geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Selasa, 03 April 2012

Meteorologi dan Oceanografi



ANT-II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI



1. a. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan proses adiabatis dalam atmosfer bumi sehubungan dengan gerakan udara vertikal naik ke atas turun ke bawah !

Jawab
Yang dimaksud dengan proses adiabatis dalam atmosfer sehubungan dengan gerakan udara vertikal ke atas dan turun ke bawah dalam atmosfer adalah perubahan-perubahan tekanan, volume, temperatur dan suatu gas dimana tidak ada penambahan / pengurangan energi / panas ke dalam / keluar dari gas tersebut.

b. Mengapa gerakan udara vertikal naik ke atas dan turun ke bawah atmosfer dapat dianggap sebagai proses yang berlangsung secara adiabatis ?

Jawab
Gerakan ke atas dan ke bawah dianggap proses yang berlangsung secara adiabatis, karena :
1. Udara adalah konduktor yang kurang baik
2. Pencampuran antara sampel udara yang naik / turun dengan udara sekitarnya itu berlangsung sangat lambat
3. Gerakan udara naik turun tersebut berlangsung singkat.

2. a. Sebutkan dan jelaskan masing-masing unsur yang dapat digunakan sebagai tanda adanya / mendekatnya sebuah siklon tropis di sekitar posisi kapal.

Jawab
1. Tekanan udara
Jika terjadi penurunan tekanan udara yang sangat drastis jauh di bawah nilai normalnya (nilai rata-rata variasi harian)
2. Angin
Bila terjadi penyimpangan arah dan kecepatan angin dari biasanya yang bertiup di daerah tersebut dan arah berubah-ubah secara veering / backing dan kecepatan terus bertambah
3. Swell ware atau alun
Kedatangan swell yang makin lama makin besar
4. Awan-awan
Barisan awan cirrus dan cirrus cumulus yang makin padat menuju ke suatu pusat langit.

b. Jelaskan bagaimana cara untuk menentukan bahwa kapal berada pada sektor dangerous semi circle atau pada sektor navigable semi circle sebuah siklon, masing-masing apabila kapal berdasarkan di belahan bumi utara dan apabila kapal berada di belahan bumi selatan, sedang posisi dan arah pergeseran siklon tropis bersangkutan belum diketahui.

Jawab
Cara untuk menentukan kapal kita berada pada sektor dangerous SC untuk atau pada sektor navigable semi circle, yaitu :
- Di belahan Bumi Utara
Jika angin berubah secara veering, maka kapal berada pada sektor dangerous SC, sedang jika perubahan angin berubah secara backing, maka kapal berada pada sektor Navigable SC siklon
- Di belahan bumi selatan 
Jika angin berubah secara veering maka kapal berada pada sektor navigable semi circle, sedang jika angin berubah secara backing, maka kapal berada pada sektor dangerous SC siklon tropis.

3. a. Mengapa khusus untuk daerah lintang utara 20o utara dan selatan atau rendah tropik pada peta synoptik, 

Jawab
Permukaan laut umumnya lebih baik dengan analisa stream – line daripada dengan analisa isobarik.

Jelaskan mengapa khusus untuk L 20o U dan S akan lebih baik dengan analisa stream line dari pada dengan analisa isobarik.

Jawab
Karena pada daerah tropik tekanan, udara pada umumnya, hampir homogen, sehingga apabila dianalisa dengan analisa isobarik akan didapat garis-garis isobar yang hampir-hampir lurus dan sejajar dengan jarak yang sangat renggang sehingga sulit untuk menentukan arah dan kecepatan angin.

b. Apakah yang dimaksud dengan pola depresi atau pola tekanan rendah hasil analisa isobaric peta sinoptik serta jelaskan pula bagaimana arah dan kecepatan aliran arus angin dan keadaan cuaca pada umumnya di sekitar pusat pola tekanan rendah tersebut ? 
Apakah yang disebut dengan pola depresi pada analisa isobarik pada peta synoptik permukaan laut serta jelaskan bagaimana arah dan kecepatan angin serta keadaan cuaca pada umumnya di daerah tersebut. 

