angkatParas pengembunan karena uap air terangkat ke atas bersama udara yang ditimbulkan oleh rintangan.
(lifting condensation level).

paras pengembunan golak-galikParas pengembunan karena uap air terangkat ke atas bersama-sama dengan udara yang bergolak-galik.
(turbelence condensation level)


paras pengembunan golakan
Paras pengembunan karena uap air terangkat ke atas bersama udara yang bergerak naik karena golakan.

(convective condensation level).

paras signifikan
Paras (bukan paras baku) yang dalam pengamatan radiosonde dilaporkan nilai tekanan, suhu, dan kelembapan karena nilai pada paras tersebut cukup penting atau tidak seperti biasanya, agar menjadi perhatian para prakirawan, atau perlu dilakukan koreksi atau perlu dilakukan pengamatan yang lebih teliti.
(significant level).
paras suaianSama dengan cerah suaian.
(adaptation level).

pasir hanyutanLihat: debu hanyutan.
(drifting sand)

pasir layangLihat: debu layang.
(blowing sand).

PE
Singkatan dari “ice pellets”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya gentel es.
(PE).

PPATLihat: pias pumpun antartropik.
(ITCZ).
pembenihan awan
Rekayasa proses fisis pada awan dengan cara menyemburkan bahan pembibit, misalnya (i) es kering, atau karbondioksid padat pada suhu yang sangat rendah, untuk memperoleh pendinginan lokal yang biasanya dibawah – 40 oC; (ii) perak yodida untuk bertindak sebagai es; (iii) butir-butir garam halus yang higroskopis atau butir-butir air yang merangsang proses penyatuan. Penyemburan bahan-bahan tersebut dilakukan dengan menggunakan pesawat terbang, roket, atau balon yang dilepaskan ke awan. Umumnya pembibitan awan dimaksudkan untuk merangsang terjadinya hujan. Ada kalanya rekayasa dilakukan untuk menghilangkan awan stratus atau kabut, mencegah hujan es, atau untuk melemahkan badaiguntur.
(cloud seeding).
pencerahan(1) berkurangnya jumlah awan total (tanpa membedakan jenis awan) dari keadaan semula.
(2) Waktu terjadinya pengurangan jumlah awan.
(3) Terjadinya celah dalam lapisan awan yang menutupi langit.
(clearing).
penerbangan minimal
Penerbangan yang direncanakan dan dilakukan sedemkian sehingga diperoleh waktu penerbangan yang sependek mungkin. Rencana tersebut dibuat dengan pertimbangan pola angin dua atau tiga dimensi sepanjang jalur penerbangan sesuai dengan ciri operasi pesawat terbang yang bersangkutan.
(minimal flight).
penerbangan pola-tekananKonsep penerbangan minimal dengan memanfaatkan angin pada paras ketinggian terbang. Lihat: penerbangan minimal.
(pressure-patern flight).

penerbangan tinjauan meteorologi
Penerbangan pesawat terbang yang dilakukan khusus untuk memperoleh informasi cuaca di suatu kawasan yang tidak ada pengamatan meteorologi permukaan yang memadai (biasanya di atas lautan). Penerbangan tersebut biasanya juga melakukan pengamatan dalam arah menegak naik diatas suatu titik yang dipilih dalam jalur penerbangan.
(meteorological recognaissance flight).

penetapan altimeterNilai tekanan atmosfer yang digunakan untuk penyetelan altimeter tekanan sehingga dapat menunjukkan ketinggian pesawat terbang di atas permukaan rujukan tertentu. Penetapan altimeter diatas daratan didapat dengan mereduksi tekanan stasiun berdasarkan atmosfer baku ICAO. Diatas lautan penetapan altimeter biasanya menggunakan tekanan paras laut standar (29,92 inci air raksa atau 1013,2 mb) sebagai rujukan. Lihat: atmosfer baku internasional.
(altimeter setting).
pengamatan meteorologiPenilaian atau pengukuran satu atau lebih unsur meteorologi disuatu tempat pada suatu waktu.
(meteorolological observation).


pengamatan cuaca penerbanganPengamatan meteorologi dengan memilih unsur cuaca yang sesuai dengan yang diperlukan bagi operasi penerbangan. Lihat: unsur cuaca penerbangan.
(airways observation).
pengamatan permukaanPengamatan meteorologi yang dilakukan pada suatu tempat dekat permukaan bumi.
(surface observation).

pengamatan pesawat udaraPengamatan meteorologi yang dilakukan oleh pengamat di pesawat terbang selama dalam penerbangan.
(aircraft observation).
pengamatan sinop
Pengamatan permukaan atau udara atas yang dibuat pada jam sinop. Lihat: jam sinop antara; jam sinop utama.
(synoptic observation).


pengamatan uji
Pengamatan cuaca penerbangan yang hasilnya disiarkan melalui siaran radio penerbangan.
(check observation).

pengaruh setempatPengaruh topografi alami maupun buatan manusia kepada cuaca ditempat atau disekitarnya.
(local effect).

pengesan
(1) Penumpukan atau pelapisan es pada suatu objek, yang ditimbulkan oleh jatuhan dan pembekuan hidrometeor cair karena suhunya sangat rendah atau adidingin, berbeda dengan ibun yang terbentuk dari proses sublimasi.
(2) Massa atau lembaran es yang terbentuk di permukaan tanah selama musim dingin karena pembekuan lapisan air yang terus-menerus yang mungkin berasal tanah, dari sungai, atau dari air terjun.
(icing).
pengesan kerangka pesawat terbangSama dengan pengesan pesawat terbang.
(airframe icing).
pengesan pesawat terbangPengesan pada pesawat terbang yang sedang terbang melalui tetes air dalam awan atau dalam curahan yang dingin.
(aircraft icing).
penguntingan pesawat terbangPengukuran satu atau lebih unsur meteorologi udara atas dengan menggunakan alat yang dibawa pesawat terbang.
(aircraft sounding).
peningkatan
(1) Kenaikan tekanan pada pusat sistem tekanan pada peta ketinggian tetap;
(2) Kenaikan ketinggian pada pusat daerah ketinggian pada peta tekanan tetap.
(filling).
penunjuk ketinggian awanAlat yang digunakan untuk mengukur ketinggian dasar awan.
(cloud height indicator).
penunjuk ketinggian pagu
Sama dengan penunjuk ketinggian awan.
(ceiling-height indicator).

penyebaran meteorologiKomunikasi penyiaran informasi meteorologi dengan cara (1) titik ke titik, yakni dengan radio atau hubungan telekomunikasi timbal balik yang hanya dilakukan antara dua stasiun meteorologi tertentu.
(meteorological transmission).
Lihat: VOLMET.

perca kabut
Gerombongan kabut yang tersebar tidak teratur. Lihat: percik layang.
(fog petches).
perengganBidang temu antara dua massa udara yang berbeda jenisnya.
(front).

perenggan baur
Perenggan yang tidak menampakkan secara jelas ciri perubahan angin dan perubahan suhu.
(diffuse front).
perenggan dingin
Perenggan yang geraknya demikian sehingga massa udara yang lebih dingin memindahkan massa udara yang lebih panas di depannya. Diatas perenggan dingin umumnya banyak awan dan hujan serta badaiguntur.
(cold front).
perenggan panas
Perenggan yang geraknya demikian sehingga massa udara yang lebih panas mendesak massa udara yang lebih dingin di depannya. Diatas perenggan panas umumnya banyak jenis stratus.
(warm front).
perenggan sangkaran
Percampuran dari perenggan panas dan perenggan dingin.
(occluded front).

