geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Sabtu, 05 November 2011

Asumsi Pergerakan Daratan Muka Bumi (Dulu-Sekarang-Mendatang)

Awalnya dulu bumi hanyalah satu benua besar dan luas yaitu Pangea. Butuh waktu yang sangat lama untuk pergerakan lempeng-lempeng hingga membentuk benua-benua seperti sekarang. Bedasarkanteory-teory pakar geologi, bumi akan selalu mengalami pergeseran pada lempeng dan mengakibatkan perubahan permukaan bumi. Tentunya butuh waktu bertahun-tahun.

Jika benar apa yang telah diperhitungkan oleh pakar-pakar geologi, 250 juta tahun kedepan benua-benua akan kembali menjadi satu. Menjadi benua besar seperti kembali 255juta tahun yang lalu yaitu benua Pangea. 

Dari mana pakar geologi tahu bentuk bumi masa depan?
Tentunya untuk membuat model bumi masa depan jelas harus diketahui kecepatan dari pergerakan kerak-kerak bumi ini terlebih dahulu, kemudian masing-masing kerak lempengan saling bertabrakkan

Gambar di atas menunjukkan peta kecepatan masing-masing lempengan tektonik yang ada di bumi. Panjang anak panah menunjukkan tingkat kecepatannya. Semakin panjang semakin cepat jalannya. Lempengan IndoAustalia bergerak dengan kecepatan 7-8 cm pertahun ke arah Timur laut. sedangkan Eurasia bergerak ke timur. Terlihat bahwa ada tubrukan karena arah pergerakannya berbeda. Tubrukan lempeng inilah yang menyebabkan gempa. Dengan bermodalkan rupa bumi saat ini beserta kecepatan gerakan benua-benua masa kini tentunya dapat dibuat model benua bumi dimasa mendatang.


Pangaea atau Pangea (Pan berarti keseluruhan, seluruh dan Gaia berarti Bumi dalam Bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum  dan Mesozoikum sekitar 250 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi.

Berikut adalah gambaran-gambaran bumi dari pertama kali permukaan tebentuk, hingga masa depannya. (sesuai urutan)

Precambrian

Cambrian
 
 Ordovician
 
Silurian
 
Devonian
 
Early Carboniferous
 
Late Carboniferous
 
Permian 
 
Triassic
 
Jurassic
 
Late Jurassic
 
Cretaceous
 
K/T extinction
 
 Eocene
 
 Miocene
 
Last Ice Age 
 
Last Ice Age
 
 Future World
 
 Future +150
 
 Future +250

Pangea Ultima” akan terbentuk setelah 250 juta tahun lagi. Benua Pangea masa depan, “Pangea Ultima” terbentuk akibat penunjaman kerak-kerak samudera yang habis menunjam kedalam mantle bumi. Akhirnya mempertemukan seluruh benua-benua yang ada di Bumi. Dengan “pertemuan” benua-benua ini kemungkinan akan menyebabkan adanya tubuh air yang “terjebak” diantara benua-benua ini.
  
Share Artikel from : http://elang-antarnusa.blogspot.com

0 comments:

Poskan Komentar