Jawab
Adalah suatu pola dimana suatu daerah bertekanan rendah pada pusatnya dikelilingi oleh satu atau lebih isobar-isobar yang tertutup. Keadaan cuaca buruk dengan pertumbuhan awan yang tinggi. Kecepatan angin cukup kuat dengan sirkulasi anti clockwise di belahan utara dan clockwise di selatan.

4. a. Gambarkan garis-garis isobar dan arah angin di sekitar pusat sebuah system tekanan rendah !
Gambarkan isobator-isobator arah arus angin dan front-front di sekitar sebuah depresi daerah sedang di belahan bumi selatan kemudian pada gambar tersebut tentukan / berikan tanda dimana yang disebut sebagai udara post-frontal dan udara dingin pre-frontal. Jika gambar depresi daerah sedang tersebut di atas sebuah kapal berlayar dari arah timur ke arah barat dengan melewati dan memotong front-front depresi daerah sedang tersebut di sebelah utara pusatnya, jelaskan bagaimana keadaan tekanan udara, arah arus angin, temperatur udara dan keadaan cuaca yang akan dialami kapal tersebut !
b. Jelaskan arah aliran dan kecepatan arus angin serta keadaan cuaca !

5. a. Apakah yang dimaksud dengan kabut laut serta jelaskan pula apakah persamaan dan perbedaan antara kabut dengan mist ?
b. Jelaskan terjadinya kabut laut dengan frekwensi yang relatif tinggi di daerah New FOUnland pada musim panas di barat laut Atlantik Utara.

Jawab
Terjadinya frekuensi kabut ini terjadi karena arus angin labrado mengalir ke selatan melalui selat Davis dan bertemu dengan arus bluf stream yang akan mengandung banyak uap air setelah melewati air laut panas dari air panas bluf stream. Angin muson tersebut mengalami pendinginan oleh arus dingin labador yang berada di bawahnya, sehingga uap air yang terkandung berkondrisasi dalam bentuk kabut.


ANT-II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1. a. Di lautan Pasifik, terdapat daerah dengan frequensi hujan yang relatif tinggi di daerah doldrum, jelaskan apakah penyebabnya dan dimana pusatnya serta bagaimana pergeseran terhadap lintang ke utara dan selatan !

Jawab
Pergeseran hujan tinggi di daerah di dalam bagian timur lautan Pasifik, disebabkan oleh konvergensi angin pasat timur laut dalam dan angin pusat tenggara. Daerah ini berpusat di sekitar 125o Barat pergeseran musimannya terhadap lintang sangat kecil.

b. Di laut Pasifik bagian barat terdapat daerah dengan distribusi hujan yang tidak tentu, jelaskan apakah penyebabnya ?

Jawab
Frekuensi hujan yang relatif tinggi di dekat ekuator Hindia disebabkan interaksi antar angin Muson barat daya dengan angin Muson timur laut yang selanjutnya mendorong equator.

2. a. Jelaskan keadaan udara atau atmosfir yang bagaimana yang umumnya baik untuk pembentukan dan pertumbuhan serta perkembangan siklon tropik !

Jawab
Keadaan atmosfir yang umumnya baik untuk dapat terbentuk siklok tropis, diantaranya :
- Di daerah dimana pada suatu musim mempunyai temperatur permukaan laut yang terpanas yang umumnya terjadi di bagian barat di daerah tropik pada musim panas dan permulaan musim gugur
- Di daerah dimana di atasnya merupakan udara equator yang sangat basah dan labil sampai lapisan atmosfer yang cukup tinggi, yang umumnya terdapat di daerah dengan temperatur permukaan air laut yang tinggi 
- Di daerah dimana variasi keadaan angin dengan perubahan tinggi relatif kecil di seluruh lapisan atmosfer bagian bawah 
- Di daerah dimana sebelumnya terjadi pusaran angin yang lemah (misal tropical disturbase tropical depresion). Ini merupakan keadaan utama terbentuknya siklon tropis yang tampak sebagai sirkulasi tertutup
- Di daerah dimana terjadi gangguan pada angin pusat timur, dimana arus udara membelok, misalnya belokan arah arus angin yang dapat terjadinya tekanan rendah.

b. Tuliskan dan jelaskan masing-masing unsur yang dapat digunakan sebagai tanda adanya terbentuknya ataupun mendekatnya sebuah siklon tropis di sekitar posisi kapal !