perlusidusVarietas awan yang bentuknya berupa tumpukan luas, lembaran, atau lapisan yang disertai rongga-rongga yang jelas, tetapi kadang-kadang sempit. Dari rongga tersebut matahari, bulan, bagian langit, atau awan di atasnya dapat terlihat.
(perlucidus).

permukaan isobarBidang tempat titik-titik dalam atmosfer yang tekanannya sama tinggi.
(isobaric surface).
permukaan isobar bakuPermukaan isobar tertentu yang dalam lingkup internasional digunakan sebagai dasar untuk menyatakan dan menganalisis keadaan atmosfer. Yang termasuk permukaan isobar baku adalah 1000 hPa, 900 hPa, 850 hPa, 700 hPa, 500, hPa, 300 hPa, 200 hPa, 100 hPa, 50 hPa. Lihat: hPa.
(standard isobaric surface).

perubahan prakiraan
Berita meteorologi yang berisi tentang adanya perubahan bagi prakiraan cuaca yang telah dikeluarkan yang masih dalam masa laku prakiraan.
(forecast amandemend).

perubahan tipe
Perubahan tipe cuaca yang terjadi di suatu daerah secara mendadak. Lihat SIGMET.
(change of type).
perunutan topan
Penentuan posisi siklon tropik atau topan pada setiap saat yang berurutan dengan menggunakan radar atau cara lain, dan merajah pada peta sehingga dapat tergambar litasannya, dan digunakan untuk memperkirakan kemungkinan posisinya pada waktu berikutnya.
(hurricane tracking).

peta cuacaPeta yang memuat rajahan data cuaca dan isoplet-isoplet hasil analisis.
(weather map).
peta isobar
Sama dengan peta tekanan tetap. Berbeda dengan peta isobar yang berarti peta yang memuat isobar-isobar.
(isobaric chart).
peta paras atasPeta sinop keadaan meteorologi di udara atas yang menggunakan rujukan paras tekanan tetap. Lazimnya paras tekanan tetap yang digunakan adalah permukaan isobar baku.
(upper-level chart).
peta prakiraanPrakiraan unsur meteorologi tertentu untuk jangka waktu dan daerah tertentu yang digambarkan dalam bentuk grafik atau peta.
(forecast chart).
peta prognostikPeta sinop, yang utamanya menunjukkan pola tekanan atau ketinggian, yang diprakirakan untuk waktu yang akan datang. Biasanya memuat posisi berbagai unsur dan fenomena meteorologi, misalnya perenggan, siklon tropik.
(prognostic chart).

peta sinop
Peta yang memuat gambar sebaran suatu unsur cuaca, misalnya ketinggian permukaan, angin, suhu, kelembapan, di atas daerah luas pada saat tertentu. Peta sinop permukaan adalah salah satu bentuk peta cuaca.
(synoptic chart).



peta tekanan tetap
Peta sinop pada sembarang permukaan tekanan tetap, Misalnya peta 1000 hPa, 700 hPa, 500 hPa, dan lain sebagainya. Lihat: peta isobar.
(constant pressure chart).
Pias Pumpun Antartropik
Ditulis singkat PPAT. Sumbu atau pias bentangan angin pasat tropik. Sumbu tersebut merupakan garis pemisah antara angin pasat dari belahan bumi selatan (pasat tenggara) dan angin pasat dari belahan bumi utara (pasat timurlaut). Namun demikian PPAT sebenarnya hanya terdapat di sebagian panjang sumbu tersebut. Posisi PPAT tidak tepat di khatulistiwa atau sejajar garis lintang geografi, dan tidak tetap melainkan bergeser secara musiman ke utara dan ke selatan mengikut gerak matahari. Namun demikian pergeseran musiman tersebut juga tidak sama di setiap tempat. Di atas lautan Atlantik dan Pasifik hampir sepanjang tahun terdapat di belahan bumi utara dan pergeserannya kecil. Hal tersebut karena tekanan tingggi subtropik selatan di kawasan tersebut lebih mantap. Pergeseran tahunan yang paling besar terdapat pada bagian di atas Asia selatan, di Lautan India, dan di kawasan Indonesia. Besarnya pergeseran tersebut karena berkaitan dengan monsun. Selain itu gerakan setiap harinya tidak tetap dalam satu arah; pada suatu saat bergerak ke utara, pada saat berikutnya dapat terus ke utara atau berbalik ke selatan.
(Intertropical Convergence Zone = ITCZ).

pilin debu
Putaran cepat tabung udara di atas daerah kering dan berdebu atau berpasir sehingga debu atau pasir atau benda-benda ringan lainnya terangkat dari permukaan tanah.
(dust whirl).
pilusBentuk awan tambahan yang ukuran mendatarnya kecil, seperti tudung atau penutup di puncak awan utama, atau menempel pada bagian atas awan kemawang yang menembusnya. Beberapa pilus sering tampak bertindihan. Pilus dapat terjadi pada Kumulus dan Kumulonimbus.

(pileus).
PO
Singkatan yang digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya pilin debu.
(PO).

prakiraan cuacaPrakiraan keadaan atmosfer dengan merujuk satu atau lebih unsur cuaca yang bersangkutan.
(weather forecast).

prakiraan cuaca alihanPrakiraan cuaca untuk Bandar udara alihan yaitu Bandar udara yang dicadangkan sebagai pengganti apabila cuaca di Bandar udara tujuan yang ditetapkan tidak memungkinkan dilakukannya pendaratan pesawat terbang.
(alternate forecast).

prakiraan cuaca bandar udaraPrakiraan cuaca untuk Bandar udara tertentu. Prakiran cuaca Bandar udara memuat informasi tentang akan terjadinya cuaca di suatu Bandar udara pada waktu yang akan datang. Unsur cuaca yang diprakirakan meliputi angin permukaan, banglas, fenomena cuaca, awan, dan perubahan signifikan dari satu atau lebih unsur tersebut selama selang waktu prakiraan. . Lihat: TAF, TAFOR.
(aerodrome forecast).
prakiraan cuaca jalur penerbanganPrakiraan cuaca sepanjang jalur penerbangan. Prakiraan cuaca jalur penerbangan berisi prakiraan dari unsur udara atas ( angin, suhu), dan fenomena cuaca yang berkaitan dengan awan sepanjang jalur penerbangan yang ditentukan. Bila dipandang perlu prakiraan unsur lain dapat diberikan. Waktu pembuatan dan masa laku prakiraan cuaca jalur penerbangan disesuaikan dengan waktu kepadatan penerbangan di suatu wilayah, atau dibuat pada waktu lain sesuai dengan permintaan. Penyediaan prakiraan cuaca jalur penerbangan harus memperhatikan jenis pesawat terbang yang melakukan penerbangan. Pesawat terbang jenis turboprop dan jet supersonik yang terbang tinggi dan jarak jelajah yang jauh tidak banyak dipengaruhi oleh cuaca di bawahnya. Tetapi karena terbang lama akan mengalami perubahan keadaan udara atas karena waktu. Oleh karena itu prakiraan cuaca udara atas, misalnya peta prognosis angin, suhu, dll. perlu dibuat sekaligus untuk beberapa waktu standar, misalnya untuk waktu jam 00; 03 UTC; dst. sesuai dengan waktu penerbangan.
(route forecast).

prakiraan cuaca numerikPrakiraan cuaca atau prakiraan gangguan atmosfer berdasarkan perhitungan solusi berangka dari persamaan hidrodinamik dengan keadaan yang sesuai dengan yang teramati sebagai syarat awal. Untuk membuat prakiraan cuaca berangka lazimnya diperlukan bantuan komputer berkecepatan tinggi.
(numerical forecast).

