geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Minggu, 15 Mei 2011

Teknik Pengumpulan Data


1.      Teknik Pengumpulan Data Langsung
            Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalaui pengamatan dan pencatatan gejala-gejala yangb tampak pada obyek penelitian yang pelaksanaannya langsung pada tempat dimana suatu peristiwa, keadaan atau situasi yangb sedang terjadi. Peristiwa atau keadaan yang sedang terjadi itu dapat di buat dan dapat pula yang sebenarnya. Sedangkan pengamatan dapat dilakukan dengan atau tanpa bantuan alat.
2.      Observasi Tidak Langsung
            Merupakan teknik Pengumpulan data yang dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan gejala-gejala yang tampak pada obyek penelitian yang pelaksanaanya tidak langsung ditempat atau pada saat peristiwa, keadaan atau situasi itu  terjadi. Peristiwa, keadaan atau situasi itu dapat yang sengaja dibuat atau dapat pula yang sebenarnya. Sedang pengamatannya dapat dilakukan dengan atau tanpa alat.
3.      Teknik Komonikasi Langsung
Merupakan Teknik Pengumpulan Data yang mengharuskan seorang peneliti mengadakan kontak langsung secara lisan atau tatap muka (face to face) dengan sumber data, baik da;lam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi yang sengaja di buat untuk keperluan tersebut.
4.      Teknik Komonikasi Tidak Langsung 
            Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan hubungan tidak langsung atau dengan perantaraan alat, baik berupa alat yang sudah tersedia maupun alat khusus yang di buat untuk keperluan itu.
5.      Teknik Pengukuran
           Merupakan Teknik Pengumpulan data yasng bersifat  kuantitatif untuk mengetahui tingkat atau derajat aspek tertentu di bandingkan dengan norma tertentu pula sebagai satuan ukur yang relevan. Misalnya berat dengan gram, ons, koligram. Panjang dengan mm, cm, m, hm, km dan lain-lain.
6.Teknik Studi Dokumenter/ Bibliographis
         Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakuakan dengan katagorisasi dan klasifikasi bahan-bahan tertulis yang berhubungan dengan masalah penelitian, baik dari sumber dokumen maupun buku- buku, Koran, majalah dan lain-lain.
            Penggunaan teknik-teknik di atas sangat tergantung pada alat yang di pergunakan, walaupun setiapa teknik terdapat juga kriteria yang bersifat umum. Untuk itu sebelum mengemukakan tentang cara penggunaanya, di bawah ini akan mengemukakan beberapa jenis alat yang relevan dengan setiap teknik tersebut:
            Untuk teknik observasi langsung dan tidak langsung dapat digunakan alat pengumpul data sebagai berikut :
a)      Catatan anekdot ( anecdotal record).
b)      Catatan berkala (incidental record).
c)      Daftar cek (chek list).
d)     Skala nilai (rating skala).
e)      Peralatanm mekanis (mechanical devices).
            Untuk Teknik komonikasi digunakan alat berupa intervew atau wawancara.
            Untuk Teknik komonikasi tidak langsung dipergunakan alat berupa kuesioner atau angket.
            Untuk teknik pengumpulan data di pergunakan berbagai jenis alat  pengumpulan data antara lain:
a)      Timbangan
b)      Gelas ukur
c)      Thermometer atau barometer
d)     Berbagai jenis test
e)      Dan lain-lain

            Untuk teknik studi dokumenter dapat dipergunakan alat pengumpul data berupa gambar atau catatan–catatan khusus yang dihimpun menurut klasifikasi permasalahan masing-masing. Di dalam setiap catatan tidak hanya dicatat materinya , akan tetapi juga dicantumkan sumbernya lengkap dengan bab dan halaman serta dari mana sumber itu diperoleh.

0 comments:

Poskan Komentar