Jawab
1. Tekanan udara
Jika terjadi penurunan tekanan udara yang sangat drastis jauh di bawah nilai normalnya (nilai rata-rata variasi harian)
2. Angin
Bila terjadi penyimpangan arah dan kecepatan angin dari biasanya yang bertiup di daerah tersebut dan arah berubah-ubah secara veering / backing dan kecepatan terus bertambah
3. Swell ware atau alun
Kedatangan swell yang makin lama makin besar
4. Awan-awan
Barisan awan cirrus dan cirrus cumulus yang makin padat menuju ke suatu pusat langit.

3. a. Mengapa front dingin pada sebuah depresi daerah sedang atau depresi polar umumnya bergerak lebih cepat dari pada front panas, sehingga akhirnya terjadi proses oklusi, jelaskan pula apakah yang dimaksud dengan proses oklusi tersebut ?
Apakah yang disebut sebagai proses oklusi pada depresi daerah sedang dan apakah nama front yang terjadi karena proses tersebut.

Jawab
Proses oklusi adalah proses pencampuran / berhimpitan sebagian front dingin dengan front panas akibat dari pergeseran front dingin yang lebih cepat daripada front panas. Nama front yang terjadi karena proses oklusi dinamakan front oklusi.

b. Tuliskan dan jelaskan masing-masing front oklusi yang dapat terjadi dengan adanya proses oklusi pada depresi daerah sedang.
Sebut dan jelaskan masing-masing pembagian / klasifikasi front yang terjadi karena adanya proses oklusi serta gambarkan masing-masing penampang vertikalnya. Klasifikasi front oklusi :

Jawab
1. Front oklusi panas
Terjadi apabila udara dingin post-frontal lebih panas daripada udara dingin pre-frontal sebelum terjadinya proses oklusi, sehingga masa udara dingin yang lebih panas naik ke permukaan mas audar adingi dengan lebih dingin di bawahnya.
2. Front oklusi dingin
Terjadinya apabila udara dingin post-frontal lebih dingin daripada udara dingin pre-frontal sebelum terjadinya proses oklusi, sehingga masa udara yang lebih dingin mendesak masa udara yang lebih panas naik ke atasnya.
3. Front oklusi atas
Terjadi apabila udara dingin post-frontal sama dengan udara dingin pre-frontal sebelum terjadinya proses oklusi, sehingga tidak terjadi front baru.

4. a. Apakah yang dimaksud dengan daerah col atau daerah pelana dan jelaskan pula yang disebut dengan pusat-pusat daerah pelana ?

Jawab
Daerah col atau pelana adalah suatu daerah di antara dua system tekanan tinggi dan dua system tekanan rendah yang saling berhadapan. Pusatnya terletak pada titik potong antara garis trough dan ridge.

b. Bagaimana keadaan gradien tekanan udara pada daerah pelana pada umumnya serta khususnya pada pusat daerah pelana dan keadaan gradien tekanan udara tersebut akan, menghasilkan keadaan angin yang bagaimana 

Jawab
Pada daerah col gradien, tekanan udaranya dengan perlahan mengalami perubahan arah pada saat melintas suatu pusat daerah col. Pada pusat daerah col, gradien tekanan udaranya sangat lemah sehingga arus angin lemah dan arah variable.

5. a. Tuliskan sumber-sumber pembentukan gunung-gunung es masing-masing dari belahan bumi utara dan dari belahan bumi selatan!
b. Jelaskan perbedaan ciri-cirinya maupun perbedaan pembentukannya antara gunung-gunung es dari belahan bumi utara dan gunung-gunung es dari belahan bumi selatan!