prakiraan cuaca objektif
Prakiraan cuaca yang keseluruhannya didasarkan atas penerapan hukum atau persamaan tunggal, atau gabungan berbagai hukum atau berbagai persamaan, dengan demikian semua pertimbangan pribadi tersisihkan.
(objective forecast).
prakiraan cuaca pendaratanPrakiraan cuaca yang diperlukan untuk pesawat terbang yang akan melakukan pendaratan di suatu Bandar udara. Lazimnya dibuat untuk masa laku prakiraan paling lama dua jam dari waktu pembuatan prakiraan. Penyampaiannya kepada penerbang sekurang-kurangnya satu jam sebelum pesawat sampai ke Bandar udara tempat mendarat. Prakiraan cuaca pendaratan dapat berupa informasi tentang cuaca yang diperkirakan akan terjadi selama waktu masa berlakunya prakiraan atau berupa informasi tentang kecenderungan berubah atau perkembangan unsur cuaca yang diperkirakan akan terjadi selama masa yang disebutkan. Unsur cuaca yang diprakirakan adalah angin permukaan, banglas, awan, dan fenomena cuaca signifikan. Selain itu apabila diperlukan dapat ditambahkan informasi lain yang berkaitan dengan cuaca yang ditetapkan.
(landing forecast).
prakiraan cuaca penerbangan
Prakiraan cuaca yang khusus disediakan bagi masyarakat penerbangan. Lihat: FIFOR.
(flight forecast).

prakiraan cuaca tinggal landasPrakiraan cuaca yang diperlukan untuk keperluan tinggal landas pesawat terbang. Prakiraan cuaca tinggal landas dibuat untuk masa laku pendek (kurang dari satu jam). Lebih banyak digunakan untuk perencanaan keberngkatan pesawat terbang; oleh karena itu prakiraan cuaca tinggal landas disampaikan atas permintaan kepada operator penerbangan dan para awak pesawat. Penyampaiannya dilakukan tiga jam sebelum rencana pemberangkatan pesawat udara. Prakiraan meliputi angin permukaan, suhu, tekanan, dan unsur lain yang dipandang perlu.
(take-off forecast).

prakiraan cuaca wilayah penerbangan
Prakiraan cuaca untuk wilayah penerbangan tertentu. Prakiraan cuaca wilayah penerbangan berisi prakiraan dari unsur udara atas ( angin, suhu), dan fenomena cuaca yang berkaitan dengan awan. Bila dipandang perlu prakiraan unsur lain dapat diberikan. Waktu pembuatan dan masa laku prakiraan cuaca wilayah disesuaikan dengan waktu kepadatan penerbangan di wilayah yang bersangkutan.
(area forecast).
prakiraan dinamis
Sama dengan prakiraan cuaca numerik.
(dynamical forecast).
prakiraan harian
Prakiraan cuaca yang dibuat setiap hari dengan masa laku selama sehari.
(daily forecast).

prakiraan jangka menengahPakiraan cuaca yang masa lakunya 2 smpai 10 hari.
(medium range forcast).

prakiraan jangka panjang
Prakiraan cuaca yang masa lakunya lebih panjang daripada prakiraan cuaca jangka menengah. Umumnya digunakan untuk prakiraan cuaca yang masa lakunya satu bulan atau lebih.
(longrange forecast).

prakiraan jangka pendekPrakiraan cuaca yang masa lakunya kurang dari tiga hari.
(shortrange forecast).

prakiraan kanjangPrakiraan cuaca yang menyatakan bahwa keadaan cuaca yang akan datang akan sama dengan keadaan sekarang. Prakiraan kanjang sering digunakan sebagai perbanding baku untuk ukuran tingkat ketepatan prakiraan yang dibuat dengan menggunakan metode lain.
(persistence forecast).
prakiraan regional
(1) Prakiraan cuaca untuk wilayah geografi tertentu.
(2) Prakiraan cuaca yang meliputi daerah luas. Lihat : prakiraan cuaca wilayah penerbangan.
(regional forecast).
prakiraan setempat
Prakiraan cuaca untuk daerah sempit.
(local forecast).

prakiraan sinop
Metode pembuatan prakiraan cuaca berdasarkan analisis sejumlah peta sinop. Selain memasukkan faktor-faktor fisis dan kinematis, metode tersebut biasanya juga memasukkan faktor klimatologi. Oleh karena itu prakiraan sinop bersifat subyektif.
(synoptic forecast).
prakiraan umum(1) Prakiraan cuaca yang akan terjadi di suatu daerah yang luas,
(2) Prakiraan cuaca yang bersifat umum, bukan untuk suatu kegiatan terentu.
(3) Prakiraan cuaca untuk masyarakat umum secara luas.
(general forecast).

prakiraan wilayah
Sama dengan prakiraan regional.

(area forecast).

prakiran panjangan
(1) Prakiraan cuaca yang masa lakunya diperpanjang sampai lebih dari dua hari dari masa laku sebelumnya saat prakiraan pertama dikeluarkan.
(2) Sama dengan prakiraan jangka menengah.
(extended forecast).
prakirawanPetugas meteorologi yang diberi wewenang untuk membuat prakiraan cuaca.
(forecaster).

proyektor pagu
Lihat: lampu sorot awan.
(ceiling projector).
puncak awan
Paras tertinggi dalam atomsfer yang memungkinkan terdapatnya butir-butir awan.
(cloud top),

purga
Badai kuat yang melanda daerah tundra di Siberia Utara dalam musim dingin.
(purga).
pusaranAliran udara yang mempunyai kepusaran.
(vortex).



Q
QAM
Sandi Q yang digunakan dalam laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah cuaca sedang berlangsung di Bandar udara. QAM disediakan untuk keperluan pendaratan dan tinggal landas pesawat udara di Bandar udara tersebut.
(QAM).QFE
Sandi Q yang digunakan dalam laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah tekanan udara sebenarnya di Bandar udara.
(QFE).QNH
Sandi Q yang digunakan dalam laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah tekanan udarab di Bandar udara yang direduksi ke permukaan laut.
(QNH).

R
RA
Singkatan dari “rain”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya curahan berupa hujan air.
(RA).

