geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Rabu, 18 November 2015

Kekayaan Alam Bahan Tambang di Indonesia


1.      Alumunium
Alumunium adalah logam putih perak, ringan, dan mulur. Alumunium digunakan untuk peralatan dapur, peralatan rumah tangga, mebel, dan lain-lain. Tambang alumunium terdapat di Papua.
Tambang alumunium INALUM di Asahan Sumatra Utara
2.      Asbes
Tambang asbes terdapat di Kuningan – Jawa Barat, Papua, Pulau Halmahera – Maluku, Pulau Seram – Maluku.
Asbes, bahan yang sering digunakan untuk pembangunan khususnya rumah-rumah di Indonesia
3.      Aspal
Tambang aspal terdapat di Pulau Buton – Sulawesi Tenggara. Aspal juga dihasilkan oleh Permigan Wonokromo, Jawa Timur sebagai hasil pengolahan minyak bumi.
Tambang aspal di Pulau Buton – Indonesia
4.      Batubara
Daerah – daerah penghasil batubara adalah Bukitasam, pusatnya di Tanjungenim – Sumatra Selatan, Kotabaru (Pulau Laut) Kalimantan Selatan, sungai Berau, pusatnya di Samarinda – Kalimantan Timur, Dan Umbilin, pusatnya di Sawahlunto – Sumatra Barat. Selain itu, tambang batubara terdapat pula di Bengkulu, Jawa Barat, Papua, dan Sulawesi Selatan. Tambang batubara diusahakan oleh PN Batubara.
Tambang batubara di Kalimantan
5.      Bauksit
Bauksit adalah bahan baku alumunium. Tambang bauksit terdapat di Pulau Bintan (Riau) dan Singkawang (Kalimantan Barat). Selain itu, terdapat pula di Kalimantan Tengah.
Pertambangan bauksit di Indonesia
6.      Belerang
Belerang digunakan sebagai bahan obat patek dan korek api. Tambang belerang terdapat di Gunung Welirang (Jawa Timur). Selain itu terdapat juga di Jambi, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara.
Beberapa penambang mengambil belerang dengan cara melinggis bongkahan belerang di kaldera Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
7.      Bijih Besi
Tambang bijih besi terdapat di Cilacap (pasir besi) Jawa Tengah, Cilegon – Banten, Gunung Tegak – Lampung, Lengkabana – Sulawei Tengah, Longkana – Sulawesi Tengah, Peg. Verbeek – Sulawesi Tengah, Pulau Dermawan – Kalimantan Selatan, Pulau Sebuku – Kalimantan Selatan, dan Pulau Suwang – Kalimantan Selatan. Selain itu, terdapat pula di Bengkulu, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Bijih besi diolah oleh PT Krakatau Steel, Cilegon – Jawa Barat. Pasir besi diolah PN Aneka Tambang, Cilacap – Jawa Tengah.
Tambang bijih besi di Kalimantan
8.      Emas dan Perak
Tambang emas terdapat di Bengkalis – Sumatra, Bolaang Mongondow – Sulawesi Utara, Cikotok – Jawa Barat, Logas – Riau, Meuleaboh – DI Aceh, Rejang Lebong – Bengkulu. Selain itu terdapat juga di Lampung, Jambi, Kalimantan Barat, Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Pabrik pengolahan emas terdapat di Cikotok – Jawa Barat.
Para penambang emas di Cikotok – Jawa Barat
9.      Fosfat
Fosfat merupakan persenyawaan kotoran kelelawar dengan batu kapur. Fosfat digunakan dalam industri pupuk. Fosfat banyak terdapat di Bogor, Pangandaran (Jawa Barat), Gombong, Purwokerto, Jepara, Rembang (Jawa Tengah), dan Bojonegoro.
Penambangan fosfat di Christmas Island, perbatasan Indonesia dan Australia
10.  Garam
Garam dibuat dengan menampung air laut, kemudian diluapkan dengan sinar matahari sehingga tertinggal kristal – kristal garamnya. Garam banyak diusahakan di Pulau Madura – Jawa Timur.
Penambang garam sedang menggarap garam
11.  Garam Batu