ANT-II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1. a. Mengapa gerakan sample udara vertikal ke atas dan vertikal ke bawah dalam atmosfer, dapat dianggap sebagai proses yang berlangsung secara adiabatis ?
Jawab
Gerakan ke atas dan ke bawah dianggap proses yang berlangsung secara adiabatis, karena :
1. Udara adalah konduktor yang kurang baik
2. Percampuran antara sampel udara yang baik / turun dengan udara sekitarnya itu berlangsung sangat lambat
3. Gerakan udara naik turun tersebut berlangsung singkat.

b. Mengapa gerakan sample udara vertikal ke atas dalam atmosfer akan mengalami pendinginan adiabatis dan vertikal ke bawah akan mengalami pemanasan adiabatis ?

Jawab
Sample udara dalam atmosfer yang bergerak ke atas ke bawah akan mengalami :
- Proses pendinginan adiabatis
Jika sample udara dinaikkan, tekanan akan mengecil sehingga volume membesar / mengembang. Pengembangan volume memerlukan panas. Jika proses itu dianggap terjadi secara adiabatis maka panas itu diambil dari sample udara tersebut sehingga terjadi penurunan temperatur yang disebut pendingin adiabatis.
- Proses pemanasan adiabatis
Jika sample udara diturunkan, tekanan akan membesar sehingga volume mengecil. Pengecilan volume akan melepaskan panas. Jika proses dianggap secara adiabatis maka panas itu akan memanaskan sample udara tersebut sehingga terjadi kenaikan temperatur yang disebut pemanasan adiabatis.

2. a. Jelaskan bagaimana terbentuknya awan pada daerah tropik umumnya dengan adanya gerakan udara naik vertikal ke atas dalam atmosfer !
b. Sebutkan dan jelaskan masing-masing macam-macam gerakan kenaikan udara dalam atmosfer yang dapat mengakibatkan terbentuknya awan !

Jawab
Proses-proses gerakan vertikal udara dalam atmosfer yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan :
1. Gerakan turbulensi mekanis (turbulensi lambat)
2. Gerakan konveksi (turbulensi thermis)
3. Gerakan kenaikan udara karena orografi
4. Gerakan kenaikan udara lambat yang luas, termasuk kenaikan pada front.

3. a. Apakah yang disebut depresi daerah sedang atau depresi polar dan jelaskan dimana dan pada musim apakah pada umumnya depresi daerah sedang tersebut terbentuk ?

Jawab
Derpesi daerah sedang sebagai depresi polar adalah suatu daerah dengan tekanan udara yang rendah yang terjadi di daerah sedang.

b. Apakah yang disebut sebagai proses oklusi pada depresi daerah sedang serta jelaskan masing-masing klasifikasi front yang dapat terjadi dengan adanya peristiwa oklusi tersebut !

Jawab
Proses oklusi adalah proses pencampuran / berhimpitan sebagai front dingni dengan front panas akibat dari pergeseran front dingin yang lebih besar cepat daripada front panas. Nama front yang terjadi karena proses oklusi dinamakan front oklusi.

4. a. Faktor-faktor apakah yang dapat mempengaruhi besar / kecilnya sebuah gelombang luat yang disebabkan oleh tiupan angin ?
b. Bagaimana sebenarnya lintasan gerakan partikel-partikel air laut, jika di permukaan air laut terbentuk dan mengalir gelombang air laut serta jelaskan pula mengapa lintasan gerakan partikel-partikel air laut tersebut makin mengecil dengan bertambahnya ke dalam air laut ?

5. a. Bagaimana terbentuknya gunung-gunung es yang terapung-apung di laut / lautan masing-masing untuk belahan bumi utara dan belahan bumi selatan ?
b. Jelaskan masing-masing ciri-ciri gunung-gunung es dari belahan bumi utara dan dari belahan bumi selatan !

ANT-II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1. Sudut Bidang front selalu miring. Besarnya sudut kemiringan tergantung dari 3 (tiga) faktor. Sebutkan faktor-faktor tersebut !

Jawab
3 faktor yang menyebabkan sudut bidang front selalu miring :
1. Perbedaan temperatur massa udara yang lebih panas dengan massa udara yang lebih dingin yang terletak sebelah menyebelah bidang front
2. Perbedaan kecepatan komponen angin yang sejajar dengan garis front yang terdapat sebelah menyebelah bidang front
3. Lintang Geografis dimana front yang bersangkutan berada.