RADAR
Singkatan dari Radio Detecting and Range. Instrumen elektronik yang digunakan untuk mendeteksi objek (misalnya awan, hujan) dengan kemampuannya menerima pancaran gelombang radio yang dikembalikan dan yang dihamburkan kembali oleh objek yang menerima pancaran gelombang radio dari radar. Radar terdiri atas beberapa komponen. Komponen utamanya adalah : modulator dan antenna. Modulator menghasilkan pulsa radio dan dipancarkan melalui antenna. Gelombang radio yang dipancarkan tersebut mengenai target, misalnya awan, dan target memantulkan sebagian gelombang radio yang diterima ke antenna radar yang kemudian diperbesar oleh radio penerima dan diperagakan pada layar. Gambar pada layar tersebut dinamakan “ekho”. Terangnya ekho menunjukkan sifat fisis target. Ada dua jenis ekho, yakni ekho meteorologi dan ekho nonmeteorologi. Ekho meteorologi adalah pantulan gelombang radio dari unsur dan fenomena meteorologi, misalnya dari awan, hujan; sedangkan ekho nonmeteorologgi adalah pantulan gelombang radio yang berasal dari bukan unsur dan fenomena meteorologi, misalnya puncak gunung, gedung-gedung. Radar cuaca umumnya menggunakan gelombang radio dengan panjang gelombang 10 cm, 5 cm, 3 cm, atau 0,86 cm. Radar mutakhir menggunakan gelombang mikro (micro wave) yakni gelombang radio yang panjang gelombangnya antara 1 dan 23 cm atau frekuensi antara 50.000 dan 1300 Megacycle/detik.
(RADAR).
radiatus
Varietas awan yang dicirikan dengan bentuk lembaran–lembaran atau pita sejajar. Apabila membentang di seluruh langit, pita-pita tersebut terlihat seperti menuju ke satu titik di ufuk. Varietas radiatus terdapat pada Sirus, Altocumulus, Altostratus, Stratokumulus, dan Kumulus.
(radiatus).
radiosonde
Perangkat pengamatan suhu, tekanan, angin, dan kelembapan di berbagai ketinggian dalam atmosfer. Pengukuran dilakukan dengan alat rekam yang dapat mengirimkan hasil rekaman dengan pancaran gelombang radio. Perangkat alat tersebut digantungkan pada balon gas yang dilepaskan ke udara.
(radiosonde).
RAGSingkatan dari “ragged”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya awan yang dasarnya terbelah-belah dan sulit ditentukan ketinggiannya.
(RAG).RAREPSingkatan dari “radar report” atau sandi yang menyatakan bahwa sandi atau berita yang mengikutinya adalah data hasil pengamatan cuaca dari radar.
(RAREP).rasonSingkatan dari “radiosonde”. Lihat: radiosonde.
(rason).
raut angin
Paparan arah dan/atau kecepatan angin sebagai fungsi ketinggian dalam bentuk grafik.
(wind profile).rawinSingkatan dari “radiowind”. Cara pengamatan angin di berbagai ketinggian di dalam atmosfer dengan radar atau radiosonde Alat tersebut digantungkan pada balon gas yang dilepaskan ke dalam atmosfer.
(rawin).
rawinsondeGabungan antara radiosonde dan rawin.
(rawinsonde).reshabar
Juga disebut “angin hitam”; angin timur laut yang kuat. Sangat bergolak-galik, dan kering, yang bertiup menuruni jajaran pegunungan di Kurdistan Selatan. Lihat: angin lokal.
(reshabar).ROFOR
Sandi dalam laporan cuaca penerbangan yang menyatakan bahwa berita yang dilaporkan adalah prakiraan cuaca jalur penerbangan.
(ROFOR).roket meteorologiRoket yang digunakan untuk pengamatan meteorologi udara atas.
(meteorological rocket).RVRSingkatan dari “Runway Visual Range”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah jarak pandang landasan pacu.
(RVR).





S

SCT

Singkatan dari “scattered”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa keadaan langit berawan 1 – 4 okta.
(SCT).SA
Singkatan dari “sand”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya pasir di udara. Dilaporkan SA bila adanya pasir dinilai sebagai hanyutan rendah. Lihat: DR.
(SA).salju hanyutan
Kumpulan butir salju yang terangkat oleh angin sedikit ke atas dari pemukaan tanah. Salju hanyutan menimbulkan jarak pandang kearah mendatar setinggi paras mata menjadi berkurang.
(drifting snow).salju layangKumpulan butiran salju yang terangkat keatas agak jauh dari permukaan tanah karena angin dan golak-galik yang kuat, sehingga terkesan melayang di udara.
(blowing snow).sandi cuaca penerbangan
Sandi sinop yang digunakan untuk laporan pengamatan cuaca penerbangan.
(airways code).sandi meteorologiBerbagai aturan yang diambil dari konvensi internasional, yang mengatur tentang pemadatan berita meteorologi dalam komunikasi penyebaran.
(meteorological code).sandi sinopSandi meteorologi untuk laporan cuaca permukaan yang dibuat pada jam sinop. Sebagai contoh, menurut peraturan OMD tahun 1990 sandi cuaca permukaan atau cuaca sinop terdiri atas 6 bagian atau seksi yang susunannya sebagai berikut :
Seksi 0 : Mi Mi Mj Mj YYGGiw IIiii
Seksi 1: iRixhVV Nddff 1SnTTT 2SnTdTdTd 3PoPoPoP 4PPPP 5appp 6RRRt 7wwW1W2 8NhCLCMCH
Seksi 2 : 222DsVs (0SnTwTwTw) (1PwaPwaHwaHwa) (2PwPwHwHw) (3dw1 dw1 dw2 dw2) (4Pw1 Pw1 Pw2 Pw2) (5 Pw2 Pw2 Hw2 Hw2) (6IsEsEsRs) (ICE + (CiSibiDiZi) atau bahasa umum.
Seksi 3 : 333 (1SnTxTxTx) (2SnTnTnTn) (5EEE iE) ( snFnFnFnFn) (55SSS) (56DLDMDH) (58P24P24P24) atau (59 P24P24) (6RRRtR) (7R24R24R24R24) (8NsC hs hs) (9SpSpSpSp)
Seksi 4 : 444 N’C’H’H’Ct
Seksi 5 : 555 …..

Masing-masing huruf mempunyai arti tersendiri. Yang ada di dalam kurung boleh tidak dilaporkan karena mungkin cuaca yang dimaksud tidak pernah ada di stasiun pembuat laporan. Untuk stasiun di kawasan tropik termasuk Indonesia, laporan cuaca sinop hanya seksi 0 dan seksi 1. Keterangan singkat dari sandi tersebut sebagai berikut :
Mi Mi Mj Mj – untuk laporan cuaca sinop ditulis AAXX.
YYGG:
YY = tanggal dalam UTC; 01 berarti tanggal 1,
GG = jam pengamatan dalam UTC, 00 berarti jam 00 UTC.
iRixhVV :
iw = pengenal data angin; antara lain 1 berarti kecepatan angin dibaca dari anemometer dalam meter/detik.
iR = pengenal tentang dilaporkannya data hujan atau tidak,
ix = pengenal tentang pengamatan, a.l. apakah dilakukan oleh pengamat atau alat otomatik,
h = tinggi dasar awan terendah dari permukaan stasiun pengamatan.
VV = jauh penglihatan mendatar di permukaan bumi.
IIiii :
II = nomor blok stasiun ( Indonesia 96 dan 97).
(synoptic code)sektor awanBagian-bagian daerah liputan awan dalam sistem awan yang masing-masing mempunyai ciri sendiri. Lihat: sistem awan.
(cloud sector).selang waktu frekuensi langkisau
Selang waktu untuk menentukan frekuensi langkisau.
(gust frequency interval).
semburan udaraLongsoran udara dari badaiguntur sangat kuat, berbentuk lingkaran pusaran yang menghasilkan angin kuat yang mempunyai kekuatan merusak pada permukaan bumi tempat udara terberai akibat dari tekanan hidrostatik dari arus turun. Garis tengah daerah beraian umumnya tidak lebih dari 4 kilometer.
(microburst).



sepoi.
(1) Angin lemah,
(2) Angin, yang dalam skala Beaufort dibagi tingkatnya, yakni sepoi lemah, sepoi lembut, sepoi sedang, sepoi segar, sepoi kuat.
(breeze)sepoi lemah
Angin, dalam skala Beaufort, yang kecepatannya 1 – 6 knot.
(light breeze).sepoi lembut
Angin, dalam skala Beaufort, yang kecepatannya 7 – 10 knot.
(gentle breeze).sepoi kuat
Angin, dalam skala Beaufort, yang kecepatannya 11 - 16 knot.
(strong breeze).sepoi sedangAngin, dalam skala Beaufort, yang kecepatannya 17 - 21 knot.
(moderate breeze).sepoi segar
Angin, dalam skala Beaufort, yang kecepatannya 22 - 27 knot.
(fresh breeze).setengah lingkaran bahaya
Bagian daerah siklon tropik yang terletak di sebelah kanan arah gerakan bila siklon tropik di belahan bumi utara, dan disebelah kiri arah gerakan bila siklon tropik di belahan bumi selatan. Di bagian tersebut terdapat angin kencang dan cuaca buruk sehingga berbahaya bagi pelayaran dan penerbangan.
(dangerous semicircle).

