geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Jumat, 30 Maret 2012

Ilmu Kebumian atau Geosains





Ilmu kebumian adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai bumi yang meliputi meteorologi, klimatologi, oseanografi, hidrologi, paleontologi, dan geologi. (Williams, 2004)

Melalui meteorologi dan klimatologi, mekanisme yang terjadi di atmosfer dapat terungkap. Dengan ilmu tersebut, dapat dipelajari mengenai pembentukan hujan, perubahan cuaca, pergantian musim, dan iklim secara global. Dinamika atmosfer dipengaruhi oleh adanya sistem perairan di lautan dan daratan. Hal itu dipelajari kemudian dengan ilmu hidrologi dan oseanografi.

Meyakini hal tersebut, semua ilmu itu ditopang oleh geologi dan paleontologi yang menjelaskan proses-proses terjadinya suatu roman muka bumi yang akan mempengaruhi seluruh sistem yang ada di atasnya.
Geologi adalah ilmu mengenai bumi meliputi asal mula, perkembangan, komposisi, struktur, dan sejarah pembentukan bumi (Williams, 2004:4).

Pondasi ilmu kebumian terletak pada geologi fisik (physical geology) karena pada dasarnya geologi fisik mengatur semua yang terjadi di muka bumi. Hal itu selaras dengan pernyataan James Hutton (2000:273) bahwa prinsip fundamental dalam ilmu geologi adalah uniformitarianism yang menyebutkan bahwa ‘the present is the key to the past’. Semua hasil kenampakan geologis di alam saat ini merupakan kunci dari proses-proses yang terjadi pada masa lampau.

Berbicara tentang ilmu geologi tidak boleh terlepas dari konsep skala waktu geologi. Perhitungan waktu geologi meliputi puluhan hingga jutaan tahun. Tidak mengherankan apabila perubahan-perubahan geologis di alam tidak begitu tampak. Dengan demikian proses-proses dalam pembentukan roman muka bumi juga memakan waktu puluhan hingga jutaan tahun

2 comments:

terimakasih banyak ^^ sangat bermanfaat ^^
 
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

 

Poskan Komentar