2. Apakah syarat-syarat permukaan bumi yang dapat berfungsi sebagai sumber udara ?

Jawab
1. Harus luas sekali sehingga massa udara yang luasnya berjuta-juta kilometer persegi dapat berada dan tinggal untuk beberapa lama di atas permukaan tersebut.
2. Harus mempunyai permukaan yang sama, misal permukaan lautan, padang pasir.
3. Harus mempunyai keadaan yang memungkinkan massa udara tertahan atau tinggal beberapa lama di atas permukaan daerah tersebut.

3. Jelaskan pengertian udara mengenai :
a. Isopleth
b. Isotherm
c. Isoneph
d. Isalobar.

4. Mengapa di daerah padang pasir tidak pernah terbentuk atau timbul cycloon ?



Jawab
Karena di atas padang pasir / daratan, gaya gesekan dari permukaan bumi lebih besar daripada di atas permukaan air laut, sehingga sistem-sistem tekanan rendah dapat dinetralisir dengan segera juga karena penyimpangan arus angin di atas daratan juga kecil. 

5. Apakah pengertian anda mengenai Fohn. Sebutkan 4 (empat) jenis Fohn yang ada di Eropa dan 4 (Empat) jenis Fohn yang ada di Indonesia !



ANT-II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1. a. Sebutkan proses-proses gerakan vertikal udara dalam atmosfer yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan !

Jawab
Proses-proses gerakan vertikal di atmosfer yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan :
1. Gerakan turbulensi mekanis (turbulensi lambat)
2. Gerakan konveksi (turbulensi thermis)
3. Gerakan kenaikan udara karena orografi
4. Gerakan kenaikan udara lambat yang luas, termasuk kenaikan pada front.

b. Apakah yang disebut lapisan inversi tersebut terhadap pertumbuhan awan dalam atmosfer ?

Jawab
Lapisan Triversi dalam atmosfir.

2. a. Sebutkan beberapa hal yang mempengaruhi penurunan temperatur antara daerah equator dengan kutub sangat tidak teratur sehingga garis Isotherm tidak mengarah ke barat ke timur !

Jawab
Penurunan isotherm di pantai barat Amerika Selatan tidak teratur sehingga tidak mengarah ke barat dan ke timur karena pengaruh up welling, dimana arus panas Peru mengalir ke utara bercampur dengan air dingin yang muncul dari bawah permukaan laut karena adanya up willing di sepanjang pantai Peru.

b. Jelaskan secara umum bagaimana pengaruh temperatur air laut di seluruh dunia terhadap temperatur udara di atasnya !


Jawab
Kecuali di daerah-daerah :
- Bagian barat Atlantik Utara dan Bagian Barat Pasifik Utara pada musim panas.
- Daerah laut merah dan semenajung persia pada musim panas dimana temperatur udara cenderung tidak normal dan lebih tinggi.
- Di daerah up welling seperti Pantai Maroko, Pantai Barat Daya Afrika dan Pantai Barat Amerika Selatan.

3. Jelaskan terjadinya frekwensi kabut tinggi !

Jawab
a. Pantai California
Frekuensi kabut tinggi di pantai-pantai Kalifornia dan pantai barat Amerika Selatan termasuk pantai-pantai Kalifornia, Maroco, Chili dan pantai barat Afrika terjadi karena udara di atas laut didinginkan oleh air laut di bawahnya yang muncul dari bawah permukaan sehubungan dengan terjadinya up welling. Up welling ini terjadi karena pemindahan air permukaan laut dekat pantai ke tengah oleh angin pusat yang bertiup hampir sejajar pantai sehingga dekat pantai muncul air laut dari bawah permukaan. Frekuensi kabut sangat buruk terjadi pada musim panas dan permukaan musim gugur.