SEV
Singkatan dari “severe”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya fenomena yang kuat, misalnya SEV TS (severe thunderstorm) menyatakan adanya badaiuntur kuat.
(SEV)SGDigunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya curahan berupa butir-butir salju. Singkatan dari “snow grain”.
(SG) .SHSingkatan dari “shower”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya hujan curah.
(SH).siaran meteorologi
Penyiaran berita meteorologi secara luas dengan sarana telekomunikasi radio sehingga memungkinkan dapat diterima oleh awak pesawat terbang di setiap pesawat terbang yang sedang dalam penerbangan. Lihat: VOLMET.
(meteorological broadcast).siaran terjadualPenyiaran berita meteorologi secara luas dengan sarana telekomunikasi radio yang dilakukan pada setiap waktu yang telah ditetapkan. Lihat: VOLMET.
(regular broadcast).SIGMETSingkatan dari “significant weather”. Kata sandi yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sandi atau keterangan yang mengikutinya adalah informasi tentang adanya perubahan cuaca dan / atau fenomena cuaca signifikan di Bandar udara dan / atau di sekitar Bandar udara yang perlu diwaspadai. SIGMET dibuat oleh Stasiun Meteorologi Penerbangan dan dikirim ke Dinas Pelayanan Informasi Penerbangan di Bandar udara yang bersangkutan, ke Stasiun Meteorologi Penerbangan lainnya, dan ke Pusat-Pusat Data dan Analisis yang ditentukan.
(SIGMET).siklon
Daerah sebaran tekanan atmosfer yang di pusatnya berupa daerah tekanan rendah. Dalam peta sinop dikenali sebagai sistem isobar tertutup berbentuk hampir lingkaran melingkari daerah tekanan rendah. Di sekitar siklon angin bertiup dengan arah mengiri bila siklon di belahan bumi utara, dan menganan bila siklon di belahan bumi selatan.
(cyclone).siklon tropis
Siklon yang berasal dari kawasan tropis. Garis tengahnya beberapa ratus kilometer, dengan tekanan udara di pusatnya dapat sampai kurang dari 900 hPa, disertai angin kencang dan hujan sangat lebat; kadang-kadang disertai pula badaiguntur. Lihat: mata badai.
(tropical cyclone).silir
Angin yang menyegarkan. Sama dengan sepoi lemah.
(light air).

silometer
Alat ukur otomatik untuk mengukur ketinggian dasar awan.
(ceilometer).sirokumulusGenera awan berbentuk gumpalan-gumpalan seperti Altokumulus, tetapi letaknya lebih tinggi dan lebih kecil, berwarna putih keperak-perakan merata dan tidak ada bayangan yang berwarna abu-abu. Sering tampak seperti sisik ikan atau garis-garis yang sejajar.
(cirrocumulus).sirostratusGenera awan berbentuk lembaran yang sering terbentang luas tetapi lebih tipis dibandingkan dengan Altostratus. Apabila ada matahari atau bulan di belakangnya, di sekeliling matahari atau bulan tampak ada lingkaran cahaya berwarna-warna yang disebut halo. Halo tersebut timbul karena peristiwa penguraian cahaya oleh butir-butir dan /atau kristal es di dalam awan.
(cirrostratus).
sirusGenera awan yang bentuknya ada yang seperti garis lurus, ada yang seperti kail berwarna putih, letaknya paling tinggi diantara letak awan lainnya. Biasanya tampak pada waktu langit cerah.
(cirrus).sirus palsu
Sama dengan sirus spisatus. Lihat: spisatus..
(false cirrus).
sistem awan
Pembagian daerah awan dalam daerah-daerah yang lebih kecil yang dibedakan menurut berbagai sifatnya. Daerah-daerah bagian tersebut disebut sektor awan.
(cloud system).sistem awan guntur
Sistem awan yang tidak berkaitan dengan lembang melainkan yang utamanya terbentuk karena golakan dan pengaruh ketakmantapan.
(thundery cloud system).
sistem nautikaSistem untuk menyatakan jarak, kecepatan, dan percepatan yang meliputi :
(a) jarak satu menit dari busur lintang geografi pada permukaan bumi adalah satu mil nautika,
(b) Satu mil nautika per jam adalah 1 knot,
(c) Satu mil nautika per jam per jam adalah percepatan dalam knot per jam.
Meskipun aslinya system nautika diperuntukkan dalam bidang kelautan, kini digunakan pula dalam bidang penerbangan.
(nautical system).skala BeaufortSkala kekuatan angin yang dibuat oleh Beaufort berdasarkan hubungan antara kecepatan angin dan keadaan laut. Skalanya dibuat dari 0 sampai 12,
(Beaufort scale).SKC
Singkatan dari “sky clear”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan keadaan langit cerah atau tidak ada awan.
(SKC).
SMOSingkatan dari “Supplementary Meteorological Station”. Lihat: kantor meteorologi pelengkap.
(SMO).

SNSingkatan dari “snow”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya hujan salju.
(SN).
sorot paguLampu sorot yang digunakan untuk mengukur ketinggian dasar awan pada malam hari.
(ceiling light).

SPECI
Kata sandi yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sandi atau keterangan yang mengikutinya adalah informasi tentang adanya fenomena khusus pada suatu saat di suatu Bandar udara dan atau di sekitarnya. SPECI dibuat untuk dikirim ke atau dipertukarkan dengan Stasiun Meteorologi Penerbangan lainnya, dan/atau dikirim ke Pusat-Pusat Data dan Analisis yang ditentukan.
(SPECI).
spectrum olak
(1) sebaran kekerapan olak dalam berbagai ukuran atau skala di dalam aliran yang bergolak-galik.
(2) Sebaran energi kinetic diantara olak dalam berbagai kekerapan atau skala.
(eddy spectrum).

spesies awan
Penggologan dari genera awan dengan membedakan bentuk-bentuk baru yang terjadi karena berbagai sebab, misalnya karena angin, sungsangan suhu sehingga awan dapat berubah bentuknya, tetapi masih mempunyai sifat-sifat aslinya. Ada 14 spesies, yang diberi nama: fibratus, flokus, fraktus, humilis, kalvus, kapilatus, kongestus, lentikularis, mediokris, nebuloses, spisatus, stratiformis, unsinus.
(cloud species).
spesifikasi sandi
Penjelasan rinci tentang bentuk sandi yang digunakan dalam menyatakan berita meteorologi.
(code specification).

spisatusSpesies awan, dicirikan dengan bentuk ketebalan optik cukup besar dan menampakkan warna keabu-abuan bila dilihat ke arah matahari. Spisatus hanya terdapat pada Sirus, dengan nama Sirus spisatus.
(spesitus).
SQSingkatan dari “squall”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya gebos.
(SQ).

SSSingkatan dari “sandstorm”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya badai pasir.
(SS).

stasiun cuaca bergerakPerangkat alat pengamatan cuaca yang ditempatkan pada kendaraan yang dapat berpindah-pindah. Biasanya digunakan untuk melakukan pengamatan cuaca di tempat-tempat yang tidak ada stasiun cuaca tetap.
(mobile weather station).

stasiun cuaca otomat
Perangkat alat pengamatan cuaca yang dapat merekam unsur cuaca secara otomatik.
(automatic weather station).
stasiun cuaca tetap
Perangkat alat pengamatan cuaca yang dipasang di suatu tempat yang tetap.
(fixed weather station).
stasiun meteorologi
Unit kerja yang menangani tugas dalam bidang meteorologi.