Garam batu digunakan untuk bahan pembuat obat-obatan. Garam batu banyak terdapat di Kepulauan Kei.
Panen garam di Kepulauan Kei
12.  Gas Alam
Gas alam terdapat di Arun (DI Aceh) dan Bontang (Kalimantan). Gas alam juga terdapat di daerah Jawa Barat, Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Tambang gas alam di Bontang – Kalimantan
13.  Gips
Gips banyak digunakan dalam industri keramik. Gips ditambang di daerah Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.
Gips biasa digunakan untuk pasien kecelakaan
14.  Grafit
Tambang grafit terdapat di Payakumbuh dan Singkarak (Sumatra Barat). Grafit digunakan sebagai bahan pembuat pensil.
Batu grafit sebagai bahan pembuat pensil
15.  Granit
Tambang granit terdapat di DI Yogyakarta, Lampung, dan Riau.
Batu granit
16.  Intan
Intan banyak terdapat di Kalimantan Selatan, tempat pengasahannya di Martapura. Selain itu terdapat pula di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
Para penambang sedang mencari intan di Martapura – Kalimantan Selatan
17.  Kapur
Tambang kapur banyak terdapat di Jawa Tengah, Lampung, NTT, Sulawesi Tenggara, dan Sumatra Barat.
Tambang batu kapur di Jawa Timur
18.  Mangaan
Tambang mangaan terdapat di Kliripan (DI Yogyakarta) dan Tasikmalaya (Jawa Barat). Tambang mangaan juga terdapat di Lampung, Maluku, NTB, dan Sulawesi Utara.
Batu mangan
19.  Marmer
Tambang marmer terdapat di Besok, daerah Wajak, Tulungagung (Jawa Timur). Tambang marmer juga terdapat di DI Yogyakarta, Lampung, Papua, dan Sumatra Barat.
Batu marmer biasa digunakan untuk bahan bangunan
20.  Mika
Tambang mika terdapat di Pulau Peleng (Sulawesi Selatan) dan Donggala (Sulawesi Tengah).
Batu mika
21.  Nikel
Nikel banyak terdapat di Kalimantan Barat, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.
Ragam olahan batu nikel
22.  Pasir Kuarsa
Pasir kuarsa banyak terdapat di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Sulawesi Tenggara.
Pasir kuarsa
23.  Perunggu
Perunggu banyak terdapat di Sulawesi Utara.
Perunggu sebagai bahan pembuat medali
24.  Semen
Bahan – bahan semen banyak terdapat di Gresik – Jawa Timur, Indarung – Sumatra Barat, Laah Kulu – Kalimantan Timur, Sukabumi – Jawa Barat, dan Tonasa – Sulawesi Selatan.
Semen Gresik merupakan salah satu merk semen terkemuka di Indonesia
25.  Tembaga
Tambang tembaga banyak terdapat di Cikotok – Jawa Barat, Kompara – Papua, Sangkarapi – Sulawesi Selatan, Tirtamaya –  Jawa Tengah. Selain itu, terdapat juga di daerah Jambi dan Sulawesi Tengah.
PT Freeport Indonesia, perusahaan pertambangan terbesar terletak di Tembagapura, Papua
26.  Timah
Tambang timah terdapat di Bangkinang – Riau, Dabo – Pulau Singkep, Manggar – Pulau Belitung, Sungai Liat – Pulau Bangka. Pabrik pelabuhan biji timah terdapat di Muntok (Pulau Belitung).
Tumpukan timah yang sudah diolah – Bangka
27.  Tras
Tras adalah sejenis batu truf. Banyak ditampung di Gunung Muria (Jawa Tengah) dan daerah Priangan (Jawa Barat). Selain itu, terdapat pula di Sumatra Barat.
Tras sebagai bahan campuran untuk membuat batako
28.  Yodium
Tambang yodium terdapat di Semarang – Jawa Tengah dan Jombang – Jawa Timur. Yodium digunakan untuk bahan obat dan peramu garam dapur.
Yodium, zat yang terkandung dalam garam sangat berguna untuk mencegah penyakit gondongan

1 comments:

Banyak juga ya. Kekayaan alam di Indonesia. Semoga bisa digunakan dengan lebih baik lagi demi kesejahteraan kita semua
 

Posting Komentar