b. Pantai Barat Amerika Selatan
Frekuensi kabut tinggi di pantai-pantai Kalifornia dan pantai barat Amerika Selatan termasuk pantai-pantai Kalifornia, Maroco, Chili dan pantai barat Afrika terjadi karena udara di atas laut didinginkan oleh air laut di bawahnya yang muncul dari bawah permukaan sehubungan dengan terjadinya up welling. Up welling ini terjadi karena pemindahan air permukaan laut dekat pantai ke tengah oleh angin pusat yang bertiup hampir sejajar pantai sehingga dekat pantai muncul air laut dari bawah permukaan. Frekuensi kabut sangat buruk terjadi pada musim panas dan permukaan musim gugur.

c. Di daerah polar pada musim panas
Frekuensi kabut dengan tinggi di daerah polar dan pada musim panas. Pada musim panas sebagian besar daerah Artik diliputi oleh daerah yang tekanannya relatif rendah, sehingga angin bertiup dari arah selatan yang panas dan membawa sejumlah uap air datang ke daerah tersebut, yang akan didinginkan oleh permukaan laut yang dingin dan terjadilah kondensasi dan kabut. Kabut sebab terjadi terutama dimana ice pada musim panas mempengaruhi kabut yang tinggi.

4. a. Sebutkan macam-macam peta synoptik yang anda ketahui serta jelaskan bagaimana cara melakukan analisa masing-masing peta tersebut !

Jawab
Macam-macam peta synoptik adalah :
1. Peta synoptik pada ketinggi / altitude yang tetap (peta synoptik level altitude). Cara analisa :
a. Analisa isobar/isobarik
b. Analisa stream – line dan isotach
2. Peta synoptik pada level tekanan udara tetap 
Cara analisa dilakukan dengan analisa contour.
3. Peta synoptik permukaan laut.

b. Jelaskan mengapa khusus untuk lintang 20o Utara dan Selatan akan lebih baik dengan analisa stream line dari dengan analisa 40 barik !
Apakah yang disebut masing-masing sebagai :
1) garis stream line
2) garis countour
3) garis isotach

5. a. Apakah yang dimaksud dengan gelombang isobarik dan terdiri dari rangkaian apakah gelombang isobarik tersebut ?

Jawab
Gelombang isobarik adalah bentuk isobar-isobar yang berbentuik gelombang terdiri dari rangkaian trough 2 ridge-ridge.
Gelombang isobarik tersebut sering disebut sebagai gelombang barat (Westerly Walfe) atau gelombang Timur (Costerly Walfe).

b. Apakah yang dimaksud dengan daerah Col atau daerah pelana dan jelaskan dimana letak pusat daerah Col.

Jawab
Daerah col atau pelana adalah suatu daerah dua system tekanan tinggi dan dua system tekanan rendah yang saling berhadapan. Pusatnya terletak pada titik potong antara garis trough dan ridge.



ANT-II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1. a. Apakah yang dimaksud masing-masing dengan proses pendinginan adiabatic dan proses pemanasan adiabatic dalam atmosfer ?

Jawab
Yang dimaksud adiabatic atmosfer adalah suatu proses dimana tekanan udara, volume, dan temperatur udara dapat berubah-ubah tanpa adanya penambahan/pengurangan panas ke dalam atau keluar dari udara tersebut.

b. Jelaskan mengapa lapse rate temperatur adiabatis jenuh selalu lebih kecil daripada lapse rate temperatur diabetes kering serta sebutkan beberapa harga masing-masing !

Jawab
Karena udara yang naik atau turun tersebut merupakan udara jenuh, maka pada waktu udara naik selain terjadi proses pendinginan secara aidabatic terjadi proses pengembunan atau kondensasi dimana terlepas panas atau panas laten yang merupakan aksi lawab dari pendinginan angka rate adiabatic jenuh rata-rata 5 deg untuk setiap kilometer atau 0,5 c untuk setiap 100 m.

2. a. Sebutkan beberapa hal yang mempengaruhi penurunan temperatur antara ekuator dan kutub sangat tidak teratur, sehingga garis-garis isotherm tidak mengarah barat ke timur !

Jawab
- Distribusi daratan yang ada
- Angin yang bertiup dari daratan, terutama untuk temperatur udara di atasnya
- Arus panas dan arus dingin permukaan laut, yang umumnya terdapat di semua lautan
- Air dingin yang muncul dari bawah ke permukaan karena up welling.

b. Jelaskan mengapa penurunan isotherm di pantai barat Amerika Selatan tidak teratur, sehingga tidak mengarah barat ke timur !