(meteorological station).
stasiun meteorologi aeronautik
Stasiun meteorologi tempat melakukan pelayanan meteorologi untuk kegiatan penerbangan.
(aeronautical meteorological station).
stasiun meteorologi bergerakSama dengan stasiun cuaca bergerak.
(mobile meteorological station).
stasiun meteorologi tetapSama dengan stasiun cuaca tetap.
(fixed meteorological station).

stasiun meteorologi pesawat udaraPesawat terbang khusus yang dilengkapi perangkat peralatan meteorologi untuk digunakan pengamatan cuaca, analiisis cuaca, dan lain-lain.
(aircraft meteorological station).

stratusGenera awan berbentuk pipih datar atau terbentang melintang dekat permukaan bumi; warnanya abu-abu sampai kecoklat-coklatan. Stratus sering terlihat di daerah pegunungan dan di atas laut pada pagi dan sore hari. Kadang-kadang stratus terbentuk dari kabut yang terangkat pada waktu ada sinaran matahari. Umumnya tidak menimbulkan hujan. Stratus termasuk jenis awan rendah.
(stratus).

stratpauzePuncak dari stratosfer, atau lapisan di antara stratosfer dan mesosfer.
(stratopauze).

stratosfer
Lapisan atmosfer di atas troposfer dan di bawah mesosfer. Suhu di dalam stratosfer berkisar dari sekitar –45 oC sampai –75 oC. Stratosfer bersifat mantap dengan laju susut suhunya sekitar nol atau isotermal. Komposisi atmosfer pada dasarnya sama dengan troposfer, hanya di dalam stratosfer banyak terdapat ozon. Berbeda dengan troposfer, di dalam stratosfer makin keatas suhunya makin tinggi karena di dalam stratosfer terdapat banyak Ozon yang mempunyai sifat menyerap sinaran gelombang ultraviolet dari matahari. Ozon terdapat pada ketinggian antara 20 dan 50 km. Bagian yang banyak mengandung ozon ada kalanya dinamakan lapisan ozonosfer. Puncak stratosfer terletak pada ketinggian sekitar 50 km. Pada bagian bawah stratosfer di atas kawasan dekat kutub sering timbul angin kencang yang disebut arus jet. Arus jet arahnya dari barat dan kecepatannya lebih dari 150 km/jam.
(stratosphere)
suhu maya
Suhu yang terukur apabila udara lengas dikeringkan dengan rapat massa dan tekanan tetap seperti sebelumnya. Suhu maya selalu lebih tinggi dibandingkan dengan suhu sebenarnya, yang kira-kira hubungannya dinyatakan dengan rumus berikut :

Tv = ( 1 + 0,61 q ) T,

dengan Tv = suhu maya, q = kelembapan spesifik.
(virtual temperature).

suhu muka lautSuhu air pada permukaan laut.
(sea surface temperature).
suhu potensialSuhu yang dimiliki gugus udara kering apabila gugus udara tersebut dinaikkan atau diturunkan ke paras tekanan 1000 mb dengan proses adiabat. Dalam matematika dinyatakan dengan rumus :

q = T ( 1000/p )R/cpd

dengan q = suhu potensial, T = suhu gugus dalam derajat Kelvin pada paras tekanan p, p = tekanan pada paras tempat gugus semula, R = konstanta gas untuk udara kering, dan cpd kapasitas bahang spesifik udara kering. Nilai R/cpd =0,286.

suhu potensial setaraSuhu potensial yang berkaitan dengan suhu setara.

qE = TE ( 1000/p )0,286
dengan qE = suhu potensial setara, TE = suhu setara adiabat.
(equivalent potential temperature).
suhu setaraSuhu yang dimiliki gugus udara apabila udara dalam gugus tersebut habis karena mengembun dalam keadaan tekanan tetap dan bahang yang keluar karena pengembunan digunakan oleh udara luar. Dalam matematika dinyatak dengan rumus :

Ts = T( 1 + Lw/cpT)

Dengan Ts = suhu setara, T = suhu udara, L = bahang pendam, w = nisbah campur, dan cp= kapasitas bahang spesifik udara pada tekanan tetap.
(equivalent temperature)
suhu setara adiabatSama dengan suhu setara
(adiabatic equivalent temperature).

suhu setara isobarSama dengan suhu setara.
(isobaric equivalent temperature).

sumatra(1) Nama pulau di Indonesia.
(2) Gebos yang disertai angin kencang melebihi 50 km/jam yang terdapat di selat Malaka. Sering terjadi dalam musim angin baratdaya (dalam bulan April sampai Nopember) dalam bentuk gebos garis atau gebos lengkung, dan umumnya timbul pada malam hari, serta menimbulkan penurunan suhu secara mendadak. Sumatra dapat menimbulkan gelombang laut tinggi.
(sumatra).
sungsanganPenyimpangan bagi perubahan sifat atmosfer mengikut ketinggian dari kebiasaannya. Lazimnya digunakan untuk suhu, dan juga kelembapan, serta hujan.
(inversion).
sungsangan hujanSebaran hujan menegak yang berkurang mengikut ketinggian. Biasanya terdapat pada lereng pegunungan. Di tempat-tempat yang ketinggiannya dibawah 1500 meter hujan bertambah mengikut ketinggian dan di atasnya makin keatas hujan makin berkurang.
(rain inversion).

sungsangan suhu
Sebaran suhu menegak yang bertambah mengikut ketinggian.
(temperature inversion).


T
tabel klimatologi bandar udara
Tabel yang memuat data statistik hasil pengamatan satu atau lebih unsur cuaca di suatu Bandar udara.
(aerodrome climatological table).

tabel sandiTabel yang berisi keterangan pasangan antara sandi atau huruf sandi dan unsur meteorologi yang bersangkutan. Tabel sandi digunakan untuk membuat atau menerjemahkan sandi berita meteorologi.
(code table).
taburan golak-galik
Percampuran bahan-bahan atmosfer dan sifat-sifat yang ditimbulkan oleh olak.
(turbulent diffusion).


TAFORSingkatan dari “terminal forecast”. Sandi meteorologi yang menunjukkan bahwa berita yang tertulis di belakangnya adalah tentang prakiraan cuaca Bandar udara.
(TAFOR).

tahap hujan batu / es
Teori tentang pembentukan hujan batu atau hujan es. Teori tersebut mengatakan bahwa hujan batu dapat terjadi melalui proses termodinamik pembekuan tetes air dalam udara yang naik secara adiabat dengan suhu dibawah titik beku, dengan anggapan bahwa keluarnya bahang pendam karena percampuran tidak mengubah suhu sampai semua air membeku. Tetapi teori tersebut agak banyak berbeda dengan kenyataan. Menurut pengamatan menunjukkan bahwa pembekuan air di dalam udara terjadi dalam keadaan air adidingin. Oleh karena itu teori tahap hujan es tersebut jarang digunakan sebagai model.
(hail stage).
taklimat
Pemberian penjelasan secara langsung kepada penerbang, awak penerbang sebelum terbang dan / atau operator penerbangan, tentang cuaca di sepanjang jalur dan wilayah penerbangan, serta di Bandar udara yang termasuk dalam rencana penerbangan.
(briefing).

taklimat penerbangPemberian penjelasan secara langsung kepada petugas meteorologi dari penerbang atau awak pesawat setelah terbang tentang cuaca di sepanjang jalur penerbangan.
(pilot briefing).

