geografi lingkungan

Khoirunnas anfa'uhum linnas

Rabu, 07 Desember 2011

Cara Mengimpor Postingan WordPress ke Blogger

Blogging adalah kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari menuangkan pikiran, coba-coba trik khusus, hingga untuk mencari uang. Dalam dunia blogging, dikenal dua platform besar yang masing-masing menawarkan keunggulannya. Mereka adalah wordpress dan blogger.
WordPress sangat cocok untuk pemula yang belum mahir bhasa pemrograman alias programming seperti saya. Sedangkan blogger sangat cocok untuk mereka yang sudah ahli dalam programming.

Banyak fitur-fitur canggih yang sudah disiapkan wordpress sehingga user tinggal pakai saja. Sedang blogger, fitur terbatas namun jika paham programming maka tampilan bahkan bisa mengalahkan wordpress. Ini pengalaman pribadi lho.
Pemula yang sudah ketagihan blogging biasanya akan bosan dengan wordpress. Lho kok? Iya, wordpress gratisan tidak mengakomodasi bahasa selain html, jadinya akan kesulitan menambahkan widget yang hanya tersedia java atau css. Dan fitur ini yang ada di blogger. Sangat-sangat leluasa utk dioprek sampe bosen.
Ketika sudah mantep berpindah k blogger, rasanya ada pertanyaan baru, bagaimana cara mengimpor postingan wordpress ke blogger, right? Keduanya memang sudah menyediakan fitur export dan import. Keduanya juga menghasilkan file dengan extensi yang sama, yaitu .xml. Tapi setelah dicoba berkali-kali ternyata tidak kompatibel antara keduanya alias perlu trik lain.
Kemudian blogger menangkap permintaan pasar ini dan akhirnya muncullah aplikasi wordpress2blogger converter, begitu sebaliknya yang sudah lebih dulu. Caranya bagaimana? Simak tips berikut:
  1. Masuk ke dashboard wordpress
  2. Masuk ke tools>export
  3. Klik export dan simpan file di hardisk lokal. Biasanya berupa wordpres…… .xml.
  4. Masuk ke aplikasi wordpress2blogger di alamat ini http://wordpress2blogger.appspot.com
  5. Masukkan file hasil export dari wordpress.
  6. Klik convert
  7. Simpan file hasil konversi di hardisk lokal. Hasilnya berupa blogspot…… .xml.
  8. Masuk ke dashboard blogger
  9. Masuk ke setting>archiving>import
  10. Masukkan file hasil konversi
Klik save. Dan semua postingan wordpress sudah berpindah tangan ke blogger. Namanya juga wordpress2blogger.
Selesai.
Note: ini sebenrnya ilmu lama tapi tergolong baru buat blogger ingusan sperti saya ^_^. Sampai jumpa.

0 comments:

Posting Komentar