Jawab
Karena arus panas gulf stream selepas mengalir dari pantai Amerika Utara menyeberangi lautan atlantik sebagai arus North Atlantik Drift sementara arus dingin lambador mengalir ke selatan di antara arus gulf stream.

3. a. Apakah yang dimaksud masing-masing dengan sektor dangerous semi circle dan sektor Navigable semi circle sebuah siklon tropik ?

Jawab
Dangerous semi circle adalah setengah lingkaran siklon tropis, dimana kapal-kapal yang sudah berada di dalam sektor tersebut sulit untuk dapat melarikan diri dari pusat siklon.
Navigable semi circle adalah bagian setengah lingkaran siklon tropis dimana kapal yang sudah berada di dalam sektor tersebut masih memungkinkan dapat melarikan diri.

b. Keenam daerah tersebut adalah :
1. Lautan atlantik utara bagian barat, termasuk perairan India Barat
2. Lautan pasifik utara bagian tenggara, sebelah barat meksiko
3. Lautan pasifik utara bagian barat, termasuk daerah-daerah laut yang terbentang dari laut Cina Selatan, Philipina sampai Jepang
4. Laut Arab, teluk benggala dan pantai-pantai India 
5. Lautan Hindia Selatan, sebelah timur madagaskar
6. Lautan pasifik selatan bagian barat dan perairan sekitar Australia.
4. a. Apakah yang disebut sebagai proses oklusi pada depresi daerah sedang dan apakah nama front yang terjadi karena proses oklusi tersebut ?

Jawab
Proses oklusi : proses front dingin yang bergeser lebih cepat daripada front panas, sehingga sebagian dari front dingin kemudian berhimpit dengan front panas dan terjadi front campuran.
Front yang terjadi karena proses oklusi disebut Front Oklusi.

b. Sebutkan dan jelaskan masing-masing pembagian / klasifikasi front yang terjadi dan apakah nama oklusi pada daerah sedang tersebut.

Jawab
- Front Oklusi Panas :
Terjadi apabila masa udara dingin di belakang front dingin lebih panas daripada masa udara dingin di muka front panas sebelum terjadinya proses oklusi.
- Front Oklusi Dingin
Terjadi apabila masa udara dingin di belakang front dingin lebih dingin daripada masa udara dingin di muka front panas sebelum terjadi proses oklusi.
- Front Oklus Atas
Terjadi apabila udara dingin di belakang front dingin sama dengannya daripada udara dingin di muka front panas setelah terjadi proses oklusi

5. a. Sebutkan macam-macam peta sypnotik yang anda ketahui serta jelaskan bagaimana cara melakukan analisa masing-masing !
- Peta synoptik dengan ketinggian
Dengan analisa isobar ialah analisa dengan tekanan udara yang sama dengan suatu garis yang disebut garis isobar
Dengan analisa stream line ialah suatu analisa dengan menarik garis stream line berdasarkan data arah angin dari berita sypnitik yang di plot pada station masing-masing.
- Peta sypnoctik pada tekanan tetap
Dengan analisa cantour ialah dengan menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian yang sama dengan garis yang disebut sebagai garis Cantour.

b. Apakah yang disebut sebagai pola tekanan tinggi atau pola anti sinkklonal sebagai hasil analisa isobaric pada synoptik permukaan laut serta jelaskan bagaimana arah dan kecepatan aliran arus angin dan keadaan cuaca pada umumnya di daerah sekitar pusat pada tekanan tinggi tersebut ?

Jawab
Pola tekanan tinggi atau pola anti siklonal adalah : suatu daerah dimana dengan tekanan udara yang relatif tinggi dengan maksimum di pusatnya yang dikelilingi oleh satu atau lebih isobar-isobar yang tertutup.
Kecepatan angin umumnya lemah dengan sirkulasi searah jarum jam di belahan bumi utara dan berlawanan arah jarum jam di belahan bumi selatan.
Keadaan cuaca baik atau dengan awan sedikit.

0 comments:

Poskan Komentar