TCUSingkatan dari “towering cumulus”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya Kumulus yang menjulang tinggi. Adanya jenis awan tersebut harus selalu dilaporkan.
(TCU).

teduh
(1) Keadaan tak ada angin.
(2) Angin yang kecepatannya kurang dari 1 knot.
(calm).
tekanan atmosfer
Tekanan pada tiap satuan luas bidang yang ditimbulkan oleh berat kolom udara diatas bidang tersebut. Seperti halnya benda-benda lain, atmosfer mempunyai berat karena gravitasi bumi, sehingga permukaan bumi menahan beban sebesar berat atmosfer. Apabila dibayangkan bahwa diatas suatu bagian permukaan bumi terdapat kolom yang berisi udara, maka beban yang diterima oleh permukaan tersebut sama dengan berat udara dalam kolom diatasnya mulai dari permukaan sampai puncak atmosfer. Berat atmosfer yang diterima permukaan tiap satuan luas disebut tekanan atmosfer. Dari hasil penelitiannya Torricelli mengemukakan bahwa tekanan tersebut rata-rata sama dengan beratnya air raksa yang terdapat dalam tabung sepanjang 76 cm dan penampangnya 1 cm2. Dengan demikian apabila berat jenis air raksa 13,6 g/cm3 maka tekanan atmosfer tersebut sebesar 76 x 13,6 = 1033,6 g/cm2 dan disebut 1 atmosfer ( 1 atm). Untuk menyatakan besarnya tekanan atmosfer digunakan satuan milibar (mb).
1 atm = 1013,250 mb
1 mb = 1000 dyne /cm2 = 1 hPa (hektopascal)
Tekanan atmosfer selalu berubah dan berbeda di setiap tempat. Di kawasan tropik tekanan udara umumnya lebih kecil dibandingkan rata-rata tekanan atmosfer daerah luar tropik. Perubahannya mempunyai ciri khas bahwa dalam satu hari berubah dengan dua kali mencapai maksimum dan dua kali mencapai minimum. Maksimum terjadi pada sekitar pukul 10 pagi dan pukul 10 malam waktu setempat, dan minimum pada sekitar pukul 4 sore dan pukul 4 pagi waktu setempat. Perubahan yang demikian itu berkaitan dengan pasang surut atmosfer.
(atmospheric pressure).
tekanan rendah(1) Daerah dengan tekanan rendah pada peta ketinggian tetap. Pada peta ketinggian tetap, daerah tersebut berupa isobar tertutup berbentuk ellips yang makin ke dalam tekanannya makin rendah.
(2) Daerah dengan ketinggian rendah pada peta tekanan tetap. Pada peta tekanan tetap, daerah tersebut berupa kontur tertutup berbentuk ellips yang makin ke dalam ketinggiannya makin rendah. Dalam peta sinop tekanan rendah selalu berkaitan dengan sirkulasi siklon, tetapi tidak selalu demikian di kawasan dekat khatulistiwa.
(low)

tekanan stasiunTekanan yang diperoleh dari pembacaan barometer di suatu stasiun pengamatan cuaca, setelah dikoreksi dan direduksi ke paras suatu titik di stasiun tersebut. Lihat : QFE.
(station pressure).


tekanan tinggi(1) Daerah dengan tekanan tinggi pada peta ketinggian tetap. Pada peta ketinggian tetap daerah tersebut berupa isobar tertutup berbentuk ellips yang makin ke dalam tekanannya makin tinggi. (2) Daerah dengan ketinggian tinggi pada peta tekanan tetap.. Pada peta tekanan tetap daerah tersebut berupa kontur tertutup berbentuk ellips yang makin ke dalam ketinggiannya makin tinggi. Dalam peta sinop tekanan tinggi selalu berkaitan dengan sirkulasi antisiklon.
(high).

TEMPO
Singkatan dari ”temporary”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan adanya keadaan, misalnya banyaknya awan, dalam suatu bagian waktu yang sebentar-sebentar berubah.
(TEMPO).

terang suaianSama dengan cerah suaian.
(adaptation illuminance).

terang udara
Peningkatan kecerahan semu pada siang hari dari suatu objek yang jauh letaknya dari pengamat disebabkan karena hamburan cahaya ke arah pengamat yang ditimbulkan oleh partikel dalam atmosfer dan molekul udara yang berada antara pengamat dan objek. Peningkatan kecerahan tersebut bertambah mengikut jarak objek dari pengamat dan petambahan jumlah bahan penghambur.
(airlight).
termometri pesawat udara
Ilmu tentang pengukuran suhu dari pesawat terbang. Hasil pengkuran suhu dari pesawat terbang berbeda dengan suhu sebenarnya dari udara di sekitar pesawat terbang karena pengaruh gerak relatif udara, dan karena pembasahan thermometer dari air dalam udara.
(aircraft thermometry).

teodolitAlat yang digunakan untuk melacak balon pilot untuk memperoleh data arah dan kecepatan angin di udara atas.


(theodolith).
timuranAngin dalam daerah tertentu yang selalu mempunyai komponen arah dari timur. Daerah tersebut dapat luas, atau dalam bentuk pias. Lihat: timuran khatulistiwa, timuran tropik, timuran kutub.
(easterlies)
timuran khatulistiwa.
Timuran di kawasan khatulistiwa.
(equatorial easterlies)

timuran kutubTimuran di kawasan kutub.
(polar easterlies)

timuran tropik
Timuran di kawasan tropik. Lihat angin pasat.
(tropical easterlies).
tipe cuacaGeneralisasi dari serangkaian keadaan sinop yang digunakan untuk mencirikan cuaca di suatu daerah. Biasanya dipaparkan dalam bentuk peta misalnya pola tekanan, pola peredaran angin udara atas.
(weather type).

titik embun
Suhu yang diperoleh apabila suhu udara pada saat itu diturunkan dengan tekanan tetap sehingga semua uap air mengembun.
(dew point).

TKOFSingkatan dari “takeoff”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya fenomena tertentu di daerah landasan pacu tempat pesawat terbang akan tinggal landas.
(TKOF).

topanSiklon tropik hebat yang terdapat di kawasan Lautan Atlantik Utara dan laut Karibia, Teluk Meksiko, dan bagian timur Lautan Pasifik Timur.
(hurricane).
tornadoSama dengan angin puyuh., puting beliung.
(tornado).

translusidusSpesies awan yang dicirikan dengan susunan bertumpuk, berlapis, atau lembaran-lembaran tetapi matahari atau bulan masih dapat terlihat apabila terdapat di antara tumpukan atau lapisan tersebut. Translusidus terdapat pada Altokumulus, Altostratus, Stratokumulus, dan Stratus.
(translucidus).


transmisometerAlat untuk mengukur banglas atau jarak pandang yang dirancang berdasarkan pengukuran pelemahan sinar lampu dari sumber cahaya yang ditetapkan.
(transmisometer).
tropopauzeBatas antara troposfer dan stratosfer. Ditandai dengan berubahnya laju susut suhu; di ata kawasan tropic letaknya pada ketinggian antara 15 -20 kilimetrer, sedangkan di atas kawasan kutub sekitar 10 kilimeter. Sering terlihat tropopauze tidak tunggal melainkan tersusun atas beberapa lapisan. Tebal tropopauze hanya sekitar 1km; di dalamnya makin keatas suhunya tetap atau makin besar.
(tropopauze)
troposfer
Bagian bawah atmosfer mulai dari permukaan bumi sampai bagian bawah tropopauze; tebalnya berkisar dari sekitar 10 km sampai 20 km. Troposfer dicirikan dengan berkurangnya kadar mengikut ketinggian dari suhu, kecepatan vertikal angin, kadar uap air, dan cuaca. Rata-rata tiap kenaikan 1 km suhu berkurang sekitar 6 oC. Pengurangan suhu tersebut disebut laju susut suhu. Makin keatas kelembapan udara juga makin berkurang, tetapi laju pengurangannya tidak teratur. Hampir 75% dari seluruh massa atmosfer terkumpul di dalam troposfer. Di dalam troposfer inilah fenomena cuaca misalnya awan, hujan, badai dan lain-lain dapat terjadi. Di atas kawasan kutub tebalnya troposfer sekitar 8 km, sedangkan di atas kawasan khatulistiwa sekitar 16 km. Di dalam troposfer inilah fenomena cuaca misalnya awan, hujan, badai dan lain-lain dapat terjadi.
(troposphere)
TSSingkatan dari ”thunderstorm”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya badaiguntur.
(TS).

tubaPilar awan atau kerucut awan terbalik, yang menjulur keluar dari bawah awan. Sering terlihat pada Kumulonimbus, dan kadang-kadang pada Kumulus. Lihat: awan corong, angin puyuh, belalai air.
(tuba).
tudung awanSama dengan awan tudung.
(cloud cap).
TURBSingkatan dari “turbulence”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya golak-galik.
(TURB).

U
udara atas
Udara di atas lapisan troposfer paling bawah, tetapi batas bawah yang pasti tidak didefinisikan. Umumnya paras 850 hPa digunakan sebagai paras paling bawah.
(upper air).

udara cerah
(1) Cuaca cerah tak ada awan.
(2) Udara tidak mengandung bahan-bahan yang mengurangi banglas.
(clear air).

udara kering
(1) Udara yang tidak mengandung uap air.
(2) Udara yang kelembapan nisbinya rendah.
(dry air).
udara lengas
(1) Campuran antara udara kering dan uap air.
(2) Udara dengan kelembapan nisbi tinggi.
(moist air).

udara tercemarUdara yang mengandung partikel-partikel debu, asap, atau jasad renik, atau gas asing yang bukan unsur komposisi normalnya.
(polluted air).

ufuk kaburPuncak lapisan kabur yang dibatasi paras bawah sungsangan suhu dan mempunyai ketampakan seperti ufuk apabila dilihat dari atas membelakangi langit.
(haze horizon).

umur langkisauSelang waktu antara awal dan akhir dari langkisau.
(gust duration).
undulatusVarietas awan yang dicirikan dengan bentuk tumpukan, lembaran, atau lapisan yang agak seragam dan beralun. Sering terlihat pada lapisan awan seragam yang terpadu atau terpisah.
(undulatus).
unsur cuaca
Peubah atmosfer dan fenomena yang digunakan untuk mencirikan cuaca, misalnya suhu, tekanan, angin, kelembapan, hujan.
(weather element).
unsur cuaca penerbangan
Unsur cuaca yang dipandang penting dalam penerbangan, misalnya: angin, banglas, jarak pandang landasan pacu (runway visual range), awan, suhu udara, titik embun, tekanan udara, dan berbagai fenomena (a.l. hujan, kabut, kekaburan udara, asap, debu letusan gunung, badai guntur, badai pasir, tornado).
(aeronautical weather element).

unsur meteorologiSama dengan unsur cuaca.
(meteorological element).
UTCSingkatan dari “Universal Time Coordinated”. Lihat: Waktu Semesta Terselaras.
(UTC).




V

VASingkatan dari “volcanic ash”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya debu letusan gunung. Dalam penerbangan, adanya debu letusan gunung selalu harus dilaporkan.
(VA).

VALIDSingkatan dari “validity”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan masa laku prakiraan cuaca penerbangan yang dibuat.
(VALID).

varietas awanPenggolongan awan menurut sifat keterawangan dan atau susunan mikroskopiknya. Dengan sifat tersebut terdapat 9 varietas; yakni duplikatus, intortus, lokunosus, opakus, radiatus, translusidus, undulatus, vertebratus.
(variety of cloud).

VCSingkatan dari “vicinity”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya fenomena (misalnya hujan, badaiguntur, dll.) terlihat di luar Bandar udara.
(VC).

vektor langkisauPenyimpangan vektor angin langkisau terhadap kecepatan rata-rata dalam selang waktu yang ditentukan.
(gust vector).


velumBentuk tambahan pada awan yang meluas di atas atau tertembus oleh awan jenis Kumulus. Velum dapat terjadi pada awan Kumulus dan Kumulonimbus.


(velum).

VER VIS
Singkatan dari “vertical visibility”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah banglas vertikal.
(VER VIS).
vertebratus
Varietas awan yang dicirikan dengan bentuk susunan unsur-unsur awan seperti kerangka tulang belakang, tulang rusuk, atau kerangka tulang ikan. Vertebratus hanya terdapat pada Sirus.
(vertebratus).

virgaCorekan es atau air, terdapat pada dasar awan seperti bentuk tambahan awan yang timbul karena curahan yang tidak sampai ke bumi. Virga dapat terjadi pada Sirokumulus, Altokumulus, Altostratus, Kumulus, atau Kumulonimbus.
(virga).

VIS
Singkatan dari “visibility”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan bahwa yang dilaporkan adalah banglas mendatar.
(VIS).
VOLMETKata sandi yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sandi atau keterangan yang mengikutinya adalah informasi cuaca, baik cuaca sedang berlangsung maupun prakiraan, yang disiarkan secara luas (broadcast) untuk para penerbang.
(VOLMET).
VRB
Singkatan dari “variable”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya angin yang berubah-ubah, baik arahnya maupun kecepatannya. Bila arah angin yang berubah-ubah, dalam laporan ditulis dari arah mana sampai arah mana, misalnya arah angin berubah-ubah antara 346 derajat dan 50 derajat, ditulis VRB BTN 350/and 050 (variable between 350 and 050 degrees). Bila kecepatan yang berubah-ubah dituliskan berapa maksium dan berapa minimumnya.
(VAR)

W

waktu baku antara
Sama dengan jam sinop antara.
(intermediate standard time).

waktu baku utama
Sama dengan jam sinop utama.
(main standard time).

waktu pembentukan langkisau
Selang waktu antara awal terjadinya dan saat tercapainya amplitude langkisau.
(gust formation time).

waktu pengamatan baku
Waktu yang dibakukan oleh OMD sebagai saat dilakukannya pengamatan meteorologi secara internasional. Lihat: jam sinop.
(standard time of observation).

waktu pengamatan sebenarnya
(1) Dalam hal pengamatan sinop permukaan, adalah waktu dilakukannya pembacaan barometer.
(2) Dalam hal pengamatan udara atas, adalah waktu pelepasan balon, waktu dilepaskannya parasit bila pengamatan menggunakan alat yang dilepaskan dari pesawat terbang, atau waktu diluncurkannya roket bila pengamatan dilakukan dengan roket..
(actual time of observation).

Waktu Semesta Terselaras
Waktu yang diselaraskan berdasarkan jam yang berputar secara tetap mendekati waktu putaran bumi yang telah dikoreksi terhadap gerakan kutub dan perubahan musiman putaran bumi.
(Unversal Time Coordinated).

waktu rata-rata Greenwich
Waktu rata-rata setempat pada lintang 0 derajat yang melalui Greenwich, Inggris. Waktu baku bagi Inggris. Dahulu digunakan koreksi waktu di dunia.
(Greenwich Mean Time).

waktu setempat
Waktu yang dihitung dari mulai tengah hari yaitu pada saat matahari sebenarnya atau saat rata-rata matahari melintasi bujur tempat yang bersangkutan.
(local time).

waktu surut langkisau
Selang waktu antara saat terjadinya amplitudo langkisau dan saat akhir langkisau.
(gust decay time).

wambraw
Lihat : angin lokal.
(wambraw).

WKN
Singkatan dari “weakening”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan perubahan intensitas fenomena yang diinformasikan, melemah.
(WKN).

WMO
Singkatan dari World Meteorological Organization. Lihat: Organization.isasi Meteorologi Dunia.
(WMO).

WS
Singkatan dari “wind shear”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan gawar adanya geser angin.
(WS).
--------------

2 comments:

Kalau nyunting buku orang lain mohon disebutkan sumbernya ya Pak.
 
Siap Pak Soerjadi.. maaf Pak injiih.. Kamus di Atas Milik Pak Soerjadi
 

Poskan Komentar